5+ Kuliner Halal Korea Terenak

5+ Kuliner Korea Terfavorit

Makanan khas Korea- Kamu pecinta drama korea? K-pop? Korean Style? Atau kebudayaannya? Dan punya rencana untuk pergi kesana?.

Ettss tunggu dulu, tentunya sebelum kamu ke suatu negara kamu pasti harus mempersiapkan banyak hal kan? Nah salah satunya adalah kuliner.

Khususna untuk traveler muslim, kamu gak perlu takut untuk mencoba makanan yang ada di Negara Gingseng. 

Dan gak jarang makan-makanan di Korea yang sudah berlebel halal lho. Artikel ini akan membantu kamu untuk megetahui “Makanan apa aja si yang halala di Korea?”. Jadii gak perlu takut untuk mencoba kuliner di Korea.

Kira-kira apa aja yaa?

Kimchi 

makanan khas korea kimchi
id.pinterest.com

Pastiya makanan ini udah gak asing ditelinga kita yaa, apa lagi untuk kamu yang pencinta drama korea, malah mungkin ini adalah salah satu makanan yang pengen kamu coba.

Makanan ini terbuat dari sayur-sayuran, makanan ini hampir mirip dengan asinan yang ada di Indonesia. Sayuran yang biasa digunakan untuk bahan dasar kimchi adalah sawi putih, lobak dan mentimun.

Cita rasa dari makanan ini adalah asin dan juga pedas. Dan ternyata makana kimchi termasuk dalam lima makanan tersehat dunia lho, karena dipercaya kimchi bisa membantu kelancaran pencernaan dan juga mencegah kanker.

Baca juga : 5+ Kuliner Khas Jepang Terfavorit

 Bulgogi

Bulgogi
glebekitchen.com/

Ini juga salah satu makanan korea yang sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari daging sirloin atau daging sapi berkualitas tinggi.

Biasanya bulgogi disantap menggunakan daun selada sebagai pembungkus, dan didalam daun diberi daging bulgogi, bawang putih, kimchi dan juga bumbu-bumbu tambahan lainnya.

Dakgalabi

Dakgalabi
id.pinterest.com

Makanan selanjutnya yang harus banget kamu coba adalah Dakgalabi, kenapa? karena makanan yang satu ini memiliki rasa yang gak kalah nikmat.

Bahan dasar dari makanan ini adalah daging ayam, kata dakgalbi yang memiliki arti “dak” adalah ayam dan “galbi” adalah iga.

Ayam tumis pedas berlumurkan saus gochujang ini biasanya dinikmati dengan menu pendamping, seperti ubi jalar, kol, daun bawang, daun perilla, tteok dan juga keju. Udah kebayang enaknya belom?.

Haemultang

Haemultang

Kalo kamu masih ragu dengan kehalalan makanan berdaging darat, kamu bisa coba ini, makanan ini juga wajib banget kamu coba.

Makanan ini berbahan dasar makanan laut, dari mulai cumi-cumi, kepiting, udang, gurita, hingga kerang.

Dan uniknya pada cara memasaknya, semua bahan dimasukan kedalam panci yang telah beriskan air kaldu dan bumbu lainnya, dan bahan makanan laut itu dimasukan dalam keadaan masih hidup.

Tapi jangan khawatir, metode masak seperti ini aman kok.

Nakji Bokkeum

Nakji Bokkeum
KoreaBnBHERO.com

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas yang bisa menggugah selera makan kamu.

Rasa pedas ditimbulkan dari pasta cabai yang dicampur dengan bahan dasarnya, emang bahan dasarnya apa? Bahan dasar dari makanan ini adalah gurita yang digoreng kering.

isian dari makanan ini tidak hanya gurita melainkan ada juga tumisan sayur, dan makanan ini terkenal dengan tingkat kepedasan yang tinggi, jadi buat kamu yang gak begitu suka pedas hati-hati yaa.

Biasanya untuk menetralisir kepedasnnya kamu bisa menggunakan nasi sebagai pendampingnya.

Baca juga : 5+Kuliner Khas Thailand Terfavorit

Seolleongtang

Seolleongtang
angsarap.net

Makanan selanjutnya adalah sup, ternyata di Korea sendiri banyak menyediakan jenis maknan berkuah seperti sup. 

Jenis sup ini berbahan dasar tulang dari sapi, Jadi memang membutuhkan waktu yang agak lama untuk memastikan maknana ini matang. Tapi janagan salah, meskipun kamu menggu dengan waktu yang agak lama, rasanya gak akan ngecewain kok.

Deonjang-jjigae

Deonjang-jjigae
koreanbapsang.com

Makanan ini masih dalam jenis yang sama, yaitu makanan kuah.

Bahan dasar dari makanan kuah ini adalah sayur-sayuran, tahu, dan juga pasta kacang yang sudah difermentasi terlebih dahulu.

Dan menu ini menjadi menu favorit para turis yang datang ke Korea lho, wajib banget buat kamu coba yaa.

Kimchi Bokkeumbap

Kimchi Bokkeumbap
Pinchofyum,com

Dari penmapilannya pasti kamu sduah bisa menebak, makanan yang satu ini berbahan dasar nasi yang digoreng, alias nasi goreng khas Korea Selatan.

Sebagai isian nasi goreng biasanya ada potongan kimchi yang menambah kenikmatan, dan menambah citarasa pedasnya.

Kimbab

Kimbab
mykoreankitchen.com

Siapa yang gak tau makanan ini? Ini adalah makanan yang sering disebut-sebut dalam drama korea.

Makanan ini juga praktis untuk dibawa kemana-mana, bahan dasar dari makanan ini adalah nasi yang digulung dengan isian sayur, daging dan di lapisi rumput laut.

Tampak sekilas makanan ini mirip dengan shusi  namun jika diperhatikan, ada perbedaan diantara keduanya.

Japchae

Japchae
rasamalaysia.com

Makanan ini berbahan dasar soon yang dicampur dengan berbagai sayuran, dan juga daging sapi. 

Sayur yang biasanya di gunakan adalah jamur, wortel, paprika, bawang bombay dan spinacia.

Biasanya makanan ini digunakan sebagai lauk ketika ada perayaan, seperti pesta dan lainnya.

Baca juga : 15+ Makanan Khas Turki yang Terenak dan Halal

Miyeok Guk

Miyeok Guk
english.visitkorea.or.kr

Makanan ini berbahan dasar rumput laut yang diberi kuah kaldu sapi dan juga kecap.

Ada kiah dibalik makanan ini, makanan ini dipercaya bisa memperbanyak asi. dan biasanya makanan ini dihidangkan ketika ada perayaan pesta ulang tahun.

Pada zaman dahulu seorang ayah mertua yang menunggu kelahiran seorang cucu akan memebeli miyeok (Rumput Laut) yang berukuran panjang dan juga lebar, dan supaya tidak remuk saca membawanya diikat menggunakan tali jerami dan diikat ke punggung.

Tali jerami dipercaya bisa mengusil arwah jahat. Dan jika ayah mertua membawa mieyok remuk, maka sang ibu akan kesulitan saat melahirkan.

Mul Naengmyeon

Mul Naengmyeon
mykoreankitchen.com

Makanan ini bisa menjadi menupilihan jika kamu bosan dengan menu yang bernahan dasar nasi.

Bahan dasar dari makanan ini adalah mie, uniknya makanan ini dihidangkan menggunakan kuah yang dingin, penasaran dengan rasanya?.

Samgyetang

samgyetang
seriouseats.com

Kalo yang ini adalah sup ayam gingseng yang terkenal dengan kenikmatannya. Perpaduan antara sup dan gingseng adalah perpaduan yang sempurna.

Sup ini berbahan dasar ayam yang di rebus selama 2-3 jam supaya mneghasilkan daging yang empuk.

Rasa dari makan ini bisa dibilang mirip dengan sob buntut Indonesia, jadi jika kamu sendang berkunjung ke Korea dan kamu rindu dengan sop buntut menu ini sangat di sarankan.

Ramyeon

Ramyeon

Pasti sudah gak asing yaa. MAkanan ini berbahan dasar mie yang memiliki cita rasa kaya akan rempah dan juga pedasnya.

Isisna dari makanan ini adalah, telur, sayur-sayuran dan jaga daging, dan tak lupa dihindang kan menggunakan kuah yang kental dan juga creamy.

Yangnyeom Tongdak

Yangnyeom Tongdak

Tidak hanya di drama , kini kamu bisa menyantapnya, maknan ini tergolong dalam makanan fast food, tak jarang di Korea sendiri banyak tempat makna yang menyedikan menu pesan antar ini.

Ayam goreng ini memiliki rasa yang cukup pedas dan membuat nagih, saus pedas asam manis nya membuat orang yang memakannya ketagihan. Jangan lupa dicoba yaa.

Nah, ini adalah beberapa menu yang halal di Korea Selatan, tentunya kamu harus tetap berhati-hati untuk menentukan makanan yang akan kamu makan.

Tidak cukup hanya dengan mengerti bahannya kamu sudah bisa memkannya, pastikan terlebih dahulu, karena syarat halal tidak hanya bahannya, tapi juga prosesnya.

Semoga artikel ini bisa membantu yaa, Have A Good Day <3

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *