Jenis mawar

25+ Jenis Mawar yang Wajib Kamu Tau

Jenis mawar- Seperti artikel sebelumnya, kita masih membahas jenis-jenis tanaman. Siapa sih yang gak tau bunga yang satu ini? Bunga yang satu ini memiliki daya tarik yang kuat karena warnanya yang cantik, bentuknya yang menawan dan juga aromanya yang harum.

Pada umumnya yang kita sering lihat warna dari bunga ini adalah merah dan putih, tetapi jangan salah, bunga ini memiliki beberapa warna yang menawan dan juga elok lhoo.

Buat kalian pecinta mawar sudah sejauh mana si mengenal bunga ini? Yakin udah sejauh itu? Artikel ini bakal bantu kalian untuk mngenal lebih jauh bunga mawar ini. Lanjut bacanya yaa.

Apa itu Bunga Mawar??

Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang sangat populer dikalangan kita, biasanya bunga mawar dijadikan simbol cinta atau pun ketulusan hati.

Bunga ini banyak tumbuh dibelahan bumi sebelah utara, yang memiliki cuaca yang sejuk. Tumbuhan ini bisa tumbuh tinggi kisaran 2-5 meter, tapi terkadang ada juga lho yang tumbuh hingga 20 meter, masya allah ya.

Bunga ini memiliki duri di bagian batang, itu digunakan untuk mempertahankan dirinya dari bahaya, 

Untuk daun bunga mawar memiliki lebar 5-15 cm, dan di setiap tumbuhan mawar paling sedikit memiliki daun 3-13 lembar.

Baca Juga : Jenis Bunga yang Wajib Kamu Tau

Apa aja si Jenis Bunga Mawar?

Jangan salah yaa, bunga mawar punya banyak jenis, dari mulai makna yang di maksud dari warnanya, atau pun yang lainnya.

Nah jangan sampe kalian ketinggalan info ini yaa.

Bunga Mawar berdasarkan Warna

Kita pasti sangat familiar dengan bunga mawar berwarna merah, putih tapi siapa sangka, jenis bunga yang satu ini banyak memiliki warna yang indah, dari merah sampe ungu ada.

Dengan bentuk yang unik, dan juga aroma yang harum, menjadi kan aneka warna sebagai pelengkapnya.

Bunga Mawar Merah 

Bunga mawar
Sumber : Pexels

Bunga ini memiliki arti ketulusan, kasih sayang dan cinta yang sejati. Jadi cocok untuk memberikan mawar merah untuk orang tersayang.

Bunga Mawar Kuning

jENIS BUNGA MAWAR KUNING
Sumber : Pexels

Bunga mawar kuning ini memiliki arti Solodaritas, kegembiraan, keceriaan, kegembiraan, mawar warna ini cocok untuk di berikan kebada sahabar, teman ataupun keluarga.

Bunga Mawar Merah Muda

bunga mawar merah muda
Sumber : Pexels

Bunga mawar warna merah muda memiliki arti kebahagiaan, kelembutan dan juga rasa syukur, tapi tak jarang juga bunga mawar warna merah muda menjadi lambang cinta.

Bunga Mawar Putih 

bunga mawar putih
Sumber : Pexels

Bunga mawar warna putih memiliki arti kesucian hati, kemurahan hati dan juga keanggunan. Bunga ini cocok untuk diberikan persahabatan.

Bunga Mawar Oren

bunga mawar oren
Sumber : Pexels

Bunga mawar oren memiliki arti semangat dan juga melambangkan pesona atau daya tarik.

Baca Juga : 9+ Jenis Anggrek yang Wajib Kamu Tau

Bunga Mawar Ungu

bunga mawar ungu
Sumber : Pexels

Bunga mawar ungu memiliki arti kemegahan dan keeksotisan, selain itu bunga ini juga memiliki makna yang misterius dan juga menkajubkan.

Jenis Bunga Mawar 

Bunga Mawar Wild Rose

Mawar wild rose

Seperti namanya, bunga mawar jenis ini tumbuh secara liar, dan bentuk bunganya yang sederhana membuatnya mudah dikenali dan juga mudah ditemukan. 

Bunga Mawar Old Garden Roses

Bunga mawar Old-Garden-Roses
Sumber : Pexels

Bunga mawar ini memiliki keunikan tersendiri dan juga memiliki bau yang khas. Bunga ini adalah hasil persilangan sebelum dikenal sabagai Hybrird Tea. Ada beberapa jenis yang dimiliki dari bunga mawar ini diantaranya :

Bunga Mawar Alba

bunga mawar alba
Sumber : Pexels

Bunga ini sering disebut sebagai mawar putih, bunga ini merupakan hasil persilangan antara Rosa Alba dan Rosa Arensis. 

Nama latin dari bunga jenis ini adalah Dan mawar ini salah satu contoh mawar tanaman yang paling tua yang ada di bumi.

Bunga Mawar Galica

Mawar glacia
luthfan.com

Bunga ini berasal dari Eropa, dan bunga ini berasal dari persilangan dari Rosa Gallca sp.

Bunga ini hanya tumbuh satu tahun sekali dan biasanya berbuka waktu musim panas.

Bunga Mawar Damask

bunga mawar damask

Bunga mawar ini berjenis Summer Damasks sp. persilangan antara mawar Gallica dengan Rosa Phoenicea.

Bunga mawar ini berasal dari Persia yang dibawa oleh Robert de Brie ke Eropa pada tahun 1254 dan tahuan 1276.

Bunga Mawar Centifolia 

mawar Centifolia

Bunga mawar ini jiga memliki nama subutan lain yaitu Provence yang memiliki arti bunga dengan seribu mahkota. dan mawar ini tumbuh satu tahun sekali.

Bunga Mawar Moss

Mawar moss
kitchengardenseeds.com

Bunga ini masih satu kerabat dengan bunga mawar jenis Centifolia, yang memebedakan adalah batang dari bunga mawar jenis ini ditumbuhi lumut berwarna hijau.

Bunga Mawar China 

mawar cina

Bunga ini berbeda dengan jenis bunga jenis Old garden lainnya, bunga mawar jenis ini berbunga lebih sering dari pada jenis mawar yang lain.

Bunga ini memiliki empat jenis mawar diantaranya Slater’s Crimson China, Parsons Pink China, Hume’s Blush China dan Parks Yellow Tea Scented China.

Bunga Mawar Portland

MAwar Portland

Mawar ini dinamakan Portland karena mengenang Duke of Portland sebagai orang yang pertama kali menerima mawar jenis ini di Italia.

Baca Juga : 9+ Jenis Bonsai Terbaik

Bunga Mawar Bourbon

Bunga ini hasil dari persilangan antara Autumn Damask dan Old Blush China. jenis bunga mawar ini berasal dari  l’Île de Bourbon (sekarang disebut Reunion, koloni Prancis di Lautan Hindia).

Bunga ini juga bisa berbunga berkali-kali lho.

Bunga Mawar Hybrid Perpetual

Bunga ini merupakan keturunan dari Bourbon, Dan bunga jenis ini banyak ditamui di Inggris pada zaman Victoria, dan bunga mawar jenis ini juga bisa berbunga beberapa kali lho.

Bunga Mawar Tea

Mawar ini dihasilkan dari persilanhan antara Hume’s Blush China atau Parks Yellow Tea Scenred China dengan Bourbon dan Noisette. Jenis mawar ini bisa berbungga beberapa kali namun tidak selalu memiliki bau seperti teh.

Bunga Mawar Bermuda “Mysterious” Roses 

Bunga bermuda, itu sebutan lain dari bunga mawar ini, bunga mawar jenis ini diberi nama “mawar misterius” karena nama aslinya yang tidak diketahu apa.

Uniknya bunga ini adalah hasil dari persilangan bunga yang pernah dibuang karena dianggap sudah tidak bisa dipakai lagi, yaitu kultivar Mawar Old Garden.

Dan tanpa disangka, menjadikan bunga mawar yang bisa berbunga di cuaca panas dan lembab. Dan itu menjadikan bunga mawar ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Bunga Mawar Climbing Roses

Jenis bunga mawar ini adalah yang tumbuh merambat dipagar ataupun bangunan kanopi, contoh diantaranya adalah : Ayrshire, Climbing China, Laevigata, Sempervirens, Noisette, Boursault, Climbing Tea, dan Climbing Bourbon.

Bunga Mawar Shrub Roses

Jenis bunga mawar ini hampir mirip dengan Climbing Rose semi memanjat, tanaman ini merambat di pagar dan kanopi, yang menjadi perbedaan adalah bunganya yang lebih kecil dan mekar lebih lama.

Bunga Mawar Moderen Garden Roses 

Bunga jenis ini masih satu turunan dengan mawar Old Garden, dan memiliki beberapa jenis diantaranya :

Hybrid Tea

Bunga jenis ini berukuran lebih besar dari bunga mawar jenis lain, dan biasanya bunga mawar jenis ini digunakan untuk menjadi bunga otong, karena dalam satu batang bisa menghasilkan 5 sampai 6 bunga.

Floribunda  

Untuk jenis ini, bentuk bunganya lebih kecil dan berkelompok, dalam satu tangkai bisa menghasilkan 10 atau lebih, dan sangat cocok untuk ditanam di tanamn atau di rungan terbuka

Buck rose

Asal usul namanya diambil dari nama profesor yang ahli dalam bidang hortikultural, yaitu Professor Griffith Buck dari lowa University.

Beliau sukses menemukan 90 varian bunga mawar. Dan bunga mawar ini tahan terhadap penyakit dan juga musin dingin.

English Roses 

Ini adalah kelompok bunga mawar yang menghasilkan persilangan mawar Old Garden dan mawar Modern. Dan bunga ini memilki bau yang harum dan juga bisa berbunga beberapa kali.

Miniature Roses 

Kemolpok bunga ini memiliki bunga yang berukuran kecil yang berdiameter 2-5 cm dan berbunga beberapa kali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *