budidaya melon

Budidaya Melon Untuk Pemula Tips Ampuh Wajib di Coba

Budidaya melon – Melon adalah salah satu buah yang banyak digemari, tumbuhan yang memiliki nama latin Cucumis melo ini memiliki cita rasa yang manis dan juga segar, buah yang satu ini masih dalam satu kerabat dengan semangka, blewah dan juga timun suri.

Tanaman ini berasal dari dataran Persia yang kemudian menyebar ke wilayah lainnya, seperti Eropa, Amerika, Asia, Timur tengah dan juga Indonesia.

Tanaman melon ini tumbuh merambat tapi tidak memanjat, tanaman ini juga tergolong dari tanaman semusim. Ciri dari tanaman ini adalah memiliki daun yang berbentuk menjari dan melengkung dan juga memiliki batang yang tidak berkayu.

Tanaman ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, jadi kamu bisa banget jadikan ini sebagai lahan usaha. Budidaya melon emang gak butuh lahan yang besar ya? Jangan salah anaman ini juga bisa lho ditanam di polybag atau pot, jadi bisa ditanaman dilahan yang tidak begitu luas.

Tertarik dengan budidaya melon? Pas banget artikel ini akan membantu kamu untuk memulai budidaya melon yang praktis tapi membuahkan hasil yang maximal, penasaran? Lanjut baca yook.

Cara Budidaya Melon Praktis dan Menguntungkan

Syarat Dari Tumbuhan Melon

gambar melon
pixabay

Tanaman melon akan tumbuh maximal didaerah yang memiliki ketinggian sekitar 250-10000 meter diatas permukaan laut, tanaman melon juga memiliki takaran ideal untuk intensitas hujan yaitu sekitar 1500-3000 mm/tahun.

Hindari juga lahan yang  memiliki kondisi angin yang kencang, karena hal itu bisa merusak atau bahkan mematahkan batang tanaman melon yang rapuh. tanaman melon sangat suka dengan cahaya jadi carilah lahan yang selalu disinari matahari setiap hari.

Suhu yang disukai oleh tanaman melon adalah suhu yang sejuk jika dilihat dari derajat celcius kita-kira ada di 24-30 derajat celcius. hujan yang sering akan menjadikan bunga tanaman melon akan rontok karena masih lemah.

Jadi kamu harus berhati-hati betul untuk menentukan lahan yang kamu pilih yaa.

Pembibitan Tanaman Melon

Budidaya melon
pixabay

Untuk ukuran tanah 1 hektar biasanya dibutuhkan 16.000-20.000 pohon setara dengan 400-700 gram benih melon.

Sebelum ditanam, pastikan kecambakan terlebihdahulu benih melon dengan cara direndam dalam air hangat selama 5-9 jam, jika ada benih yang mengmbang maka itu adalah benih yang tidak baik untuk dijadikan bibit tanaman melon.

Setelah direndam tiriskan benih diatas kain atau kertas koran yang sudah dibasahi, lalu biarkan selama 1-2 hari hingga benih muncul kecambah, pastikan untuk selalu menjaga kelambabnya jika dilihat kain atau kertas koran kering maka perciki air secukupnya.

Selanjutnya, sediakan polybag untuk media tanam sang bakal bibit, isdengan media tanam yaitu tanah yang dicampur dengan pupuk kompos atau kandang dengan perbandingan 2:1, lalu tanamn biji melon dengan kedalam 1-2cm.

Sebaiknya tempat untuk menyimpan penyemaian tidak tepapar matahari langsung dan juga curah hujan yang lebat, sebaiknya gunakan atap plastik atau sugkup, pastikan kamu sellau mengontrol kelemban dari benih tersebut, dan pastikan sirami secara teratu tapi jangan sampai berlebih.

Persipakan Lahan

cara menanam melon

Lahan untuk budidaya melon sendiri sebaiknya digemburkan terlebih dahulu menggunakan cangkul atau bajak, 

Jika kadar pH dari tanah itu asam, sebaiknya lakukan pengkapuran yang bertujuan untuk menaikan pH supaya bisa memaximalkan budidaya tersebut.  

Jangan lupa juga menghilangkan gulma atau rumput liar yang berada di lahan karena itu akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman tersebut. 

Setelah dibajak diamkan tanah lahan selama 1 minggu lalu buatlah bedengan dengan lebar 100-110cm, tingginya 40-60 cm, dengan panjang 10-20 meter dan jarak antar bedeng 50-60 cm.

Jangan lupa pasang plastik mulsa untuk menutupi tanah, untuk melapisi tanah tidak cukup dengan 1 lembar melainkan dengan 2 lembar plastik mulsa, lalu diamkan selama 1 minggu, baru kita buat lubang untuk menanam bibit tanaman melon kira-kira kedalaman dari lubang tersebut adalah 5-10 cm.

Penanaman Tanaman Melon

budidaya buah
pixabay

Pindahkan benih tanaman melon kedalam lubang yang sudah disiapkan di bedengan, waktu yang cocok untuk menanam adalah ketika musim kemarau.

Untuk menanam jangan lupa untuk melepaskan plastik polybag, masukan benih bersama dengan media tanamnnya masukan dengan hati-hati supaya tidak merusak akar dari tanaman melon. 

Perawatan Budidaya Melon

  • Pasang Ajir

Pastinya kita menginginkan hasil yang berkualitas, salah satu trik dan tips nya supaya mendapat tanamn yang maximal adalah memasang ajir. 

Ajir adalah tongkat dari bambu yang memiliki fungsi sebagai menyangga buah supaya tidak jatuh kepermukaan tanah, dan juga supaya terjadi penetrasi sinar matahari ke seluruh bagian tanaman melon.

Pasang ajir sebelum tanamn tumbuh besar, kamu bisa memasang ajir 3 hari setelah penanaman, kenapa? Supaya tidak ada akar yang rusak akibat penancapan ajir.

Siapkan ajir sepanjang 2 meter, lalu tancapkan ajir pada lubang secara menyororng, ujung ajir yang menghadap ke bedengan manjadikan bentuknya seperti huruf x, lalu siapkan lagi 1 bilah bambu berukuran 3 meter dan letakan dengan posisi horizontal diantara silangan ajir tadi, lalu ikat dengan rafia.

  • Penyiraman

Tanaman menol sangat menyukai air, jadi sangat diperlukan untuk menyiram tanaman  ini setiap sore hingga tanaman mencapai umur 1 minggu, setelah 1 minggu kamu bisa menyiram setiap 2 hari sekali.

Tetapi  juga jangan berlebihan untuk menyiramnya, karena akan mengakibatkan banyak penyakit dan juga tanaman tidak akan tumbu lama.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan setelah tanaman memiliki umur 1 minggu, pupuk yang di berikan sebaiknya berbentuk cair, supaya langsung diserap oleh tumbuhan melon.

Kamu bisa memakai pupuk cair organik atau pupuk kimia buatan, jika kamu menggunakan pupuk kimia brikan 7 kali, namun pupuk perlu dicairkan terlebih dahulu baru disiramkan ke tanaman melon.

  • Penyerbukan

Penyerbukan dilakukan dengan tujuan akan membentuk bakal buah, untuk dimusim kemarau penyerbukan dilakukan secara alami oleh serangga, tapi ketika musim hujan kita perlu meyerbukannya sendiri sengan menggunakan penyerbukan buatan.

Penyerbukan sebaiknya dilakukan ketika pagi hari,dibawah jam 10, karena jika terlalu siang bunga akan menguncup dan juga agak layu.

Penyerbukan dilakukan pada bunga betina, utamakan bunga yang memiliki cabang 9- 13, biasanya dalam 1 pohon terdapat 3-5 calin buah, jngan semua di serbuki, kira–kira 2-3 bunga perpohon.

Hama dan Penyakit

Untuk menangani serangan hama dan penyakit kamu bisa gunaka pestisida yang sesuai takaran

Untuk budidaya melon sendiri dangat rentan dengan serangan hama dan penyakit. Hama yang biasanya menyerang adalah lalat buah, kutu daun,ulat daun, thrips dan tungau. dan penyakit yang biasa menyerang adalah buah busuk, busuk batang, mosaik dan antaknosa.

Untuk menangani serangan hama dan penyakit kamu bisa gunaka pestisida yang sesuai takaran dan juga sesuai penyakit dan hama, dan pastikan kamu sudah mempertimbangkan efek sampingnya, karena jika tidak digunakan dengan bijak bisa berefek samping merugikan.

Panen Buah Melon

gambar buah
pintrest

Biasanya buah melon yang sudah siap panen memiliki usia 3 bulan, buah melon sebaiknya dipetik ketika kematangan sudah mencapai 85% atau 3-7 hari. 

Tanda-tanda buah melon yang sudah siap panen adalah batangnya yang sudah mengering dan juga memiliki aroma yang harum.
Itulah tips untuk budidaya melon, pastikan jangan ada yang terlewat yaa,  semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *