Tips Penghasilan Tinggi Budidaya kangkung Untuk Pemula

Budidaya kangkung Untuk Pemula Tips Penghasilan Tinggi

Budidaya kangkung- Kangkung adalah salah satu tanaman yang sangat familiar di telinga kita. Untuk tanaman kangkung ini memiliki 2 jenis kangkung.

Yang pertama adalah kangkung darat atau Ipomoea Reptans, ciri-ciri dari tanaman ini adalah memiliki warna hijau yang terang dan juga bentuk daun yang runcing, saru lagi bunga yang dimiliki kangkung darat berwarna dominan putih.

Yang kedua adalah kangkung Ipomoea Aquatica, ciri-ciri dari tanaman ini adalah memiliki warna hijau yang lebih gelap dari pada kangkung darat, selain itu kangkung ini memiliki daun yang berbentuk lebih tumpul dan juga lebar. Bunga dari tanaman kangkung air ini berwarna dominan ungu.

Biasanya jenis kangkung darat bisa dipanen dengan cara di cabut, sedangkan untuk kangkung air dipanen dengan cara dipotong. 

Jenis kangkung yang biasa kita lihat dipasaran adalah kangkung darat, karena dilihat dari budidaya kangkung darat jauh lebih udah dan juga relatif lebih cepat tumbuh, dan bisa di sebut juga budidaya kangkung itu bisa menguntungkan.

Kangkung memang memiliki harga yang murah dibanding dengan sayur yang lain, tapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa membudidayakan kamgkung organik yang memiliki harga jual yang lebih.

Untuk budidaya kangkung ini kamu tidak harus memilikikan daerah yang khusus, karena tanaman kangkung bisa ditanamn di daratan tinggi ataupun dataran rendah. 

Dan untuk mendapatkan hasil yang maximal, kamu harus memperhatikan curah hujan dan sinar matahari yang cukup. 

Bagaimana? Minat untuk budidaya kangkung? Lanjut baca yaa.

Tips Budidaya Kangkung Anti Ribet

Persiapkan Benih

budidaya kangkung
agrifood.id

Disarankan menggunakan benih tabur atau biji jenis kangkung cabut (kangkung darat), supaya mendapatkan hasil yang seragam, mudah dan juga berkualitas tinggi.

Tentunya ini adalah langkah yang harus kamu penuhi, pastikan kamu memiliki benih yang sesuai kriteria.

Benih yang cocok untuk ditanam adalah pastinya yang terhindar dari hama dan juga penyakit, dan yang pasti berasal dari varietes yang berkualitas.

Untuk pembibitan tanamn kangkung ada 2 cara, cara yang pertama adalah mengunakan bibit atau generatif, dan untuk yang ke dua pembibitan menggunakan stek atau vegetatif.

Tetapi disarankan menggunakan benih tabur atau biji jenis kangkung cabut (kangkung darat), supaya mendapatkan hasil yang seragam, mudah dan juga berkualitas tinggi.

Pastikan kamu tidak menggunakan benih yang sudah berumur satu tahun, karena itu akan mempengaruhi produktivitas dari tanaman kangkung.

Siapkan Lahan

pembuatan lahan
antarfoto.com

Gemburkan tanah terlebih dulu menggunakan bajak atau cangkul, sembari menggemburkan tanah, kamu juga bisa membersikah tanah dari gulma dan juga rumput liar yang akan menghamabat pertumbuhan dari tanaman kangkung.

Selanjutnya buatlah bedengan dengan ukuran lebar 100 cm, tinggi 30 cm dan oanjang menyesuaikan lahan. Jangan lupa berikan jarak antar badengan untuk saluran drainase dengan jarak kira-kira 40 cm. Dan pastikan lahan mendapatkan sinar matahari penuh yaa.

Pemupukan

Sebelum memulai untuk menanam, kamu perlu memberikan pupuk atau nutrisi kepada lahan. Sebaiknya pemupukan dilakukan menggunakan pupuk kandang atau kotoran ayam, karena pupuk kandang terbuat dari bahan-bahan yang aman dan juga tidak akan berdampak negatif pada lingkungan sekitar. Pemberian pupuk dilakukan 3-5 hari sebelum penanaman.

Untuk mendapatkan hasil yang maximal, kamu harus memperhatikan curah hujan dan sinar matahari yang cukup. 

Menaman Kangkung

cara menanam kangkung
kebun.co.id

Waktu yang tepat untuk menanam kangkung adalah diawal musim penghujan yang tiba pada bulan november-desember. 

Jika kamu menanam kangkung ketika musim kamarau maka kamu harus melakukan pengairan atau penyiraman setiap hari. 

Dan ada 2 jenis cara untuk menanam kangkung, yang pertama dengan cara langsung menaburkan bibit, yang kedua dengan cara ditugal.

Kenapa tidak di semai? Karena proses itu kurang ekonomis untuk budidaya kangkung darat. Namun dengan cara ditabur ke atas badengan itu cukup ekonomis, dan cocok untuk kamu yang menginginkan budidaya sendiri.

Namun dengan cara disebar juga memiliki kekuranagn atau kelemahan yaitu boros dalam hal bibit karena membutuhkan 5-10 kilogram benih per hektar. Dan kamu dituntut unutk terampil supaya hasil yang disebar merata.

Selanjutnya dengan cara ditugal, bisa dibilang cara ini lebih mudahkan kita karena kita bisa mengatur jarak antar tanaman, Buatlah lubang dengan diameter 10×5 cm, dan letakan dalam satu lubang 2-3 biji. 

Buatlah lubang tidak usah terlalu dalam karena kangkung darat tidak memerlukan perakaran yang terlalu kuat. Lalu tutup luabng menggunakan tanaha di sekitar lubang tadi.

Pastinya cara ini juga memiliki kelemahan, yaitu proses ini lebih memakan banyak waktu dan juga banyak pekerja jadi kamu juga perlu merogoh kocek untuk membayar ongkos pekerja.

Perawatan

jenis sayur
daquagrotechno.org
  • Penyulaman

Penyulaman adalah menggambil atau mengganti tanaman yang sudah tidak tmbuh dengan sempurna, karena itu akan mempengaruhi tanaman yang ada di sekitarnya. 

  • Penyiangan 

Penyiangan adalah membersihkan gulma dan juga rumput liar yang ada di sekitar tanaman kangkung, karena itu akan menghambat pertumbuhan dari tanaman kangkung itu sendiri. Dan tanaman kangkung sangat mudah kalah saing berebut nutrisi dengan rumput liar.

Setelah dibersihkan pastikan kamu juga membuang bukan disekitar lahan tanaman yaa.

  • Pengairan

Pengairan adalah salah satu tahapan yang sangat penting karea tanaman kangkung sangat membutuhkan banyak air, tapi jangn lakuka penyiraman terlalu sering ketika musim hujan karena itu akan membuat tanam kangkung layu dan memiliki kualitas yang buruk.

Lakukan penyiraman dua kali dalam satu hari, yaitu ketika pagi dan sore hari.

Kenali ini

hama budidaya sayur
menanamcabehidroponik.blogspot.com

Selain dari gangguan gulma dan rumput liar, tanaman kangkung juga memiliki banyak pegganggu, diantara lain adalah hama dan juga penyakit.

Hama yang suka menghinggapai tanaman kangkung adalah belalang, ulat grayak dan juga kutu daun.

Ciri-ciri tanaman kangkung sudah terkena hama ulat grayak adalah banyak daun yang bolong dan juga dipinggir daun terdapat gerigi bekas gigitan. Dan untuk ciri-ciri tanaamn kangkung terkena hama kutu daun, tanaman kangkung akan membuat tanaman kerdil dan juga melengkung. 

Karena kutu daun menyerap cairan yang ada di dalam tanaman kangkung.

Selanjutnya jenis penyakit yang biasanya ditemukan ditanaman kangkung adalah, karat putih. Dampak dari penyakit ini adalah akan muncul bercak putih pada daun dan selanjutnya bercak putih itu akan menyebar ke semua bagian tanaman kangkung.

Dalam menangani hama dan juga penyakit pada tanamn kangkung pastikan menggunakan penanagan yang terpadu. 

Dan cara untuk mengurangi resiko terkena hama dan penyakit adalah melakukan pengaturan jarak tanaman dan juga melakukan penyiraman yang tepat. 

Jika cara itu masih belum bisa, kamu bisa gunakan pestisida hayati seperti daun nimba, daun gadung dan juga sereh wangi.

Jika cara kedua juga belum bisa, kamu biang menggunakan pestisida kimia, namun dengan takaran yang tepat, karena ini akan menimbulkan efek samping pada lingkungan didekatnya.

Panen

panen
majalahkonsultan.com

Untuk panen, tanamn kangkung sudah siap panen pada usia 30-45 hari. Panen bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dipotong dan juga dicabut. 

Dan untuk kangkung darat gunakna cara panen dengan memotong batang kangkung bagian bawah, karena kangkung darat bisa panen 2 kali, jadi untuk panen kedua kamu baru bisa mencabut hingga akar-akarnya.

Khusus untuk tanaman kangkung organik, sebaiknya panen dilakukan dengan cara dicabut, karena peminat dipasaran lebih memilih tanaman kangkung organik yang masih lengkap dengan akarnya.

Pastikan sebelum di kemar kangkung sudah dibersihkan dari tanah dan juga dicuci menggunakan ar yang mengalir supaya terhindar dari kontaminasi berbahaya. Setelah itu letakan kangkung di tempat yang lembab jangan ditempatyang langsung terpapar sinar matahari langsung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *