15+ Jenis Jambu Terlaris dan Enak

15+ Jenis Jambu Terlaris dan Enak


Jenis Jambu –Jambu adalah salah satu jenis buah yang termasuk dalam buah yang unggul, tak jarang juga penggemar dari buah yang memiliki nama latin Myrtaceae ini.

Banyak sekali kandungan vitamin yang terdapat dari buah jambu ini, seperti vitamin a, vitamin c, vitamin k dan vitamin e.

Jambu sendiri dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, jambu biji dan jambu air, kira-kira yang membedakan mereka apa ya?

Jambu Air 

Tanaman yang memiliki nama latin Syzygium aqueum ini bisa tumbuh dari 3-5 meter. Di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis buah, salah satunya adalah buah jambu air. Lalu jenis dari jambu arie apa aja sih?

Jambu Air Citra

Jambu Air Citra
mediamaya.net

Jambu jenis ini adalah salah satu jenis yang unggul dan disukai banyak masyarakat, kenapa? karena benbentuk besar dan juga bercita rasa manis.

Biasanya tanaman ini dalam 1 tahun dapat berbuah sebanyak 3 kali. Tanaman ini tahan dalam cuaca lho, tanaman ini bisa di tanam di mana saja dan juga di musim apa saja.

Ketika musim kemarau buah jambu ait citra akan lebih manis dari pada saat musim hujan.

Baca juga : Seberapa Tau Kamu Tentang Pisang?

Jambu Air Delima

Jambu Air Delima
Antarafoto.com

Jambu jenis ini marupakan buang unggulan dari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Buah ini memiliki keunggulan yaitu daging yang renyah dan memilki rasa yang manis seperti kerabatnya, jambu citra, dan juga banyak air.

Sayangnya buah jambu air jenis ini masih belum merata di Indonesia. 

Jambu Air Madu Kesuma Merah

Jambu Air Madu Kesuma Merah
steemit.com

Jambu air madu adalah salah satu jambu unggulan yang berwarna merah. Buah jambu ini memiliki daging yang padat dan juga tebal. 

Buah jambu yang satu ini memiliki tingkat kerapuhan yang tinggi, dan terkadang kerpuhan ini lah yang menjadikan kita kesulitan untuk memecah buah jambu ini.

Tanaman jambu jenis ini pohonnya lebih besar daripada jammbu madu deli,dan poho jambu madu kusuma merah ini butuh waktu yang lebih lama dibanding yang lain untuk berbuah, tanaman ini berbuah pada usia 13-15 bulan.

Jambu Air Super Green

Jambu Air Super Green
Jualbibitbenihtanamandanbuah.com

Jenis jambu ini memiliki keunggulan yang lebih diantara jambu yang lain. Jambu ini termasuk memiliki ukuran buah yang sangat besar. Ukuran jambu ini setara dengan satu botol aqua gelas.

Sedangkan beratnya bisa mencapai 1 kilogram untuk 4 buah,udah kebayang gedenya kan?.

Walaupun buah ini berukuran besar, namun rasanya jangan ditanya, jambu jenis ini memiliki rasa yang sangat manis.

Jambu air super green ini akan berbuah pada usia 1-2 tahun sejak penanaman. Buahnya yang berukuran besar menjadikan buah ini tumbuh tidak selebat jambu jenis lain.

Baca juga : 9+ Jenis Jeruk Paling Favorit

Jambu Air Bol Jamaika

Jambu Air Bol Jamaika
higaragro.com

Jenis Jambu air bol kamaika ini memiliki daging yang teba, memiliki rasa yang manis dan juga mengandung banyak air.

Ukuran dari buah jambu ini sebesar genggaman tangan orang dewasa. Ternyata jambu air bol amika punya kembaran lho, yaitu jambu bol afrika, jambu bol harman. Banyak yaa.

Jambu Air King Rose

Jambu Air King Rose
jualbibittanamanbuahunggul.com

Yang ini unik nih, jambu air king rose kira-kira ketika dengar nama buah itu apa yang kamu pikir? “Jambu yang berbentuk mawar” yakan?.

Tapi bener lho, jambu air king rose ini bentuknya menyerupai mawar, warnanya yang merah legam menambahkan sensasi kemiripannya.

Buah jambu jenis ini memiliki rasa yang segar dan juga memiliki kadar air yang banyak, dan uniknya lagi jambu ini tidak memiliki biji.

Jambu Air Madu Deli Hijau

Jambu Air Madu Deli Hijau
steemit.com

Jambu air yang satu ini memiliki warna hijau, unik nya buah jambu jenis ini tdak memiliki biji.

Memang jambu jenis ini lebih kecil dibandingkan dengan jenis jambu yang lain, tapi jangan salah, sekali berbuah jambu ini kroyokan :v. Dan yang menguntungkan lagi, buah jambu jenis ini cepat berbuah lho.

Jangka waktu 8-9 bulan dari mulai pencakokan kamu sudah bisa menikmati buahnya. Biasanya tinggi dari tanaman ini mencapai 60-70 sentimeter.

Jambu Biji

Tanaman ini memiliki nama latin Psidium guajava, selain nama latin, buah ini juga punya nama jenis yang banyak lho, seperti 

Jambu Biji Kristal

Jambu Biji Kristal
8villages.com

Pasti kamu udah gak asing lagi dengan nama buah ini, jenis jambu yang satu ini banyak di gemarioleh masyarakt Indonesia lho.

Bentuknya yang bulat agak lonjong dan bergelombang menjadikan keunikan tersendiri untuk jambu jenis ini.

Ada kenunikan yang lain juga lho,  ternyata jambu biji jenis ini tidak memiliki biji, bijinya hanya 3 peren dari besar buahnya.

Rasanya yang sangat manis dan juga renyah menjadikan jambu kristal wajib banget buat kamu coba yaa.

Jambu biji kristal banyak di kembangkan di Bengkulu (Bengkulu Utara), Jawa Barat ( Depok, Majalengka, Bogor, Kuningan, Subang, Sukabumi, Sumedang), Yogyakarta (Gunung Kidul), Papua (Kota Jayapura), dan Papua Barat (Manokwari).

Jambu Biji Susu

Jambu Biji Susu
solusisehatku.com

Jambu biji yang satu ini juga tidak ingin ketinggalan terkenal enaknya nih, jambu biji ini memiliki rasa yang manis dan katanya mirip dengan rasa susu.

Nama lain dari jambu biji susu adalah jambu biji pasar minggu. Teksturnya yang lembut dan memiliki rasa yang manis menjadi senjata ampuh untuk membuat masyarakat jatuh cinta.

Ternyata jambu jenis ini tidak hanya memiliki satu jenis saja lho. Ada dua jenis yang pertama jambu biji berdaging putih dan juga jambu biji susu berdaging merah.

Yang membedakan selain warna, yaitu rasanya juga, jambu biji merah memiliki rasa yang agak sepat, semenjak itu jambu biji susu merah kurang diminati.

Baca juga : 5 Jenis Alpukat Berkualitas Juara

Jambu Biji Sukun

Jambu Biji Sukun
pertanianku.com

Arti dari “sukun” sendiri adalah “Tanpa Biji”, artinya buah jambu biji jenis ini tidak memiliki biji, meskipun ada 2-3 biji.

Jambu ini memiliki warna daging putih agak kekuning-kuningan dan berasa agak asam.

Tekstur dari buah ini agak keras, renyah dan juga beraroma wangi. Buah ini memiliki bentuk seperti apel, dengan panjang kira-kira 4-5 sentimeter.

Jika kamu tertarik untuk menanam nya perhatikan jarak pohon ini dengan pohon jambu lainnya, karena jika tanaman jambu sukun ditanamn berdekatan dengan jambu yang memiliki banyak biji,maka jambu sukun menjadi berbiji pula.

Tetapi jangan khawatir, tanaman jambu biji ini tahan dengan serangan hama kok.

Jambu Biji Getas Merah 

Jambu Biji Getas Merah
bibittanamanbuah.com

Jambu jenis ini adalah hasil persilangan antara jambu biji pasar minggu dengan jambu biji bangkok.

Jambu ini memiliki keunggulan yaitu daging yang tebal, berwarna merah cerah, manis dan juga memiliki aroma yang segar.

Ukuran dari buah ini sekitar 400 gram/ buah. Kulit hijaunya akan menjadi kuning jika sudah masak. 

Jambu Biji Bangkok

Jambu Biji Bangkok
tokopedia.com

Sama seperti namanya, jambu biji ini berasal dari Bangkok, Thailand. Buahnya berukuran besar dengan berat 500-1200 gram/ buah.

Buah ini memiliki daging yang tebal, berwarna putih dan memiliki biji yang sedikit. Ketika sudah matang kulit buah ini menjadi hijau muda.

Jambu biji ini memiliki sedikir kadar air yang memebuat ya menjadi agak keras dan juga menjadi renyah, jambu biji jenis ini menjadi jambu biji paling manis diantara jambu biji jenis lain, meski memiliki rasa yang sangat manis, tetap aman ko untuk dikonsumsi.

Dan jambu biji ini cepat berbuah dan buah yang tumbuh lebat, dan olahan dari jambu biji ini bisa dijadikan bahan dasar sirup.

Jambu Biji Australia

Jambu Biji Australia
kabartani.com

Jambu biji jenis ini sangat unik, kenapa? Karena dari daun, batang dan juga daun memiliki warna yang serasi yaitu merah keunguan.

Dagingnya berwarna merah, berbiji banyak dan juga rasanya tawar ketika masih muda, ketika sudah matang rasa manis jadi jambu ini bisa jadi seperti jambu bangkok.

Tekstur dari buah ini tidak begitu renyah dan juga agak lunak. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *