Jenis Bonsai

9+ Jenis Bonsai Terbaik


Siapa pecinta tanaman bonsai disini? Seberapa jauh sih kalian kenal dengan tanman ini? Jangan khawatir, artikel ini bakal bantu kalian untuk lebih faham tentang tanaman cantik ini.

Lanjut baca yaa.

Apa itu Tanaman Bonsai?

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dibuat ukurannya lebih kecil dari aslinya (kerdil), kenapa dibuat kecil? Supaya kita masih bisa menikmati keindahannya meski dengan bentuk yang kecil. 

Bonsai adalah seni tradisional dari jepang yang memelihara tanaman dalam bentuk kerdil, bon artinya dangkal dan sai artinya dangkal.

Dalam membuat bonsai sangat diperlukan ketelitian dan kehati-hatian, tapi serunya, kita bisa membentuk dengan sesuka hati kita lhoo.

Tentunya membuatnya butuh waktu yang lama, karena harus memerlukan beberapa proses, seperti pemupukan, pemangkasan, pembentukan ranting dan lainnya. Jadi gak heran yaa harganya juga tinggi.

Jenis Bonsai Ada Berapa thoo?

Nah ternyata, bonsai itu ada beberapa jenis lho, daintaranya : 

Bonsai Pohon Buah

Kebayang gak kalo ada pohon buah yang pendek? Enak ya, gak perlu manjat-manjat untuk ambil buahnya, nah tanaman bonsai jawabannya. 

Contoh : tanaman kelengkeng, tanaman kedondong, tanaman kesemek, tanaman anggur, tanaman apel dan lainnya.

Bonsai Pohon Pinus 

Kalo yang ini, pohon pinus yang dijadikan ukurannya lebih mini. 

Contoh : bonsai cemara cina, bonsai cemara duri, bonsai sugi dan lainnya.

Bonsai dari Bunga

Ternyata gak cuma pinus dan buah lhoo, bonsai yang berbunga juga bisa dinikmati keindahannya dengan versi kecil lho.

Contoh : Tanaman bunga sakura, tanaman bunga azalea, tanaman bunga adenium, tanaman bunga westeria dan lainnya.

Bonsai dari Daun

Bonsai jenis ini juga gak kalah menarik dan indahnya lho. 

Contoh : Bonsai bambu, bonsai maple dan lainnya.

Jenis Berdasarkan Bentuk

Tegak Lurus 

bentuk bonsai

Bentuk ini bisa di bilang sebagai bentu yang paling ideal karena memiliki diameter semakin keatan, semakin kecil.Dan juga jarak antara ranting dan dahan semakin merapat.

Tegak Berkelok

bentuk bonsai

Bentuk ini juga tak kalah indah dengan bonsai tegak lurus, bentuk dari bonsai ini memiliki kelok di bagian kanan dan kiri yang seimbang. Dengan bentuk dahan semakin kacil keatas.

Miring

Batang pohon jenis ini lebih condong kesalah satu sisi, kiri atau pun kanan tapi tidak mengurangi nilai keindahan dan juga keunikan dari tanaman bonsai. Dahannya hanya di ujung-ujung dan selang-seling.

Sarung Angin

Bentuk bonsai

Dibandingkan dengan bentuk miring, bentuk ini lebih unik, dahan pohon ini lebih menjorok ke satu arah dan juga lebih kebawah.

Menggatung 

Bentuk bonsai

Pohon ini memiliki bentuk seperti pohon yang ditanam di ujung tebing, dengan dahan yang tumbuh panjang tapi menuju arah jurang. DEngan bentuk dahan yang semakin panjang semakin kecil.

Batang Bergulung

Bentuk bonsai

Batang bentuk ini beda dnegan yanglain, karen dari batang utama dia sudah memilki bentuk seperti di gulung seperti bentuk ular.

Sapu Tegak

Bentuk bonsai

Batang nya yang tegak lurus dengan bentuk dahan yang menyebar kesegala arah, sering kali bentuk ini diibaratkan dengan sapu dari bambu. dan kelebihannya, tanaman bonsai lebih terlihat rapi.

Berbatang Banyak

Bentuk bonsai

Batang ini memliki pangkal yang tegak, dan yang membedakan adalah tumbuh batang yang berjumlah lebih dari satu, maka dari itu disebut “Batang banyak”.

Baca Juga : Jenis Bunga yang Wajib Kamu Tau

Jenis Bonsai Hias

Bonsai Bougenville

Jenis Bonsai Bogenville
id.pinterest.com

Tanaman bougenville atau bunga kertas ini adalah salah satu tanaman yang populier di Indonesia, selain bentuknya yang cantik, cocok juga untuk dijadikan tanamn hias bentuk bonsai.

Tidak hanya itu, perawatan nya juga cukup mudah. Warnanya yang mencolok membuat mata dimanjakan melihat kecantikan bunga ini dalam bentuk bonsai.

Bonsai Beringin

Jenis Bonsai beringin
casaindonesia.com

Siapa yang gak tau beringin? Tanaman ini sudah menjadi tanaman yang populer. Beringin juga banyak di sukai karena memliki badan yang besar dna juga tidak mudah mati.

Beringin memiliki kemampuan bertahan hidup yang tinggi dan juga mudah untuk beradabtasi khususnya di indonesia. Dan beringin terkenal juga dengan umurnya yang sangat panjang.

Untuk perawatan bonsai beringin terbilang cukup sulit, dan karena itu juga harga dari bonsai beringin cukup mahal.

Bonsai Adenium

Jenis Bonsai Adenium
kebun.net

Jenis bonsai ini sudah lama dikenal, karena dari tanaman adenium sendiri sempat menjadi primadona dikalangan pertumbuh-tumbuhan :v.

Dari segi perawatan bonsai ini cukup mudah cukup dengan disiram dengan rutin dan diletakan ditempat yang terkena sinar matahari.

Bonsai Boabab

bonsai baobab
id.pinterest.com

Nama lain dari tanaman ini adalah ki tambleng, dan tanaman in berasal dari Afrika dan juga Australia.

Tentunya dengan adanya bonsai boavab kita bisa menikmati keindahan dan keunikan tanaman ini tanpa harus jauh-jauh ke Afrika ataupun ke Australia  :v.

Baca Juga : 25+ Jenis Mawar yang Wajib Kamu Tau

Bonsai Azalea

bonsai azalea
id.pinterest.com

Siapa yang gak tau tanaman ini? Tanaman ini berasal dari Jepang dan Cina. Tanaman ini terkenal karena keindahan bunganya yang menawan,

Tumbuhan ini biasanya tumbuh di daerah pegunungan dan bisa berbunga lebat.

Cara merawatnya adalah dengan memastikan tanahnya lembab yaa.

Bonsai Anggur

bonsai anggur

Bagaimana rasanya jika pohon anggur dijadikan salah satu jenis bonsai? Dan ternyata meskipun dikerdilkan tanaman anggur akan tetap bisa tumbuh lhoo. Masya allah yaa.

Bonsai Pinus

bonsai pinus
id.pinteret.co

Nah tanaman ini salah satu tanaman yang banyak di cari untul di jadikan bonsai, karena bentuknya yang simpel dan juga indah.

Jenis tanman ini sangat banyak dan juga dari masing-masing jenis memiliki keunikannya masing-masing.

Bonsai Maple

 Bonsai Maple
id.pinterest.com

Pohon ini memiliki banyak warna pada daunnya, dan itu menjadi daya tarik dari tanaman ini, warna diantaranya ungu, merah muda dan juga biru.

Tanaman ini berasal dari negara Jepang, dan dibudayakan disana juga, biasanya tanaman ini diletakan di tanaman untuk menjadi titik pusat perhatian karena warnanya yang mencolok.

Baca Juga : 9+ Jenis Tanaman Hias Cantik

Bonsai Murbei

bonsai murbei
id.pinterest.com

Tanaman jenis ini sangat mudah untuk ditanam tapi sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kenapa? Karena biasanya tumbuhan ini sering di grogoti oleh ulat sutra, karena daun tanaman murbei adalah makanan dari ulat sutra.

Bonsai Rukem

bonsai rukem

Tumbuhan ini memilki 2 jenis yang sama-sama memiliki bentuk yang indah, dulu tanaman ini terkenal karena buahnya yang unik untuk memakannya.

Bonsai Sakura

bonsai sakura
id.pinterest.com

Siapa sih yang gak tau tanaman ini? Tanaman ini berasal dari negara Jepang, warnanya yang cantik membuat banyak orang terpesona.

Dengan di buatnya tanaman sakura versi kerdil, kita gak perlu jah-jauh ke Jepang untuk menikmati keindahan dari tanaman ini.

Bonsai Delima

bonsai delima

Pasti kalian tau buah ini kan? Ternyata gak cuma anggur lho yang bisa di jadikan tanaman bonsai.

Selain itu, buah delima memiliki banyak manfaat lhoo, diataranya mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol dan lainnya.

Bonsai Anting Putri

bonsai anting putri

Bisa dikatakan, tumbuhan bonsai jenis ini memiliki bentuk yang sempurnya, karena bentuknya yang unik dan memiliki nilai estetik yang tinggi.

Untuk perawatan bonsai jenis ini sangat mudah, cukup siram secukupnya, letakan di tempat yang terkena sinar matahari dan jangan lupa membersihan rumput liar yang ada di dalam pot yaa.

Bonsai Santigi

Bonsai Santigi
id.pinterest.com

Gak kalah dengan bonsai anting putri, tanaman ini juga wajib jadi penghias ruangan mu yaa.  Dengan batang yang tebal dan memilki banyak cabang, menambah nilai estetik dari tanaman ini.

Dengan sentuhan klasik dari tanaman ini bisa membuat pikiran kamu jadi tenang lho.

Bonsai Wisteria

Bonsai Wisteria
id.pinterest.com

Kamu pasti langsung jatuh cinta lihat tanaman bonsai jenis ini, tanaman bonsai jenis ini memiliki daya tarik yang ada di bunganya yang menawan dan indah.

Untuk merawatnya, cukup siram dengan air yang cuk dan jangan lupa mengganti media tanamnya secara berkala yaa.

Bonsai Fuschia

Bonsai Fuschia
id.pinterest.com

Sekilas tanaman ini mirip dengan tanaman bonsai sakura, namun yang membedakan adalah bentuk dari batang dan juga jumlah daunnya.

Untuk jenis ini sudah menjadi suatu kewajiban untuk memiliki tumbuhan bonsai ini, karena tumbuh ini akan membawa rasa penghilang setress lho.

Ternyata banyak yaa ciptaan Allah yang cantik-cantik, Masya Allah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *