9+ jenis mangga terenak

9+ Jenis Mangga Terenak


Siapa disini pecinta buah mangga? Kalo kalian pecinta buah mangga, jenis apa sih yang kalian paling suka? Mangga Arumanis? Mangga Madu? Atau yang lainnya.

Dari bentuk pohon mangga semua terlihat sama, tapi sebenarnya buah mangga mmeiliki banyak jenis lho.

Itu bisa di bedakan berdasarkan warna, bentuk dan juga rasanya. Buah mangga memiliki nama lain Mangifera, dan untuk buah jenis mangga ini memiliki 35-50 jenis. Dan ternayat tanaman mangga pertama kali di emukan di India dan Burma lhoo.

Bentuk dari mangga sangat bermacam-macam, dai bulat, lonjong, lonjong lancip dan yang lainnya.

Tumbuhan mangga umumnya memiliki tinggi 5 meter, dan daun yang melengkung yang berwarna hijau muda dan ungu ketika muda dan kuning ketika sudah tua.

Rata-rata panjang ukuran mangga dari 10 sentimeter hingga 25 sentimeter. Dengan rata-rata warna daging yang kuning agak oren.

Disini kita akan membahas jenis buah mangga yang ada di Indonesia, kira-kira ada apa aja yaa?.

Mangga Madu 

Buah mangga madu

Saat mendengar namanya saja sudah bisa kita bayangkan rasa dari mangga ini yaitu manis, kenapa disebut mangga madu? Karena mangga ini terasa manis meskipun masih muda, atau mentah.

Bentuk mangga ini menyerupai mangga manalagi, meskipun tidak begitu besar, tapi mangga ini tidak pernah mengecewakan penikmatnya. Mangga ini memiliki dagiing yang tebal dan juga manis.

Kulitnya yang berwarna kuning menjadi daya tarik tersendiri untuk mangga ini. Mangga ini bisa ditemukan di berbagai negara juga lho, seperti India, Hawai, Florida, Thailand, dan Afrika Selatan.

Mangga Arumanis

Mangga arumanis

Selanjutnya, ada Mangga Arumanis, seperti namanya mangga jenis ini memiliki aroma yang wangi, gak jarang banyak masyarakat yang mencari mangga jenis ini.

Mangga yang menjadi kebanggan masyarakat Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki bentuk yang lonjong dan juga runcing, keunggulan mengga ini memiliki biji (pelok) yang kecil dan juga daging yang tebal.

Mangga jenis ini termasuk mangga jenis lokal yang artinya bisa ditemukan hanya di Indonesia, meskipun lokal tapi mangga jenis ini gak kalah nikmat dengan mangga import lho.

Harga dari mangga ini juga tidak terlalu mahal, kisaran 15 ribu untuk satu kilonya, oh iya mangga ini punya sebutan nama yang lain lho yaitu mangga gadang.

Mangga Manalagi

mangga manalagi
bobo.grid.id

Mangga jenis ini juga menjadi mangga unggulan IndonesiaI lho, mangga yang memiliki ukuran yang sama seperti mangga madu ini memiliki rasa yang unik, yaitu perpaduan diantara mangga arumanis dan juga mangga golek.

Mangga ini memiliki kulit yang berwarna hijau, meskipun sudah matang mangga ini tetap berwarna hijau namun bedanya ketika sudah matang agak berwarna abu.

Keunggulan dari mangga ini adalah memiliki daging yang lebih tebal diantara buah mangga yang lainnya dan juga memiliki tekstur yang lembut.

Keunggulan yang lainnya, mangg aini tidak cepat busuk ketika sudah dipetik, jadi aman ketika disimpan.

Untuk mendapatkan mangga jenis ini kamu cukup merogoh kocek sebesar 15 ribu per kilo.

Mangga Alpukat

mangga Allpukat

Nah ini adalah jenis mangga yang terbilang baru, mangga yang di kembangkan di Pasuruan ini sempat populer lho karena keunikannya yang berbentuk seperti buah alpukat.

Cara menikmatinya tak perlu di kupas layaknya menikmati mangga pada umumnya, namun cukup potong seperti memotong buah alpukat, lalu nikmati menggunakan sendok.

Mangga ini tergolong sebagai mangga lokal, tapi rasanya, jangan tanya yaa. Rasa buang mangga ini hampir mirip dengan mangga arummmanis, tetapi rasanya jauh lebih manis.

Buah mangga jenis ini hasil dari persilangan lho, yaitu prsilangan dari Mangga Gadung dan juga Mangga Madu.

Untuk menikmati mangga ini kamu harus merogo kocek lebih dalam sekitar 35 ribu per kilo.

Mangga Golek

Mangga golek

Kalo kamu pecinta buang mangga pasti kamu familiar dengan mangg aini, mangga ini sangat populer di kalangan pecinta mangga berbentuk lonjong.

Nama Golek berasal dari bahasa jawa yang artinya mencari, dengan maksud orang-orang akan merasakan kelezatan buah mangga jenis ini lalu selalu mencarinya lagi.

Mangga yang berasal dari Pasuruan, Indramayu dan Probolinggo ini memiliki tekstur daging yang lembut, tebal dan juga tidak berserat lho. Selain di Indonesia mangga ini juga bisa di temukan di India.

Di India sendiri pernah di temukan jenis Mangga Golek yang beratnya mencapai 1,5 kilo lho. Meskipun berat sampe 1,5 kilo rasanya tetap manis dan juga tekstur dagingnya lembut.

Mangga Gincu

Mangga gincu

Mangga jenis ini memiliki warna yang canti dan juga mencolok, mangga ini berwarna hijau ketika muda dan akan berubah menjadi kuning gradasi ketika sudah matang.

Mangga yang banyak dikembangkan Cirebon ini memiliki bentuk lebih kecil dan bulat dari pada mangga lain, dan dagingnya berwarna jingga kemerahan ini menjadi daya tarik tersendiri dari buah mangga jenis ini.

Tekstur dan rasa dari buah ini adalah kenyal, dan juga memiliki rasa yang manis dan juga berair, jadi tidak heran banyak yang mencari buah mangga jenis ini.

Mangga Indramayu

mangga indramayu

Seperti namanya buah mangga jenis ini dikembangkan di Indramayu, Jawa Barat. Mangga ini juga salah satu mangga yang cukup terkenal diantara mangga yang lain.

Mangga yang berkuran besar ini seringmenjadi incaran para pecinta mangga karena bisa dikatakan mangga paling manis adalah Mangga Indramayu. 

Mangga ini memiliki tekstur yang berserat tebal, aroma yang harum dan juga manis. Mangga ini memiliki kulit yang berwarna hijau agak kemerahan.

Biasanya musim mangga ini muncul ketika musim kemarau, jadi cocok banget untuk penghilang haus.

Mangga Apel

mangga apel
idntimes.com

Kenapa disebut mangga apel? Karena buah mangga jenis ini memiliki bentuk agak bulat yang mnyerupai bentuk buah apel.

Warna dari kulit mangga ini adalah hijau agak kemerahan ketika muda ataupun sudah masak.

MAangga yang berasal dari Singapura  ini memiliki ciri ketika sudah masak adalah memiliki aroma yang harum, rasa dari mangga jenis ini agak asam, jadi cocok jika di jadikan sebagai salah satu bahan untuk rujak.

Mangga Falan

Mangga falan

Mangga yang satu ini berasal dari negara Gajah Putih, yup Thailand, tapi jangan salah yaa, meskipun dari Thailand mangga jenis ini sangat mudah ditemukan di Indonesia lho.

Nama Thailand dari mangga ini adalah Nam Dok Mai. Mangga jenis ini memiliki panjang 17 sentimeter. Dan berbentuk seperti daun.

Tekstur dari buah mangga jenis ini berserat sedikit, sedikit air, berdaging tebal dan juga krispi.

Warna dari kulit mangga jenis ini adalah hijau dan terlihat menyegarkan.

Dan banyak juga orang memanggil mangga ini dengan sebutan lain, yaitu mangga tundher.

Mangga Malibu

Mangga malibu

Mangga ini berasal dari negara kanguru, yaitu Australia, dan di Indonesia sendiri juga banyak penggemarnya.

Jenis mangga ini adalah hasil dari persilangan mangga Irwin dan mangga Kensington Pride maka dari itu mangga ini berwarna merah dan besar.

Jangan meragukan rasa dari mangga jenis ini, selain bentuknya yang besar dan juga dagingnya tebal, rasa yang disuguhkan juga manis.

Dan buah mangga ini sudah terkenal hingga negara-negara sekitar Australia lho.

Ini adalah jenis mangga yang sangat digemari masyarakat Indonesia, kamu suka mangga yang mana?.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *