budidaya terong

Dijamin Untung! Tips Budidaya Terong Ungu Untuk Pemula

Budidaya terong ungu – Terong ungu adalah tanaman yang memiliki nama latin Solanum melongena dan termasuk dalam salah satu jenis tanaman sayuran. Tanaman ini akan tumbuh baik di iklim yang tropis yup cocok banget sama Indonesia ya.

Di Indonesia sendiri terong ungu menjadi salah satu sayuran yang digemari oleh masyarakat Indonesia, biasanya terong ungu diolah menjadi makanan yang lezat, seperti terong geprek, terong crispy, atau jenis sayur lainnya.

Terong merupakan salah satu sayuran tahunan. Tanaman ini berasal dari Sri Langka dan India, kemudian menyebar ke negara-negara yang memiliki iklim yang mirip. Dan bahkan ada yang meyakini bahwa terong berasal dari Indonesia.

Terong ungu merupakan tanaman yang memiliki buah berwarna ungu dengan bentuk lonjong dan memiliki daun yang lebar. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai sekitar 40 cm sampai 150cm.

Kira-kira bisa gak sih budidaya terong menjadi salah satu budidaya yang mendatangkan uang? Jawabannya BISA karena karena terong memiliki harga yang ekonomis dan stabil di pasaran, karena banyak peminatnya tak jarang terong menjadi kebutuhan konsumsi. Jadi tunggu apa lagi?

Terus gimana sih  cara budidaya terong yang baik dan benar? Pas banget disini kita akan membahas bagaimana budidaya terong ungu yang mudah dan juga mendapatkan hasil yang maximal.

Cara Budidaya Terong Ungu yang Mudah dan Menjanjikan

Syarat dari Terong Ungu

Budidaya terong
pixabay

Tanaman terong akan tumbuh dengan maximal ketika berada di iklim tropis, dan curah hujan yang dibutuhkan untuk tanaman terong kira-kira 85-200mm / bulan. Tanaman terong juga akan maximal ketika suhu mencapai 22-30 derjat celcius di dataran tinggi sampi 1000 mdpl.

Untuk kondisi tanah sendiri idealnya untuk budidaya terong ungu adalah tanah lempung berpasir yang kira-kira memiliki pH 6-7. Waktu yang pas untuk menanam tanaman terong adalah ketika musim kemarau, karena tanamn terong membutuhkan matahari yang cukup.

Siapkan Media Tanam

Langkah awal yang harus kamu mulai adalah menyiapkan media tanam, dalam langkah ini kamu harus lebih berhati-hati karena untuk tanaman terong ungu media tanaman adalah salah satu pemicu tumbuh optimalnya tanaman terong.

Jika ada kesalahan di media tanaman maka ada kemungkinan juga tanaman terong tidak akan tumbuh dengan baik atau bahkan tanaman akan gagal tumbuh.

Siapkan polybag atau pot yang sudah diberi lubang di bagian bawahnya, sebaiknya menggunakan polybag atau pot berukuran yang agak besar, supaya mudah untuk proses penyemaian.

Masukan tanah ayang sudah disiapkan kedalam pot, sebelumnya kamu harus pastikan bahwa tanah yang kamu gunakan adalah tanah yang gembur dan juga tanah yang  kaya dengan zat organik.

Campurkan tanah dengan sekam padi dengan takaran 1:1 pastikan merata yaa.

Menyemai Benih Terong Ungu

Gambar budidaya terong menyemai bibit terong
pintrest

Lanjut ke langkah ke 2 yaitu penyemaian, step awal untuk menyemai rendam benih terong ungu terlebih dahulu selama kira-kira 15 menit didalam karung goni. Sambil menunggu rendaman bibit kamu bisa mencampurkan tanah dengan sekam padi untuk menjadi media tanam yang sudah disiapkan tadi.

Setelah bibit sudah siap, buat lubang di dalam polybag untuk menanam benih penyemaian tadi, dalam dari lubang itu kira-kira 1 cm. Setelah itu masukan benih penyemaian tadi kedalam lubang yang sudah di siapkan tadi.

Ratakan lubang tersebut menggunakan tanah dan campuran sekam tadi, Pastikan sudh tertimbun yaa. Siram benih dengan air yang cukup secara perlahan, waktunya cocok untuk menyiram adalah ketika pagi dan sore hari.

Letakan bibit di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup, tidak kurang atau pun tidak lebih. Dan tunggu bibit tumbuh dan siap tanam kira-kira 1 bulan dari penanaman. Dan pastikan juga kamu selalu mencabut gulma yang tumbuh di sekitar bibit.

Patokan lain untuk memastikan bibit siap ditanam adalah bibit yang memiliki daun majemuk sejumlah 4-5 lembar.

Siapkan Lahan

Tips menggunakna lahan bedeng

budidaya terong badengan
gdmorganic.com

Pastikan lahan bersih dari gulma atau rumput liar lainnya, karena dua tanaman ini bisa mengganggu pertumbuhan tanaman terong, kemudian gemburkan tanah dengan cara dibajak.

Selanjutnya buatlah bedengan dengan lebar 80-140 cm dengan tingg 30-50 cm dengan panjang yang disesuaikan dengan lahan.

Setelah bedeng siap kamu bisa taburkan pupuk dolomit dengan takaran 1-2 ton/ha syarat ini digunakan jika tanah memiliki pH di bawah 5. Tunggu selama 10 hari setelah itu kamu bisa taburkan pupuk kompos atau pupuk kandang, pastikan merata yaa.

Selanjunya pasang plastik mulsa, dengan tujuan mempertahan kan kelemban tanah ketika sedang musim kemarau, mengurangi tumbuhnya gulma dan rumput liar,dan juga menjaga buah terong tetap bersih ketika jatuh. 

Buat jarak antar bedengan dengan jarak 50cm lalu buat lubang dibedengnya dengan jarak 60cm per lubang.

Tanam Menggunakan pot

Siapkan pot yang sudah berisikan pupuk dan juga tanah, lalu lubangi tanah sealam 5 cm untuk tempat meletakkan bibit terong.

Mari Menanam

Pastikan kamu memilih bibit yang benar-benar sudah siap

Tips menanam di bedengan

Bibit yang sudah berusia satu bulan sudah siap untuk ditanaman di lahan yang lebih besar, lakukan penanaman ketika sore atau pagi  hari supaya tanaman tidak kepanasan. 

Pastikan kamu memilih bibit yang benar-benar sudah siap, ciri-cirinya memiliki batang yang kokoh dan juga daunnya yang berwarna hijau segar. 

Letakankan bibit yang sudah siap kedalam lubang yang sudah dibuat tadi lepaskan polybag terlebih dahulu yaa, setelah itu timbun bibit dengan tanah sisa gaian tadi. Setelah itu segera siram bibit dengan air secukupnya supaya tanaman tidak layu.

Tips menanam di pot

Siapkan bibit sejumlah yang ingin kamu tanam, campurkan media tanam dengan pupuk kandang dan sekam padi lalu masukan kedalam pot atau polybag.

Buat lubang untuk menanam bibit tanamn terong sedalam 5cm, lalu letakan tanaman bibit terong tadi kedalamnya, pastikan kamu sudah melepas plastik polybag, setelah itu siram menggunakan air secukupnya.

Merawat Tanaman Terong

Amati tanaman dari batang sampai buah jika ada bagian yang sudah layu maka segera dibuang supaya tidak merambat ke bagian tanaman yang lain.

Setelah kamu melakuan semuanya secara benar insya allah  tanaman terong akan tumbuh dengan maximal, tetapi kamu juga perlu untuk memantau dan juga merawat tanaman terong.

  • Pastikan kamu menyiram secara teratur tanaman terong, lalukan setiap pagi dan sore.
  • Pemupukan, pemupukan dilakukan mulai dari usia 2 minggu setelah bibit ditanam, kamu bisa menggunkana pupuk Urea dengan takaran 80 kg/ ha, KCl 45 kg/ha. Tapi jika kamu ingin budidaya terong ungu organik kamu bisa menggunkaan pupuk kompos atau pupuk kandang takarannya kira-kira 0,5 kg/ tanaman.

Ulang pemupukan ketika tanaman sudah berumur 5-7 minggu setelah ditanman.

  • Amati tanaman dari batang sampai buah jika ada bagian yang sudah layu maka segera dibuang supaya tidak merambat ke bagian tanaman yang lain.
  • Cabut gulma atau rumput liar supaya tidak menjadi pengganggu atau perebut nutrisi pada tanah.
  • Pasang bambu dan ikatkan pada tanama gunanya untuk mempertahankantanamn tetap tegak, dan pastikan ketika menancapkan bambu tidak melukai akar tumbuhan terong yaa. 
  • Untuk penanagan hama dan penyakit, untuk tanman terong sama cara penanganannya sama dengan tanaman tomat, kamu bisa baca di artikel sebelumnya yaa.

Panen kuy

panen bubidaya terong

Tumbuhan terong sudah bisa dipanen kira-kira jika sudah berumur 3-4bulan setelah tanam, buah terong yang sudah siap panen memiliki ciri tidak begitu tua dan juga tidak begitu muda, kamu juga bisa memastikan dengan tingkat kekerasan buah terong.

Lakukan pemanenan ketika pagi dan sore hari, petik terong dengan tangkainya supaya terong bisa lebih tahan lama, kamu bisa memanen buah terong selama 1-2 minggu sekali. Kriteria buah terong yang sehat adalah memiliki kulit yang mengkilat dan juga padat.

Pastikan kamu tidak menyimpan lama terong karena nilai jualnya kan lebih rendah dibanding dengan terong yang segar.

Yups itu adalah cara budidaya terong, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga membantu yaa. Selamat mencoba.

Good Luck

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *