5+Kuliner Khas Jepang

5+ Kuliner Khas Jepang Terfavorit


Kuliner Khas Jepang– Jepang adalah salah satu negara yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, dan Negri Matahari Terbit ini juga terkenal dengan kulinernya yang unik.

Unik dari segi rasa, bentuk atau pun bahan, Jepang juga sangat memperhatikan dalam hal bahan pokok makanan, maka dari itu kamu wajib banget masukin negara Jepang ke list negara yang harus kamu kunjungi.

Dan buat kamu yang beragama muslim, gak perlu ragu untuk menikmati kuliner khas Jepang, karena artikel ini akan membantu kamu untuk memilih dan memilah kuliner yang halal.

Kira-kira apa aja yaa? Kuliner halal khas Jepang? 

Shusi

gambar makanan khas jepang shusi
Tribunnews.com

Makanan khas Jepang yang satu ini adalah makanan yang pasti suah sangat familiar ditelinga kamu yaa, karena makanan ini sudah bisa ditemukan mesikipun kamu tidak harus jauh-jauh ke Jepang.

Tapi kamu jangan sampe kelewatan menikmati makanan yang satu ini ketika di Jepang, karena shusi adalah makanan yang sudah menjadi ikonik bagi negara Jepang.

Shusi terbuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut dan diisi oleh sayuran seperti, wortel, timun, dan juga daging-dagingan ikan tuna, ikan salmon dan juga telur.

Biasanya shusi juga dinikmati bersama cocolan cuka dan juga washabi.

Udon

Gambar makanan khas jepang udon
sacunslc.wordpress.com

Makanan ini adalah salah satu makanan yang berbahan dasar mie yang terbuat dari tepung gandum, air dan juga garam.

Ada keunikan dari makanan khas Jepang yang satu ini, makanan ini disajikan tergantung dengan cuaca, ketika sedang cuaca dingin mie udon akan d sajikan dengan keadaan panas, namun ketika cuaca sedang panas mie udon akan disajikan dingin.

Isian dari mie udon sendiri adalah nori (rumput laut), jahe segar dan sup dari kaldu ikan.

Pengenkan ngerasain mie kuah dingin versi Jepang?.

Shabu

Gambar makanan khas jebang shabu
tribunnews.com

Untuk kamu pecinta makanan kuah, makanan khas Jepang ini adalah salah satu makanan yang wajib banget kamu coba, Shabu adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari daging-daging yang di iris tipis-tipis.

Makanan yang satu ini dimasak (dicelupkan) bersama air kaldu  yang mendidih, tak lupa juga dengan menu pendamping seperti telur, sayur-sayuran, dan juga saus yang mengandung wijen sebagai pelengkapnya.

Sukiyaki

Gambar makanan khas jepang sukiyaki
kitchenstories.com

Makanan berkuah selanjutnya adalah sukiyaki, makanan khas Jepang ini terdiri dari irisan tipis daging sapi, bermacam jenis sayuran dan juga tahu yang sudah berbumbu kecap asin.

Untuk makanan ini kamu bisa mengatur kematangannya sendiri, karena masakan ini dihidangkan bersama panci dan kompor untuk kamu ramu sendiri.

Sayur-sayuran yang biasa digunakan untuk menu makanan ini adalah bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku ( daun dari pohon keluarga seruni), jamur enoki dan jamur shiitake.

Tidak hanya itu, bahan pelengkap lainnya adalah ada ito konnyakun atau shirataki yang menyerupai mie soun yang berwwarna abu-abu atau bening.

Biasanya sukiyaki disatap dengan mencelupkan irisan daging sapi yang diiris tipis kedalan kocokan telur, dan biasanya makanan ini disantap ketika cuaca dingin.

Onigiri

Gambar makanan khas jepang onigiri
liputan6.com

Makanan ini adalah makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Jepang, bisa dibilang makanan ini memiliki nama lain yaitu nasi kepal karena nasi ini dibuat dengan cara dikepal atau dibentuk.

Makanan ini juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia karena bercitarasa gurih,isian dari nasi kepal biasanya adalah daging salmon, tapi tak jarang juga isiannya iridan daging ayam.

Untuk menyantap makan ini kamu tidak harus menuju restoran, kamu cukup kesupermarket untuk menikmati maka yang satu ini. 

Nizakana

Gambar makanan khas jepang nizakana
tamasya.com

Untuk kamu ingin beralih menu dari daging ke daging ikan, kamu harus coba menu ini. Makanan ini terbuat dari daging ikan yang direbus dan juga lembut.

Dan makanan ini disajikan bersama tsuyu (sup khas Jepang).

Tendon

Gambar makanan khas jepang tendon
HIS-travel.com

Makanan selanjutnya adalah berbahan dasar nasi, biasanya makanan ini disajikan didalam mangkuk yang berisikan nasi dan lauknya.

Lauk dari makanan ini adalah daging uadang goreng, telur, sayur sayuran, tempura.

Chanko Nabe

Gambar makanan khas jepang chanko nabe
youtube.com

Nah makanan yang ini cocok banget unutk kamu yang ingin menggemukkan badan, kenapa? Karena makana ini memiliki porsi yang JUMBO, makanan ini menjadi makanan favorit untuk para sumo.

Isian dari makanan ini adalah tahu, bakso ikan,sayuran, yang disiram menggunakan sup dashi (Kuah kaldu ikan).

Teriyaki Chicken

Gambar makanan khas jepang chicken teriyaki
dinnetatthezoo.com

Makanan khas Jepang ini juga sudah terkenal di berbagai negara karena kenikmatannya, makanan ini memiliki bahan dasar ayam yang direndam didalam soy mais dan kemudian digoreng.

Setelah digoreg ayam tersebut diguyur dengan saus teriyaki yang manis gurih dan akan membuat kamu ketagihan, dan biasanya makanan ini cocok dinikmati bersama nasi yang masih hangat.

Yakiniku

Gambar makanan khas jepang yakiniku
detikfood.com

Yakiniku adalah salah satu menu favorit para turis, makanan ini berbahan dasar daging yang dipanggang.

Kita dipersilahkan untuk masak sendiri daging tersebut di meja kita. Dan buat kamu yang bosan dengan daging sapi, kamu bisa lho minta daging lain, seperti daging ayam.

Dan sebelum kamu memasak dagingnya kamu celupkan daging kedalam saus niku tare (saus wijen).

Sashimi

Gambar makanan khas jepang shasimi
japanesecooking101.com

Pasti kamu sudah tidak asing mendengar makanan ini, makanan ini terbuat dari ikan yang kaya akan Omega 3, seperti ikan tuna, ikan salmon dan lainnya.

Makanan ini sangat digemari masyarakat Jepang karena kaya akan Omega 3. Makanan ini biasanya dikonsumsi dengan keadaan masi segar, atau mentah. Kamu harus mencoba yaa.

Karaage

Gambar makanan khas jepang karaage
kumparan.com

Makanan ini memiliki bahan utama adalah daging ayam,daging sapi dan juga daging ikan.daging dipotong-poton dan digoreng salam minyak yang panas dan banyak, setelah matang, daging dibumbui dengan saus yang dibuat dari kecap asin, bawang putih dan jahe.

Sekilas bentuk dari makanan ini mirip dengan tempura, namun jika kamu memperhatikan dengan seksama, bentuk nya akan berbeda.

Ebi furai

Gambar makanan khas jepang ebi furay
womantalk.com

Makanan ini termasuk dalam makanan cepat saji, makanan ini sangat mudah di temukan, banyak juga di jumpai dalam restoran bento ala-ala Jepang.

Bahan dasar dari makanan ini adalah udang, udang utuh yang di lapisi oleh tpug roti lalu di digoreng. Makanan ini sangat cocok bila disantap bersamaan dengan nasi yang masih hangat.

Soba

Gambar makanan khas jepang soba
justonecookbook.com

Makanan ini termasuk dalam jenis mie kuah, makanan khas Jepang ini terbuat dari tepung gandum, dalam bahasa Cina soba artinya adalah mie telur, sedangkan dalan bahasa Jepang soba artinya tepung gandum kuda.

Masyarakat Jjepang sendiri memiliki tradisi untuk  menikmati makanan ini, yaitu ketika malam tahun baru dan juga ketika ada seseorang yang menepati rumah baru.

Shojin Ryouri

Gambar makanan khas jepang shojin ryouri
gojourny.com

Makanan terakhir, makanan ini cocok buat kmau yang suka sayur-sayuran, karena isi dari makanan ini adalah perpaduan dari kacang-kacangan yang dicampur dengan buah-buahan. 

Makanan ini juga cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet lho.

Yakitori

Gambar makanan khas jepang yakitori

Jika di Indonesia kamu sudah sering menyantap sate ayam, tentunya di Jepang kamu juga harus mencoba sate ayam Jepang punya dong.

Makanan ini termasuk dalam makanan ringan yang cocok untuk ngemil ketika sedang menikmati keindahan Negri Matahari Terbit ini.

Isi dari sate ini agak berbeda dengan sate ayam Indonesia, yang membefakan adalah ada potongan sayuran diantara daging-daging ayamnya, yang membuat makana ini tidak hanya lezat namun juga sehat.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu untuk menentukan makanan yang halal yang ad di negara Jepang yaa.

Ingat, kamu juga harus tetap berhati-hati, karena kategori halal tidak hanya di komposisi bahannya saja, namun diprosesnya juga, jadi harus tetap berhati-hati yaa.

Have A Good Day.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *