Barista kopi

Apaan tuh Barista ?


Apakah kamu tau apa itu barista? Barista adalah sebutan untuk seseorang ynag bekerja sebagai pembuat dan juga menyajikan kopi.

Profesi ini sangat penting bagi sebuah kedai kopi, bar kopi, atau pun coffee shop karena kopi barista adalah kunci keberhasilah dari sebuah kedai kopi. Karenakan barista merupakan profesi yang berhubungan dengan penuh keterampilan dimana seorang barista melakukan pengukuran seberapa tinggi suhu dan besar tekanan dalam pembuatan espresso.

Kata barisata berasal dari bahasa Italia yang artinya pelayan bar. Bisa dibilang barista adalah penentu dari sebuah minuman yang akan dinikmati.

Oleh karena itu seorang barista harus memilki pengetahuan penuh tentang masalah perkopian. 

Masih bingung gak tentang barista? biar lebih faham lanjut baca yaa.

Apa Itu Barista?

Barista kopi
id.pinterest.com

banyak ditemukan kata-kata barista identik dengan seserang yang menyiapkan dan menyajikan kopi. Namun sebenarnya barista tidak hanay menyiapkan minuman yang ber bahan dasar kopi saja lho.

Didalam bahasa Italia barista yang berartikan pelayan bar, tidak hanya memiliki arti “Penyaji kopi” tapi juga menyajikan minuman yang lainnya.

Di Italia sendiri ada perbedaan dalam penyebutan barista laki-laki dan jua perempuan, untuk barista laki-laki disebut baristi, sedangkan perempuan disebut bariste. Dan di negara Italia profesi ini tidak di khususkan hanya untuk peracik kopi, namun juga peracik minuman alkohol.

Sejarah Barista

Sejarah Kopi
coffeeland.co.id

Profesi sebagai peracik kopi sudah ada sejak abad ke-15, saat kedai kopi pertama di buka di Mekah, Arab Saudi. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat sersantai dan juga berdiskusi, seiring berjalannya waktu, muncul beberapa kedai kopi lainya di Arab seiring dengan meluasnya perdagangan kopi.

Di Eropa munculnya kedai kopi pertaman kali pada tahun 1629 di Venisia, italia, tak lama kemudian banyak negara-negara lain yang mengikuti jejak utnuk membuka kedai kopi, seperti Ingrris, Prancis, Portugal, Romania, Swiss dan lainnya.

Sebutan barista sendiri berasal dari Amerika Serikat, dan pada tahun 1900 banyak para imigran Italia yang membuka kedai kopi di daerah Amerika Serikat.

Awal-awal membuka kedai, pengunjung hanya berasal dari Italia seperti Boston, New York, Greenwich Village. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat Amerika Serikat sendiri mulai penasaran dan mulai mengunjungi kedai- kedai kopi.

Dan sebutan barista pun selalu digunakan untuk menyebut “Sang Peracik Kopi” dari situ terbiasalah sebutan barista untuk orang yang meracik kopi.

Dan dari situ banyak yang ingin menjadi seorang barista, dan munculah sebuah kopetisi dan juga pelatihan untuk manjadi seorang barista. Karena menjadi barista adalah profesi yang menjanjikan dan juga profesi yang bergengsi.

Baca Juga : Sejarah Awal Mula Kopi

Apa aja sih Tugas Seorang Barista?

Barista kopi
id.pinterest.com

Setelah kita tau sejarah tentang barista tentunya gak afdhal dong kalo kita gak tau tugas dari barista, yakan?

Meskipun tugas utama seorang barista adalah pembuat kopi, tapi tidak hanya itu lho, kira-kira apa aja ya?

  • Membuat Kopi yang Nikmat

Ini adalah kewajiban bagi seorang barista, tentunya seorang barista harus bisa menyajikan secangkir kopi yang penuh dengan kenikmatan.

Tentu saja barista harus bisa menggunakan alat-alat yang di sediakan, dari yang manual hingga menggunakan mesin, contohnya syphon, V60, french press dan lainya.

Selain membuat kopi yang nikmat, tentunya barista harus bisa menarik perhatian para penikmat kopi untuk lebih tertarik.

Seperti membuat design latte art, dengan cara ini barista bisa menarik perhatian para pengunjung untuk menikmati minuman yang dibuatnya. 

  • Faham Betuk Tentang Alat Kopi

Pastinya, seorang barista harus faham penggunaan alat-alat penyeduh kopi, dan biasanya seorang barista pasti memiliki motode tersendiri untuk membuat kopi seduhannya terlihat menarik dan juga nikmat.

Dan seorang barisita harus faham perbedaan menggunakan alat seduhan kopi, karena tidak semua alat seduhan kopi bisa digunakan untuk semua jenis kopi.

Dari cara kerja hingga kemampuan alat-alat seduhan kopi, seorang barista harus faham akan hal itu, jika kesalahan dalam hal ini bisa menjadi suatu masalah yang fatal untuk kedepannya lhoo hati-hati yaa.

Baca Juga : 9+Macam Minuman Kopi

  • Menjaga Area Bar Selalu Bersih

Tentu saja ini sebuah kewajiban, bayangkan kamu datang kesebuah cafe yang penuh dengan kotoran dan juga penuh dengan bau yang tidak sedap, tentu saja itu sangat tidak nyaman bukan.

Dalam hal ini juga menjadi tugas barista unutk selalu menjaga kebersihan area kedai.

Tapi gak hanya area kedai yaa, tentu saja alat-alat yang digunakan juga harus dipastikan selalu bersih, dari alat otomatis hingga manual, semua harus diperhatikan kebersihannya.

  • Membuat minuman selain kopi

Dan ini hal yang perlu diperhatikan juga, seorang barista harus bisa membuat minuman selain kopi.

Kenapa? Supaya pengunjung yang tidak menyukai kopi tetap bisa menikmani dan mau berkunjung ke kedai kamu.

Maka dari itu barista dituntut untuk bisa membuat minuman selain kopi, seperti cokelat, teh, matcha dan lainnya.

  • Berkomunikasi Dengan Customer

Ini adalah tugas terakhir dari seorang barista yang bisa menetukan, ada yang mengatakan bahwa kesuksesan barista diukur dari sebereapa kenikmatan yang bisa dia bagi oleh orang lain dari secangkir kopi.

Jika customer puas, maka sukses lah sang barista tersebut.

Ingin Menjadi Barista? 

barista kopi
id.pinterest.com
  • Mengenal seluk beluk kopi

Gak mungkinkan kamu ingin menjadi barista tapi gak faham sama selaki tentang kopi?.

Pengetahuan adalah titik tumpu dari segalanya, kamu harus tau jenis-jenis kopi, alat-alat kopi, macam minuman kopi dan yang lainnya.

Baca Juga : 9+ Negara Penghasil Kopi Terbesar

  • Sering Berlatih

Tentu saja percuma jika kamu memilki ilmu tanpa sebuah aksi, sebuah kopi yang nikmat tidak mungkin datang dengan sendirinya.

Untuk meciptakan kopi yang nikmat tentu kamu harus belajar, gak harus ikut kursus kok, kamu bisa belajar lewat buku, internet, dan juga berdiskusi dengan temanan sesama barista.

Jangan pernah takut untuk memulai, kalo kamu gak mau memulai, kapan lagi ? :).

  • Ikut Kelas Barista

Kalo menurut kamu masih kurang untuk belajar sendiri, kamu bisa mengikuti kelas barista.

Pada kelas basic kamu akan belajar tentang kopi, sejarah kopi, jenis-jenis kopi dan hingga cara menyeduh kopi.

Sedangkan kelas latte art kamu akan belajar tentang seni yang bisa di salurkan lewat kebahagiaan secangkir kopi.

Ada beberapa sekolah barista yang tersebar di Indonesia seperti Caswell’s Coffee Lab, 5758 Coffee Lab, Indonesia Coffee Academy, A Bunch of Coffeeine Dealers (ABCD), Universitá del Caffé dell ‘Indonesia (UDC).

  • Join Komunitas Kopi

Supaya ilmu kamu bisa lebih berkembang dan juga meluas kamu perlu mencoba cara ini nih.

Tidak hanya berhenti belajar sendiri, kita juga perlu membagi ilmu apa yang kita dapat untuk orang lain.

Dengan cara bergabung dengan suatu komunitas, tanpa sadar kita akan mendapat ilmu yang lebih yang tidak kita dapat kan di kelas barista.

Untuk di Indonesia sendiri ada Komunitas Pecinta Kopi Noesantara, di komunitas ini kamu akan belajar tentang seluk beluk kopi yang tidak akan kamu dapatkan selain lewa komunitas.

Dan pasti berdiskusi jauh lebih seru dibanding belajar menggunakan metode yang lainnya.

Komunitas lain juga ada, seperti Kopikoe, disini kamu akan belajar tentang manfaat kopi dan lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *