15+ Kuliner Khas Singapura Enak dan Halal

15+ Kuliner Khas Singapura Enak dan Halal

Makanan khas Singapura- Singapura adalah salah satu negara yang wajib banget kamu kunjungi untuk berlibur, karena di negara yang memiliki julukan Kota Singa ini memiliki tempat-tempat yang menarik dan juga mengasyikan.

Meskipun biaya transport yang murah karena dekat dari Indonesia, tetapi tidak pernah ada orang yang kecewa dengan keindahan negara Singapura.

Selain memiliki tempat yang menarik, Singapura juga memiliki kuliner yang gak kalah nikmat. Disini kamu akan mendapatkan makanan khas Singapura yang terkenal enak dan yang pasti halal.

Chili Crab 

Chili Crab
asianfoodchannel.com

Tentu saja makanan yang satu ini memiliki bahan dasar kepiting, jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting lumpur atau kepiting soka, sesuai namanya biasanya kepiting diolah menjadi kepiting cabai.

Meskipun namanya kepiting cabai rasa dari kepiting ini tidak begitu pedas, dalam artian pedasnya masih bisa untuk dinikmati. Sausnya terbuat dari  perpaduan antara sambal tomat dan juga sambal cabai yang dicampur juga dengan telur kocok.

Menu ini menjadi menu andalan di restoran seafood di Singapura, jadi mudah untuk mencarinya.

Laksa 

Gambar makanan khas singapura laksa
eatwhatthonight.com

Makanan ini sudah cukup terkenal di berbagai negara, cita rasa dari makanan ini mirip dengan kari.

Makanan laksa ini memiliki bahan dasar mie yang dilengkapi dengan topping seperti kerang, udang, perkedel ikan dan juga tauge cincang.

Yang membedakan laksa Singapura dengan yang lainnya adalah, laksa khas Singapura memiliki kuah yang lebih kental karena campuran dari santan dan juga susu.

Dan di Singapura sendiri laksa diberi campuran jeruk nipis untuk menambah rasa segar.

Nasi Ayam Hainan (Chicken Rice)

Gambar makanan khas singapuraNasi ayam hanian
tokopedia.com

Sama seperti namanya, makanan ini menyuguhkan nasi pulen, dan wangi dengan lauk ayam yang super lembut dan juga nikmat. Tak lupa juga sambal cocol atau kecap dengan potongan rawit yang menggoda.

Nasi ayam hanian ini menyajikan daging ayang ynag di potong-potong atau bahkan tak jarang juga menyediakan ayam utuh. Makanan ini sangat mudah ditemukan di restoran besar, kafe ataupun hotel menyedikan menu ini, jadi jangan takut kalo gak ketemu.

Kaya Toast

Gambar makanan khas singapura kaya toast

Kaya toast adalah roti yang dibakar atau panggang menggunakan arang, roti ini di iris lalu di beri mentega dingin lalu di oleskan selai khas Singapura yang terbuat dari kelapa dan telur, tapi gak jarang juga dioleskan  selai srikaya.

Dan makanaan ini menjadi makanan utama ketika sarapan masyarakat Singapura, jadi kamu wajib banget coba ini.

Rojak Singapura

Gambar makanan khas singapura Rojak
danielfooddiary.com

Rojak Singapura mirip dengan rujak yang ada di Indonesia. Rojak adalah campuran dari buah dan sayuran, buah dan sayur yang biasa digunakan adalaah nanas, timun, lobak, tauge, mangga muda, jambu air yang muda, tahu panggang dan adonan gorengan.

Makanan ini memiliki citarasa yang manis asam dan juga gurih,m makanan ini pasti cocok untuk lidah Indonesia, karena makanan ini sering kita temukan di Indonesia.

Fride Carrot Cake

Gambar makanan khas singapura fride carrot cake
sg.theasianparent.com

Meskipun judulnya carrot (wortel) makanan ini tidak menggunakan bahan dasar wortel, tetapi lobak. 

Cara menglahnya, lobak di potong dadu-dadu lalu di kukus, lalu digoreng menggunakan telur, kemudaian di rumis menggunakna bawan putih, bawang bombai, dan lobak yang diasinkan.

Makana ini memiliki dua pilihan variasi, seperti fride carrot cake dengan saus hitam, atau fried carrot cake putih dengan telur yang digoreng hingga coklat keemasan. Semianya memiliki rasa yang nikmat dan juga mengenyang kan.

Roti Patra

Gambar makanan khas singapura roti patra
tokomesinmaksindo.com

Roti ini adalah makanan yang datang dari India lalu masuk ke Singapura, bentuk dari makanan ini adalah roti yang tipis dan juga garing.

Rotinya sendiri memiliki rasa yang tawar, sehingga bisa dimodifikasi seperti roti patra dengen saus kari pedas, roti patra dengan keju, dengan pisang,coklat atau pum jamur.

Makana yang satu ini banayk juga ditemukan di Indonesia, selain menjadi kegemaran masyarakat Singapura, ternyata masyarakat lokal Indonesia juga suka lho,  seperti masyarakat Aceh dan juga Sumatra Utara, ayo kamu kapan coba?.

Hokkien Prawn Mee

Gambar makanan khas singapura
bearnakedfood.com

Untuk penggemar mie, kamu bisa mencoba ini, makanan ini terbuat dari mie kuning dan juga bihun, yang di tumis lalu diberi lauk lainnnya seperti telur, udang, cumi, tauge dan lainya.

Mie dicelupkan ke dalam kaldu lalu di rebus bersama seafood yang tadi. Setelah selesai mie dan seafood ditumis lalu diberi air sedikit. 

Biasanya hokkie prawn mee disantap dengan tambahan jeruk limau dan juga cabai, supaya rasa dari makanan ini makin keluar.

Kari Kepala Ikan

Gambar makanan khas singapura kare kepala ikan
republika.com

Makanan ini bisa kamu temui gak cuma di makanan khas Singapura, tapi juga ada di makanan khas  Indonesia dan juga Malaysia.

Makanana ini menyajikan kepala ikan yang dimasak kari, kuah yang memiliki rasa asam, gurih dari santan, dan juga pedas dari cabe ini siap menggoyang lidah kamu.

Seperti judulnya, makanan ini menggunakan bahan dasar makanan ini adalah kepala ikan, ikan yang biasa digunakan adalah ikan jenis kakap merah.

Kepala kakap merah ini dikukus lalu disajikan dengan kuah kari pedas dan juga sayuran. Biasanya makanan ini disantap dengan nasi atau roti.

Popiah

Gambar makanan khas singapura popiah
rasamalaysia.com

Makanan  ini mirip dengan lumpia yang ada di Indonesia. Makanan ini juga bisa ditemukan di negara lain seperti Taiwan, Malaysia dan juga Thailand.

Isian dari popiah sendiri bervariasi, ada yang isi lobak kukus, tauge, telur, timun, kacang dan juga udang.

Biasanya makanan ini dinikmati bersama saus khas Singapra yang bercita rasa manis.

Sate khas Singapura

Gambar makanan khas singapura sate khas singapura

Ternyata yang memiliki sate gk cuma Indonesia lho,  di Singapura juga ada sate yang gak kalah nikmatnya, hampir sama dengan sate pada umumnya yang ada di Indonesia, daging yang digunakan adalah daging ayam, sapi atau kambing.

Daging yang di tusuk lalu dipanggang diatas bara arang ini menjadi maknaan favorit bagi masyarakat Singapira, dan yang pasti ini juga cocok di lidah Indonesia.

Tak lupa sate di Singapura juga disantap menggunakan ketupat, dan juga gak ketinggalan saus kacang yang oedan dan juga potongan bawang yang menyempurnakan masakan ini.

Pulut Hitam

Gambar makanan khas singapura pulut hitam
youtube.com

Pulut hitam adalah bubur yang bercita rasa manis yang terbuat dari beras hitam yang disiram oleh susu dan santan kelapa. 

Makanan ini mirip dengan bubur ketan yang ada di Indonesia. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup.

Dibeberapa menu pulut hitam ada beberapa yang ditambahkan beras ketan putih untuk menambah variasi, tetapi bisa ditambahkan sesuai selera. Menu ini juga bisa kamu tambahkan variasi lain, seperti biji jagung, roti tawar dan ubi jalar.

Mi Siam

Gambar makanan khas singapura mie siam
mayakitchenette.com

Mi siam adalah makanan yang berasal dari Melayu yang terbuat dari mi beras yang tipis. Seltelah itu mi deigorang dengan pasta udang dan juga macam rempah-rempah.

Makanan ini biasanya disajikan dengan kacang kering, telur rebus dan juga disiram dengan saus kedelai asin. 

Itulah 13 makanan khas Singapura yang terkenal lezat dan juga tidak meragukan ke halalnya. Jangan sampe kamu melewatkan makanan yang lezat ini yaa. Jadi sekarang jangan takut dan bingung ya memilih kuliner yang lezat dan halal.

Semoga artikel ini bisa membantu. Have A Nice Day :).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *