Coba Peluang Bisnis Ini Budidaya Sawi Untuk Pemula

Coba Peluang Bisnis Ini Budidaya Sawi Untuk Pemula

Budidaya Sawi – Tentunya kamu sudah familiar dengan sayur yang satu ini, sawi tanaman yang memiliki nama latin Brassica Sinensis L ini adalah sayuran yang banyak digemari, berhubungan juga dengan marga dari sayur ini Brassica yang memiliki arti bahan pangan, atau tanaman yang baik untuk dikonsumsi.

Sayuran sawi ini dikenal memiliki gizi yang tinggi, kandungan fitonutrein yang bisa mencegah tubuh kita dari penyakit, dan jika kamu mengonsumsi sawi kamu bisa terhindar dari resiko penyakit diabetes dan juga jantung.

Itu adalah gambaran kecil dari khasiat sawi, dan karena memiliki banyak khasiat, maka tak jarang banyak orang yang mendalami cara budidaya sawi untuk dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Mau tau lebih lanjut masalah budidaya sawi? Lanjut baca yaa.

Cara Budidaya Sawi Untuk Pemula

Tentukan bibit sawi yang unggul , untuk mendapatkan hasil yang maximal.

Syarat Tanaman Sawi

sayur sawi
pixabay

Tanaman sawi akan tumbuh dengan maximal jika ditanaman diatas tanah yang gembur serta yang mengandung banyak humus dan memiliki pembuangan air yang baik. 

Tumbuhan sawi juga akan baik jika di tanaman pada tanah yang memiliki pH atau tingkat keasaman 6-7, tanaman sawi akan lebih cocok jika ditanaman di dataran tinggi, namun tidak menutup kemungkinan untuk menanam sawi di dataran rendah.

Tanaman sawi sangat menyukai air, jadi waktu yang cocok untuk menanam adalah ketika musim hujan. Jadi kamu harus memperhatikan ketika musim kemarau tiba, karena tanaman sawi tidak bisa bertahan lama ketika musim kemarau.

Tentukan Bibit Sawi yang Unggul

budidaya sawi
id.pinterest.com

Ini adalah salah satu cara yang paling penting dalam hal budidaya, karena peranan bibit sangat penting, jika kita tidak berhati hati maka akan fatal pada hasilnya.

Jika ingin memiliki hasil yang maximal, kamu harus menentukan bibit yang maximal juga

Karena bibit yang maximal akan menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Pilih bibit sawi yang berkualitas baik, kamu bisa dapatkan di toko pertanian terdekat, pastikan bungkus dari bibit tersebut tidak rusak. biasanya bibit akan dibungkus menggunkan alumunium foil dan pastikan alumunium foil tidak rusak.

Ciri-ciri dari benih yang berkualitas adalah benih berukuran kecil, memiliki warna coklat kehitaman, agak keras dan permukaannya licin mengkilap. 

Untuk menanam dilahan dengan luas 1 hektar, kira-kira dibutuh kan bibit sebanyak 750 gram atau setara dengan 2 sendok makan. Jika kamu ingin membuat benih dari tanaman sawi yang sudah kamu tanaman, bisa, dengan syarat umur dari tanaman tersebut minimal 70 hari.

Dan juga tanaman yang akan dijadikan benih harus dipisah dari tanaman sawi yang lainnya.

  • Penyemaian 

Setelah kamu menentukan bibit yang berkualitas, belum bisa biji sawi langsung ditanaman, kamu harus melewati penyemaian bibit. Dalam penyemaian kamu harus merendam benih selama 6-12 jam, setelah itu pilih benih yang tidak mengapung selama proses perendaman.

Setelah di rendam keringkan benih menggunkan tisu, lalu siapkan polybag isi dengan tanah humus yang dicampur pupuk organik dengan perbandingan 1:3.

Tabur benih yang sudah di keringkan kedalam polybag, didalam polybag kamu bisa menyebarkan kira-kira 5-10 benih saja. Dan siramlah benih sehari 2 kali secara rutin hingga daunnya muncul. Letakan polybag dari paparan sinar matahari langsung.

  • Pengolah Lahan
budaidaya sawi
id.pinterest.com

Setelah benih muncul tunas, diamkan dulu selama 10 hari, dan sambil menunggu 10 hari kamu bisa menyiapkan lahan tanamnnya.

Jika tanah yang digunakan memiliki pH rendah atau asam, kamu harus melakukan pengapuran terlebih dulu supaya menaikan tingkat keasaman, pengapuran dilakukan 2-4 minggu sebelum penanaman.

langkah pertama untuk membuat lahan adalah penggembuan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak, bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah dan sirkulasi udara dan juga menambah kesuburan tanah.

Dan jangan sampai lupa kamu juga harus menyingkirakn gulma atau rumput liar lainnya, supaya tidak berebut unsur hara didalam tanah, dan juga supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Selain dicangkul kamu juga perlu menambahakan pupuk organik kedalam tanah untuk memperbaiki kandungan didalam tanah.

Untuk pemilihan lahan untuk sawi hijau pastikan tidak ada pohon yang menghalangi sinar matahari karena sawi hijau menyukai sinar matahari.

Buatlah bedengan dengan lebar 125cm dengan panjang yang disesuaikan dengan jumlah benih sawi yang akan ditanaman, usahan bedeng memiliki tinggi 25-30 cm supaya mempermudah proses pengairan dan juga mempermudah proses perawatan tanaman sawi.

Selanjutnya buat lubang untuk tempat penanaman tanaman sawi, jarak antara 1 lubang dengan yanglain kira-kira 5-10 cm.

Mari Menanam 

Menanam sawi

Untuk cara menanam sawi cukup mudah tapi kamu harus berhati-hati supaya sawi masih bisa berkembang baik dan memiliki hasil yang berkualitas.

Pindahkan benih ke media tanam ketika tanaman sawi sudah memiliki daun kira-kira 3-4 helai, dan cabut akar sawi dengan hati-hati pastikan akar masih utuh. 

Letakan tanaman kelubang yang sudah disiapkan, lalu timbun dengan tanah lagi.

Tips Perawatan Tanaman Sawi

tips merawat
  • Penyiraman

Langkah pertama untuk memulai perawatan tanaman sawi adalah penyiraman, tanaman sawi sangat suka dengan air jadi pastikan kamu tidak membiarkan tanaman sawi supaya bisa tumbuh dengan maximal.

Siram tanaman sawi 2-3 kali sehari, ketika pagi dan sore tapi ketika musim hujan kamu tidak perlu menyiram tanaman sawi.

  • Penjarangan Tanaman Sawi

Yang di maksud dengan penjarangan adalah pencabutan tanaman sawi yang berjarak terlalu dekat, kenapa ini dilakukan? Supaya antar tanaman sawi memiliki tingkat kesuburan yang sama.

Proses penjarangan bisa dilakukan ketika tanaman sawi sudah mencapai usia 15-18 hari setelah penanaman.

  • Penyulaman

Ini adalah salah satu trik yang sangat penting karena jika tidak melewati proes ini bisa jadi tanaman sawi tidak akan memiliki hasil yang maximal.

Pertama perhatikan tanaman-tanaman sawi yang sudah ditanam, jika kamu menemukan tanaman yang yang rusak karena penyakit atau hama dan juga layu, langsung cabut.

Cabut dengan hati-hati supaya tidak merusak akar tanaman sawi yang lainnya, dan lakukan proses penyulaman sebanyak 2-4 sebelum masa tanam.

  • Penyiangan

Tidak hanya tanaman sawi yang di perhatikan, namun kamu juga harus memperhatikan gulma atau tanaman rumput, jika kamu menemukan gulma dan rumput liar langsung saja dicabut dan juga buang ketempat yang jauh supaya tidak tumbuh lagi didaerah tanaman sawi.

Lakukan penyulaman penyiangan selama 2-4 kali selama masa tanam.

  • Pemupukan

Setelah 3 minggu dari masa tanam berikan pupuk kandang atau urea. Takaran untuk urea gunakan sebanyak 2 sendok teh dan larutkan kedalam 25 liter air.

Dan siramkan diatas tanaman sawi setiap sore dan pagi.

Kenali ini

hama dan penyakit
youtube

Meskipun tanamn sawi termasuk mudah untuk perwatannya, jangan salah, banyak sekali hama yang menyerang tanaman ini seperti ulat daun, kutu, kumbang dan belalang. Untuk menghindari hama-hama tersebut kamu bisa menggunakan pestisida selama 2 miniggu sebelum panen tiba.

Tapi kamu juga harus cermat dalam panggunaan perisida, karena itu bisa berdampak ke tanaman dan juga lingkungan di sekitarnya.

Panen

panen budidaya sawi
id.pinterest.com

Masa panen biasanya akan tiba setelah 50-80 hari setelah penanaman benih

Masa panen biasanya akan tiba setelah 50-80 hari setelah penanaman benih, cara memanen sawi adalah potong pangkal batang dan mancabut hingga akar. Berikut adalah tips untuk mejnaga kesegaran sawi supaya memiliki nilai jual tinggi

Setelah di panen segeralah membawa sawi ke tempat yag teduh, lalu bersihkan sawi dari tanah-tanah yang melekat dan juga potong akarnya.

Lalu potong bagia daun yang layu, pisahkan sawi yang berkualitas dengan sawi yang kurang berkualitas, lalu letakkan sawai denga posisi berdiri dan beri sedikit percikan air supaya tetap segar.

Dan yang terkahir lakukan panen sebelum musim hujan supaya tidak mencegah proses pembusukan.

Berikut adalah tips budidaya sawi yang mudah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *