Tips Ampuh Budidaya Lada Untuk Pemula

Budidaya Lada Untuk Pemula Dijamin Ampuh dan Terbukti !

Budidaya Lada – Lada adalah tumbuhan yang sama dengan merica, tanaman ini adalah salah satu tanaman rempah yang sangat cocok di tanam di Indonesia. 

Kalo sama kenapa ada dua sebutan antara lada dan merica? Mungkin ini juga termasuk pertanyaan yang ada di pikiran kalian, lada adalah sebutan biasanya yang digunakan ketika sudah menjadi serbuk atau bubuk, melainkan merica adalah sebutan ketika buah masrih utuh berbrntuk bulan kecil-kecil.

Tanaman ini cocok sekali dengan tanah di Indonesia, jadi takjarang banyak petani yang membudidayakan lada, alasan lain juga karena budidaya adalah salah satu budidaya yang menjanjikan.

Lada atau merica ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa, diantaranya adalah menurunkn resiko kanker, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan pernafasan, menjaga kesehatan kulit juga lho.

Pengen tau gimana cara budidaya lada? Lanjut baca yaa.

Cara Budidaya Lada Untuk Pemula

Tentunya bibit yang sehat datang dari tanaman lada yang sehat

Syarat Tanaman Lada

tanaman merica
tanamanhiasan.com

Tanaman lada adalah tanaman yang tidak terlalu sulit untuk di budidaya, tapi pastikan tanah yang kamu gunakan untuk budidaya lada adalah tanah jenis ini, seperti Vertisol, Oxisol, Andisol dan tanah liat, tanah jenis ini bisa menambah prokdutifitas untuk tanaman lada.

Biasanya tanaman lada ditanaman pada ketinggi an 0-600 mdpl, tanaman ini tidak akan maximal jika di tanaman di keteinggian di atas 600 mdpl.

Selain tanah dan juga ketinggian, yang mempengaruhi hasil dari tanamn lada adalah iklim, kondisi lembab adalah kondisi yang disukai oelah tanaman lada kira-kira 200-350 C dan juga memiliki curah hujan 2500-3000 mm per tahun.

Untuk pH tanah, tanaman lada membutuhkan pH kira-kira 5-7 dan juga pastikan tanaman lada mendapatkan sinar matahari minimal 10 jam.

Pemilihan Bibit

budidaya lada

Pastikan kamu memilih bibit yang sehat, karena itu akan memepengaruhi tumbuh kembang dari tanaman lada itu sendiri.

Tentunya bibit yang sehat datang dari tanaman lada yang sehat , biasanay ada dua cara untuk mendapatkan bibit lada yang berkualitas, yang pertama adalah membeli di toko pertanian, atau mengambil dari tanamn lada sendiri.

Untuk cara yang mengambil dari tanaman lada yang sudah tersedia ada 2 cara yaitu cara setek cabang setapak dan juga setek cabang.

Setek cabang setapak adalah setek dengan menggunakan cabang sekunder dan juga primer, untuk pembibitan dan juga penyemaian bibit tanaman lada bisa menggunakan polybag yang di isi dengan pasir, pupuk dan juga tanah dengan perbandingan 1:3:7.

Setelah itu kamu bisa menanam bibit lada dan jangan lupa untuk menutupi bibit lada dengan plastik supaya tidak terkena hujan. Tujuan dari pemberian plastik adalah supaya bibit tanaman lada terhindar dari hama dan juga penyakit.

Kira-kira pembibitan berlangsung selama kurang lebih 5 bulan hingga akar tumbuhan sudah cukup kuat untuk dipindahkan ke media tanaman yang lebih besar. Selama penyemaian kamu juga bisa menambahkan pupuk untuk membantau pemaximalan pertumbuhan tanaman lada.

Olah Lahan

Sebenarnya tanaman lada bisa kamu tanaman hanya didalam polybag, tapi tidak akna cukup jika kamu ingin membudidayakannya, maka dari itu kamu perlu mengolah lahan untuk dipindahkan ke media tanam yang lebih besar.

Pastikan kamu bersihkan lahan dari gulma dan juga rumput liar lainnya, supaya mengoptimalkan pertumbuhan tanaman lada. Lalu cangkul dengan kedalaman 40 cm hingga tanah menjadi gembur.

Tanah yang idel untuk tanaman leda berpH 5, jika tanah memiliki pH kurang dari 5 maka bisa kamu tambahkan kapur dolomite sebanyak 500 kwintal pada 1 hektar, tujuan diberi kapur adalah untuk menaikan pH tanah tersebut, lalu diamkan selama 4 minggu.

Setelah itu tambahkan pupuk kandang yang sudah di fermentasikan dan diamkan selama 2 minggu supaya tercampur dengan merata.

Penanaman Bibit Lada

Jarak yang ideal untuk menanam lada atau merica ini biasanya 2×2 meter dan untuk ukurannya bualah bentuk seperti limas dengan kedalaman 50cm ukuran bawah 40×15 cm, dan ukuran atasnya 40×35 cm.

Diamkan lubang tersebut selama 2 minggu sebelum penanaman. Waktu yang tepat untuk menanam tanaman lada adalah ketika musim penghujan yaitu pada saat pagi hari atau sore hari, karena menghindari sinar matahari yang dapat mengenai bibit lada.

Setelah bibit ditanaman lalu tambahkan pupuk kompos dengan takaran 100 gram per tanaman kemudian siram dengan air secukupnya.

Pemeliharaan Lada

budidaya lada
paktanidigital.com
  • Pemupukan Susulan

Pembupukan susulan dilakukan untuk meningkatkan produktifitas atau hasil panen dari tanaman lada, pemupukan susulan juga bertujuan untuk menambah lagi nutrisi kedalam tanah untuk bisa diserap oleh tanaman.

Biasanya pemupukan dilakukan selama 6 bulan sekali , dan pupuk yang bisa kamu gunakan adalah pupuk kompos atau pupuk kandang.

  • Pasang Rambatan

Tentunya pemasanagn rambatan bertujuan supaya tanaman dapat merabat dengan rapi, tape selain itu tujuan dari pemasanagn rambat adalah supaya tanaman bisa berkembang secara optimal.

Dan juga tanaman lada bisa tumbu secara maximal dan juga bisa mendapatkan hasil yang maximal.

  • Penyiangan

Pastikan disekitar tanaman lada tidak ada gulma atau rumput liar, gunakan cara penyiangan terbatas (Bobokor) untuk membersihkan gulma atau rumput liar lainnya.

  • Perompesan Bunga

Tanaman lada yang sudah memiliki umur kira-kira 1 bulan setelah di pindah kelahan, bunga akan muncul dan harus segera dibuang sampai tanaman berumur kira-kira 1,5 tahun. 

Tujuan dari perompesan bunga adalah memepercepat pertumbuhan vegetatif.

  • Perempelan 

Bagian ini juga tidak kalah dengan bagian yang lain, perampelan adalah membuang tanaman yang layu atau yang sudah terkena hama dan juga penyakit. Jika ini dibiarkan akan berdampak pada tanaman lain juga.

Dan gak kalah seremny kamu bisa mengalami gagal panen.

  • Penyiraman

Penyiraman sangat diperlukan terutaman untuk awal penanaman, jika tanaman sudah cukup kuat maka penyiraman bisa di sesuaikan dengan kebutuhan tanaman tersebut.

  • Perbaikan Guludan

Yang dimaksud dengan perbaikan guludan adalah menaikan tanah yang sudah terkikis air, dalam proses ini kamu juga bisa sekaligus memebersihkan gulma atau rumput liar yang ada di sekitar tanaman.

  • Perbaikan saluran Drainase

Perbaikan saluran Drainase adakah untuk menghindari terjadinya penggenangan air di area kebun yang bisa mengganggu pertumbuhan dari tanaman lada dan juga bis amenjadi sumber pantogen.

  • Pemberian mulsa

Pemasangan mulsa sangat dianjurkan terutaman pada musim kemarau, tujuan diberikannya plastik mulsa adalah menjaga kelembaban tanah dan untuk mengurangi pertumbuhan gulma.

Penganggulan Hama dan Penyakit

Untuk mencegah terjadinya penyerangan dari hama dan juga penyakit, berikan pertisida satu kali dalam satu bulan, atau gunakan sesuai kebutuhan.

Memberikan bambu pada tanaman lada, supaya daun lada tidak langsung bersentuhan tanah, karena dapat memicu organisme pengganggu tanaman.

Panen

panen lada

Biasanya tanaman lada siap untuk dipanen setelah berumur 3 tahun, pada tahun ini tanaman lada akan menghasilkan buah, namun sedikit.

Tentunya untuk memanen lada kamu gak bisa sebarangan, ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk memanen lada.

Pastikan yang dipanen adalah buah yang memiliki warna kuning, ini adalah tanda bahwa buah lada sudah siap untuk di petik. Lakukan pemetikan dengan hati-hati supaya buah tidak rontok.

Letakan buah yang sudah dipanen ditempat yang sejuk.

Ini adalah tips budidaya lada yang ampuh. Jika kamu mengikuti step by stepnya insya allah kamu akan mendapatkan hasil yang maximal.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *