Apa aja sih alat kopi yang wajib kamu tau?

Apa Aja sih Alat Pembuat Kopi ?


Tentu jika kamu adalah pecinta kopi, kamu harus tau ada alat apa aja sih untuk membuat minuman dengan kenikmatan yang tiada tara ini?.

Ada dua jenis alat yang digunakan, otomatis dan juga manual. Kira-kira favorit kamu yang mana ya?.

Jenis Alat Pembuat Kopi

Ada 2 tipe alat kopi, yaitu alat kopi otomatis dan alat kopi manual.

Untuk alat kopi otomatis diantaranya 

Mesin Espresso Semiotomatis

Mesin Espresso Superotomatis

Perkolator

Filter Coffee Maker

Untuk alat kopi manual

French Press

Aeropress

Moka Pot

Rok Presso

V60

Syphon

Tentu saja belum cukup jika ingin merasakan secangkir kopi yang nikmat hanya dengan memilih kopi yang terbuat dari biji kopi pilihan.

Selain memilih kopi pilihan, ternyata dari metode pembuatan dan juga alatnya menentukan kadar kenikmatan suatu kopi lho.

Sebelum kita memilki alat yang tadi disebutkan, kamu harus memilki alat yang dasar diantaranya

Alat Dasar Kopi yang Wajib Kamu Tau

Ginder Kopi

Ginder kopi
Jakartanotebook.com

Dalam pembuatan kopi ginder berperan sangat penting sebagai penggiling biji kopi, kelebihan menggiling biji kopi menggunakan ginder kamua kan merasakan kenikmatan yang lebih dibanding membeli kopi yang sudah bubuk.

ginder sendiri memilki 2 jenis, yaitu manual dan juga elektrik.

Banyak pecinta kopi memilih ginder manual karena akan mempertahankan kekayaan aroma kopi. Dan pastikan kamu memilki waktu yang cukup untuk menggunakan ginder manual.

Kekurangan ginder manual adalah tidak memiliki kapasitas yang besar. karena tidak menggunakan listrik tetpai menggunakan tenaga sendiri.

Selain ginder manual ada juga ginder elektrik, ginder ini cocok untuk kamu yang sering menikmati kopi dan lebih suka meracik dengan takaran sendiri.

Ginder jenis ini menggunakan listrik untuk menggiling biji kopi, dan kelebihan lainnya kopi ini bisa menggiling biji kopi dengan kapasitas yang cukup besar.

Tapi jangan lupakan kelemahan dari ginder elektrik ini, meskipun tidak begitu menggangu tapi ginder ini cukup berisik dan mengganggu ketika sedang menggiling biji kopi.

Selain itu ada beberapa produk ginder elektrik yang memiliki bentuk yang banyak memakan tempat. Dan yang perlu kamu tau mungkin akan ada perbedaan rasa karena ada tekanan panas dari ginder elektrik ini. 

Cerek

Alat ini digunakan untuk menuang air panas kedalam cangkir yang berisikan kopi, meskipun tidak diwajibkan menggunakan cerek berbentuk seperti apa untuk menciptakan cita rasa kopi yang nikmat.

Tapi ada baiknya jika kamu menggunakan cerek berbentuk leher angsa, karena model ini yang paling direkomendasikan untuk menambah kenikmatan kopi.

Jenis Alat Otomatis

Mesin Espresso Semiotomatis

Mesin Espresso Semiotomatis
sasamecoffee.com

Mesin ini adalah mesin yang paling banyak digunakan untuk tujuan komersial, seperti kedai dan yang lainnya.

Selain itu tipe alat kopi otomatis ini cocok buat kamu yang lagi mau belajar jadi barista handal lhoo

Meskipun namanya otomatis, kamu juga tetap bisa menakar dan juga menggiling biji kopi dengan resep yang kamu suka.

Dan tipe mesin ini memilki 2 jenis, yaitu manual control dan programmable doses, untuk manual control kamu bisa mengatur proses ekstrasi kopi. Dan untuk tipe programmable doses mesin kopi akan berhenti setelah mencapai takaran yang sudah di tentukan.

Baca Juga : Sejarah Awal Mula Kopi

Mesin Espresso Superotomatis

Mesin Espresso Superotomatis
id.pinterest.com

Untuk mesin yang satu ini, super canggih, karena mesin ini bis secara otomatis menggiling, memadatkan dan juga memadukan semua takaran hingga menjadi espresso.

Dalam artian mesin ini bisa menggantikan posisi seorang barista dalam hal membuat espresso.

Untuk cara menggunakannya sangat simpel, kamu cukup menekan tombol sesuai kebutuhan kamu, dan wallaa jadi secangkir kopi espresso.

Dan jika kamu ingin mendirikan kedai kopi kecil-kecilan , alat ini sangat cocok untuk membantu kamu, karena selain cepat mesin ini juga simpel.

Tapi untuk kamu yang berencana mendirikan coffee shop, alat ini tidak direkomendasikan karena mesin ini hanya mampu untuk jumlah yang tidak besar.

Baca Juga : 9+Macam Minuman Kopi

Perkolasi

alat kopi Perkolator
id.pinterest.com

Perkolasi adalah metode pembuatan kopi dengan cara memberikan zat pelarut kedalam zat terlarut etelah itu disaring dan jadilah sebuah larutan.

Dulu untuk memanaskan air di dalam perkolasi di panaskan menggunakan kompor, namun seiring dengan berjalannya waktu, ditemukan teknologi lebih ringkas dan cepat yaitu perkolasi elektrik.

Filter Coffee Maker

Filter Coffee Maker
id.pinterest.com

Alat ini disebut juga drip coffee, alat ini biasanya digunakan di restoran dan hotel untuk menyajikan kopi dalam jumlah yang besar. Tapi ada juga ukuran mesin ini yang kecil untuk para pecinta kopi rumahan.

Cara penggunaan prtama siapkan bubuk kopi dan masukan kedalam wadah kopi yang telah disediakan. Masukan air sesuai takaran yang telah di tentukan di tangki coffee maker.

Selajuntunya nyalakan mesin untuk memasak air dan juga kopi. Lama pemasakan kira-kira 10 menit. 

Kekurangan dari mesin ini adalah mengurangki keasaman dari kopi tersebut, mungkin beberapa penggemar kopi akan kurang suka dengan seduhan alat ini. 

Jenis Alat Pembuatan Kopi Manual

Seperti namanya, teknik dari proses penyeduhan ini menggunakan alat yang dikerjaakan oleah manusia. Nama lain dari penyeduhan jenis ini adalah manual brew.

Meskipun harus lebih ribet dari mesin otomatis, tetapi tiak kalah nikmat rasa dari kopi menggunakan alat penyeduhan manual ini.

Alat pembuatan kopi manual ada beberapa jenis diantaranya :

French Press

French Press
id.pinterest.com

Alat penyeduh ini patinya sudah tidak asing ditelinga para pecinta kopi yaa. Alat ini berbeda dengan alat lain yang menggunakan filter kertas atau pun able kone. Alat ini lebih sederhana dan juga lebih ringkas.

Tetapi menyeduh kopi dengan menggunakan alat seduh ini tidak kalah nikmat denagn alat yang lain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan alat ini. 

Setelah kamu menyeduh kopi diam kan kopi selama 4 menit, supaya menghasilkan kopi yang pas, jika telalu sebentar kopi akan asam dan jika terlalu lama kopi akan menjadi pahit, jadi hati-hati yaa.

Dan jangan lupa tekan plungger secara perlahan hingga ampas kopi tertekan ke dasar.

Aeropress

Aeropress
id.pinterest.com

Melihat bentuknya pasti kamu meragukan penyeduh kopi ini. tetapi jangan salah, penyeduk kopi ini lebih mudah dan lebih cepat deibandingkan alat yang lainnya.

Cara kerja aeropress hampir mirip dengan Vietnam Drip. yang membuatnya berbeda adalah alat ini sangat berpengaruh pada tekanan udara.

Cara menggunakannya sama dengan alat french press yaiu menekan bagian plunger. Bedanya alat ini memerlukan kertas untunk menyaring bubuk kopi yang di tekan.

Moka Pot

alat kopi Moka Pot
id.pinterest.com

Bisa dibilang penyeduhan menggunakan alat ini adalah carang yang manual, karena alat ini tidak memerlukan daya listrik. Dalam proses mendidihkan air, kamu cukup menggunakan kompor untuk memanaskannya.

Moka pot ini adalah alat penyeduh kopi tradisional yang berasal dari Italia yang diciptakan oleh Alfonso Bieletti pada tahun 1933.

Kekurangan dari alat ini ketika menggiling dan tidak konsisten hasil seduhannya yang berbeda-beda.

Tapi kelebihannya adalah, alat penyeduh ini mudah untuk dibersihkan dan juga mudah mengoprasionalkannya, dan tentunya dengan menggunakan penyeduh kopi in kamu bisa menikmati kopi yang lebih pekat dan juga intens layaknya esprsso dan Americano.

Baca Juga : 9+ Negara Penghasil Kopi Terbesar

Rok Presso

 Rok Presso
id.pinterest.com

Sama seperti masin penyeduh yang lain, dengan menggunakan tekanan uap tinggi untuk mengestrak kopi, tetapi yang membedakan adalah alat ini membuat tekanan secara manual. 

Dan alat ini telah mendapat penghargaan di Eropa karena menjadi alat penyeduh favorit pecinta kopi.

Untuk kamu yang memiliki uang lebih untuk membeli mesin espresso, alat ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

V60

V60
id.pinterest.com

Kenapa kok namanya V60 yaa? JAdi alat ini diciptakan oleh Hario di Jeppang pada tahun 2004, kenpa di sebut V60? Karena bentuk dari alat ini V dengan sudut 60°.

Alat ini memiliki metode pour drip yang mudah untuk di aplikasikan dimana saja. Meskipun harus membutuhkan proses yang tepat agar mendapatkan hasil yang maximal.

Untuk hati yang patah, segeralah merekah. Untuk jiwa yang sepi, segeralaha meminum kopi

Syphon

Syphon
id.pinterest.com

Nama lain dari alat ini adalah vacuum pot. Alat ini berbeda dengan alat penyeduh lain, karena alat penyeduh ini memilki dua tabung yang berbeda fungsinya.

Tabung yang atas bernama hopper dan yang bawah bulb, fungsi dari bulb adalah memanaskan air hingga mendidih, sedangkan hopper adalah tempat air yang akan naik dari bulb.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *