5+ Kuliner Halal Khas Thailand

5+Kuliner Khas Thailand Terfavorit

Makanan khas Tailand-Thailand adalah salah satu negara yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan manca negara, teruatama oelah para wisatawan dari Indonesia.

Buat kamu yang suka traveling luar negri, bisa nih Thailand masukin ke list negara yang wajib kamu tuju.

Kemarin kita udah bahas tentang kuliner halal di Korea, dan ternyata Thailand gak mau kalah juga, mereka banyak mnyediakan makanan halal khusus untuk parawisatawan atau warga negara Thailand yang beragama muslim.

Dan di Thailand sendiri banyak masjid lho, jadi kamu gak perlu khawatir untuk mencari tempat untuk ibadah.

Disini kita akan bahas tentang Kuliner yang halal di Thailand, tapi ingat ya, makanan dibawah ini dipandang halal karena dari koposisinya ang tidak mengandung hal-hal yang haram, jadi kamu harus tetap berhati-hati.

Tod Man Pla

tod mun pla
rasamalaysia.com

Makanan yang pertama kita buka dengan makanan yang berbahan dasar daging ikan dan juga daging ayam.

Cita rasa dari makana ini adalah gurih dan juga pedas yang pasti cocok dengan lidah para wisatawan Indonesia. Tod man pla ini memiliki bentuk yang sama seperti perkedel, namun yang memebedakan adalah bahan dasarnya.

Bisa dibilang juga makanan ini adalah salah satu jenis Fish Cake khas dari Thailand. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kakap, tengiri, gindara dan juga ikan tuna.

Dan makanan ini biasanya disantap menggunakan bumbu pasta atau bumbu kari merah ala Thailand, dan juga acar timun sebagai pelengkap di menu ini.

Baca juga : 5+ Kuliner Khas Jepang Terfavorit

Pad Thai

pad thai
rasamalaysia.com

Makanan yang selanjutnya adalah makana yang pasti kamu udah sering denger, yaitu pad tai.

Makanan ini berbahan dasar kwetiau goreng yang biasa ditemukan di sudut-sudut kota Thailand. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan juga agak sedikit asam karen di campur dengan jeruk limau dan juga asam jawa.

ISian dari makanan ini adalah kwetiau yang dilengkapi dengan sayur=sayurran seperti touge, kucai dan juga acar lobak, tak lupa juga di beli bunga pisang mentah untuk penambah cita rasa.

Selain ada sayur-sayuran, makanan ini juga diisi dengan daging-dagingan, seperti daging udang, daging kepiting, dan juga daging ayam.

Khao Pad

khao pad

Makanan selanjutnya adalah makanan yang berbahan dasar nasi, bisa dibilang makana ini adalah nasi gorang khas dari Thailand. 

Yang membedakan dengan nasi goreng Indonesia adalah isisanya, nasi goreng Indonesia tidak memiliki banyak isian didalamnnya, tetapi nasi goreng khas Thailand ini memiliki lebih banyak isian.

Isian dari Khao pad ada daging kepiting, daging udang, daging ayam dan juga telur. Untuk sayur pelengkapnya ada cabai, paprika, mentimun, tomat, jeruk nipis dan juga daun bawang.

Dan khao pad memiliki banyak variasi seperti 

  •  Khao pad mu  nasi goeng dengan daging babi
  • Khao pad  kai nasi goreng dengan daging ayam
  • Khao pad  kung nasi goreng dengan daging udang
  • Khao pad  pu nasi goreng dengan daging kepiting
  • Khao pad  khai nasi goreng dengan telur
  • Khao pad che nasi goreng dengan sayur-sayuran

Tom Kha Kai

Tom Kha Kai

Buat kamu yang pecinta makanan pedas, wajib banget kamu coba makanan yang satu ini.

Makanan ini adalah makanan berkuah santan yang sedap dan juga creamy, bahan dasar dari makan ini adalah daging ayam yang dimasak kuah bersantan putih yang pedas.

Makanan ini juga dilengkapi dengan daun jeruk untuk penambah kesegaran dari makanan ini. Makan ini terkenal dengan cita rasa yang sangat pedas, jadi hati-hati yaa buat kamu yang punya masalah dalam hal pencernaan.

Baca juga : 15+ Makanan Khas Turki yang Terenak dan Halal

Tom Yum

tom yum
Low_FODMAPDiet.com

Siapa yang masih asing dengan makanan yang satu ini? Tom yum adalah makanan yang terkenal hingga negara lain. 

Tom yum adalah makana berkuah bening yang memiliki banyak rempah, makana ini memiliki isian seperti daging udang, daging ikan, daging ayang dan juga yang lainya.

Tom yum memiliki cita rasa yang menyegarkan dan juga gurih, rempah-rempah yang digunakan untuk membuat tom yum ada bawang-bawangan, cabai, jahe, jeruk nipis , lengkuas dan yang lainnya.

Khanom Chin Nam Ya

khanom jeen nam

Mungkin kamu jarang mendengar makanan ini, tetapi sebenarnya makana ini memiliki cita rasa yang nikmat dan juga menjadi makan kesukaan dari masyarakat Thailand sendiri.

Makanan ini berbahan dasar mie putih yang direbus dan kemudian di siram menggunakan kuah kaldu dari kari ikan.

Cita rasa dari makan ini adalah pedas-pedas gurih, dan yang pastinya makanan ini akan memanjakan lidah kamu dengan kenikmatan yang disuguhkannya.

Khao Soi

Khao Soi
greensmothiegournet.com

Kamu harus tau, makanan ini adalah makana yang wajib banget kamu coba jika berkunjung  ke Thailand.

Makanan ini sangat populer di negara Gajah Putih ini, sebenarnya makanan ini bukan beraal dari Thailand, namun bermula dari Myanmar, dan dikembangkan dan disesuaikan rasanya dengan lidah masyarakat Thailand.

Makanan ini berbahan dasar mie kuning yang legit dan disajikan dengan kuah kuning santan yang gurih, mie yang digunakan sebagai membuat makanan ini ada dua jenis, yaitu mie kuning kering dan juga mie kuning basah.

Tak lupa juga makanan ini diisi dengan daging sapi dan juga daging ayam.

Biasanya makanan ini didampingi dengan acar timun, irisan cabai, irisan bawang merah, dan jeruk nipis.

Mee Ghrob

mee grob
therecipewebsite.com

Makanan ini berbahan dasar mie beras yang memiliki rasa asin dan juga manis, .mie ini di hidangkan menggunkan saus yang khas dari Thailand.

Saus yang dibunakan bercita rasa asam dan juga segar, yang terbuat dari lemon atau jeruk nipis.

Makanan ini cocok disandingkan dengan udang galah yang berdaging tebal dan bercita rasa manis.

Baca juga : 5+ Kuliner Korea Terfavorit

Pu Pad Pong Kare

Pu Pad Pong Kare
cdkitchen.com

Makanan ini adalah makanan favorit dari turis dan juga masyarakat lokal Thailand.

Makana ini memiliki bahan dasar kepiting yang di masak menggunakn telur dan juga saus kari.

Makana ini cocok banget di santap dengan satu mangkuk hangat. Lengkap sudah kenikmatan dunia ada di depan kamu.

Baca juga : 15+ Kuliner Khas Singapura Enak dan Halal

Kaeng Matsaman

Kaeng Matsaman
seriousseats.com

Makanan ini adalah makanan yang bertujuan untuk umat yang beragama islam. Nama dari makanan  ini buka berasal dari Thailand lho, namun berasl dari Persia atau negara Timur Tengah.

Cita rasa dari maknaan ini adalah gurih dan juga creamy yang timbul karena perpaduan rempah-rempah. Dan ternyata makanan ini termasuk dalam daftar makanan yang sudah mendunia lho.

Kanom Jeen

Kanom Jeen

Makanan yang terkahir adalah makanan yang berbahan dasar mie putih, uniknya mie putih ini berukuran kecil dan tidak bisa mengembang.

Mie ini terbuat dari fermentasi nasi yang disajikan dengan kuah, kuahnya pun beragam jenis ada kuah kaldu ikan, kuah kaldu ayam. Kedua kuah tersebut memiliki penggemarnya masing-masing.

Makanan ini biasanya dilengkapi dengan acar. cabai dan juga bebagai sayuran.

Yaap itu tadi adalah maknaan khas Thailand halal yang wajib banget kamu coba, ingat ya, kriteria halal tidak hanya dari komposisinya tapi juga dari cara menyembelihnya, tantunya kamu harus selalu berhati-hati.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang masih bingung makanan apa aja sih yang halal di Thailand?. Selalu berhati-hati dan juga selalu waspada yaa ๐Ÿ™‚

Have A Good Day 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *