Ramuan Ajaib Para Petani Cara Membuat Pupuk Booster

Ramuan Ajaib Para Petani Cara Membuat Pupuk Booster

Cara membuat pupuk booster- Didalam dunia pertanian, pastinya kamu menginginkan tanaman yang kamu tanam memiliki kualitas yang baik, dan tentunya memiliki buah yang sangat lebat.

Namun kenyataannya banyak kendala yang akan kita temui pada saat proses penanaman atau pada proses pertumbuhan tanaman tersebut.

Seperti tanaman tidak berbuah padahal usia sudah tua,tanaman terkena hama dan penyakit, tanaman hanya berbuah sedikit dan hingga mengalami gagal panen.

Ditambah dengan harga pupuk yang tidak murah itu menjadikan kita enggan untuk membeli pupuk dengan kualitas yang tinggi.

Diartikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara membuat pupuk kandang yang bisa dilakukan dirumah, sekarang yang akan kita bahas adalah cara membuat pupuk booster yang sangat mudah.

Pupuk booster adalah salah satu jenis pupuk yang memiliki kandungan N,P,K, asam amino dan juga potasium chlorat yang biasanya digunakan sebagai bahan peledak yang digunakan pada kembang api.

Pupuk booster ini memiliki fungsi sebagai perangsang munculnya buah dan bunga serta menjadikan buah tumbuh dengan lebat.

Tentu saja dengan pupuk booster kimiawi ini jika digunakan dengan dosis yang tidak diperhatikan akan merusak lingkungan sekitar pada area lahan tanaman. 

Oleh karena itu artikel ini tidak hanya membahas cara membuat pupuk booster , tapi juga membahas tentang cara membuat pupuk booster alami yang bisa dibuat dirumah dan yang pastinya ramah lingkungan.

Kita akan mengambil sampel dari tanaman kelengkeng, karena banyak dijumpai tanaman kelengkeng mengalami kondisi yang tidak berbunga meskipun umurnya sudah lama.

Cara Membuat Pupuk Booster Kelengkeng

Cara membuat pupuk booster alami
samudrabibit.com

Pembuatan pupuk booster untuk tanaman kelengkeng dikenal cukup mudah untuk di praktekan, dari bahan-bahan yang di butuhan hingga alat-alatnya juga.

Bahan yang dibutuhkan: 

  • 3 buah telur, bisa menggunakan telur ayam kampung atau telur ayam petelur, saran dari kami gunakan telur dari ayam kampung supaya hasil lebih maksimal.
  • 1 liter cairan EM4 atau bisa juga menggunakan susu sebanyak 1 liter juga.

Cara Membuat :

  • Pecahkan telur lalu pisahkan antara kuning dan putih telur, dan gunakan kuning telur nya saja.
  • Campurkan 3 kuning telur yang sudah dipisahkan dengan 1 liter EM4 atau menggunakan 1 liter susu, pilih bahan yang mudah ditemukan saja.
  • Kocok semua bahan yang sudah di campur, pastikan sudah merata dan juga melebur.
  • Diamkan ramuan tersebut selama kurang dari 24 jam atau sehari semalam.
  • Ramuan pupuk booster sudah siap untuk digunakan.

Cara Menggunakan Pupuk Booster 

Cara membuat Pupuk Booster
rancupidfarm.com

Pupuk booster adalah salah satu pupuk yang disarankan pemerintah untuk menjadi pupuk penguat bunga dan buah, yang dimaksud penguat adalah membantu pertumbuhan dari tanaman tersebut.

Disini kami akan menjelaskan bagai mana cara menggunakan atau mengaplikasikan pupupk booster kimia dan juga pupuk booster alami.

Berikut adalah cara menggunakan atau cara mengaplikasikan pupuk booster kimia pada tanaman kelengkeng.

Akar

Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan hanya dengan menyiramkannya pada akar tanaman kelengkeng.

Dan sebaiknya sebelum menyiramkan pupuk booster kepada tanaman kelengkeng, bersihkan terlebih dahulu area disekitar tanaman tersebut, terutama bersihkan dari hama dan juga gulma yang dapat menghambat.

Lebih baiknya lakukan penggemburan terlebih dulu pada tanah tanaman kelengkeng supaya mempermudah penyerapan dan juga mempercepat sampainya pupuk booster ke akar.

Lakukan penyiraman ketika kondisi cuaca sedang panas, karena jika melakukan penyiraman ketika cuaca hujan akan mempersulit tanah dalam melakukan perpindahan.

Saat pupuk akan disiram  pada akar jauhkan terlebih dahulu tanaman dari air hujan selama 4 jam setelah penyiraman, lakukan ini kepada tanaman kelengkeng yang ditanam pada media pot atau polybag.

Batang

Cara ini agak jarang didengar karena jarang juga dilakukan oleh para petani karena agak rumit untuk mengaplikasikannya.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah lubangi batang tanaman lalu masukan pupuk booster tadi dan tutup rapat supaya memaximalkan kinerja pupuk booster. 

Daun

Pengaplikasian pupuk booster pada daun juga dikenal mudah, hanya cukup memasukan pupuk booster pada wadah spray kecil, lalu seprotkan pada daun tanaman dan semprotkan keseluruh bagian daun.

Berikut adalah cara menggunakan atau cara mengaplikasikan pupuk booster organik pada tanaman kelengkeng.

Cara menggunakan pupuk boster organik ini sangat mudah, hanya dengan mengocoknya terlebih dahulu lalu menambahkan air untuk mengencerkan pupuk booster. 

Perbandingan yang digunakan adalah 1 sendok makan pupuk booster lalu diencerkan dengan 5 liter air bersih. Dan pupuk booster langsung bisa disemprotkan pada tanaman kelengkang.

Ada beberapa tips dari kami supaya memaximalkan tumbuh buah kelengkeng, berikut adalah tips dan trik untuk memaximalkan tumbuh kembang buah kelengkeng.

  • Berikan nutrisi yang cukup

Sebelum memberikan pupuk booster, kamu perlu memberikan nutrisi yang cukup untuk tanaman kelengkeng, maksud dari pemberian nutrisi adalah supaya membantu kinerja dari pupuk booster.

Harga nutrisi untuk tanaman kelengkeng sendiri kurang lebih 450.000.

  • Lakukan saat daun sudah tua

Waktu yang pas untuk menyemprot tanaman kelengkeng adalah ketika daun sudah tua dalam artian daun tidak ada kuncup atau tunas daun.

  • Larutkan terlebih dahulu pupuk booster

Pastikan kamu sudah melarutkan pupuk booster dengan perbandingan yang sudah kami jelaskan diatas, maksud dari pengenceran pupuk booster adalah, supaya mempermudah dan juga mempercepat penyerapan.

  • Beri perawatan

Jangan melawatkan step ini karena ini juga akan mempengaruhi pertumbuhan kedepannya tanaman kelengkeng, maka rawatlah tanaman kelengkeng seperti biasanya.

Setelah seminggu dari penggunaan pupuk booster kamu cukup dengan menyiram tanaman dengan air saja.

Tidak hanya mudah membuat pupuk booster organik, tentunya juga bahan yang digunakan mudah ditemukan, namun dibalik murah dan juga mudah ada beberapa keuntungan menggunakan pupuk booster diantaranya adalah :

  • Merangsang tumbuhnya bunga dan juga buah dengan cepat
  • Membuat buah jauh lebih beraroma dan juga memiliki rasa lebih manis
  • Biji yang dihasilkan lebih mentes.

Jika kamu sudah melakukan perawatan diatas dengan benar maka pda hari ke 30-45 tanaman akan mengalami kenampakan bakal bunga dan juga tunas muda.

Namun selain itu kamu juga kan menemui beberapa masalah yang muncul jika tidak ditangani dengan baik, bunga akan kembali rontok lagi.

Untuk menghindari kerontokan tersebut berikut adalah faktor yang mempengaruhi masalah kerontokan tersebut diantaranya adalah :

  • Bunga kelengkeng rontok ketika musim hujan

Terkadang musim hujan membawa keuntungan untuk tanaman kelengkeng karena banyak tanaman akan menjadi segar dan juga berbunga lebat.

Namun tak jarang juga hujan yang berlebihan akan menyebabkan benang sari lengket, tentunya itu membawa dampak buruk untuk tanaman kelengkeng karena tidak akan terjadi pembuahan menjadikan bunga rontok.

Solusi dari masalah ini adalah kamu bisa membungkus bunga menggunakan karung atau kantung plastik supaya tidak merontokan bunga.

  • Bunga kelengkeng rontok ketika musim kemarau

Ketika musim kemarau juga menjadikan bunga rontok karena mengalami keringan, solusi dari masalah ini adalah lakukan penyiraman lebih sering untuk melembabkan tanah yang berada di sekitar tanaman kelengkeng.

  • Bunga kelengkeng rontok akibat kurang nutrisi

Nutrisi adalah salah satu faktor penting bagi segala tanaman, Oleh karena itu pastikan kita selalu menjaga kadar nutrisi yang kita berikan kepada tanaman. Dan tanaman kelengkengadalah salah satu tanaman yang sangat membutuhkan nutrisi.

  • Bunga kelengkeng rontok akibat serangan hama 

Ini adalah salah satu masalah yang paling umum untuk segala tanaman, tentunya tanaman kelengkeng yang terserang hama tidak hanya mengalami kerontokan namun juga mengalami masalah yang lainnya.

Jika perlu, gunakan pestisida alami untuk menggusir hama, namun jika tidak menemukan pestisida alami kamu juga bisa mneggunkan pestisida kimia, namun kamu harus memperhaitkan dosisnya karena jika digunakan tidak sesuai dosis akan merusak lingkungan disekitar tanaman kelengkeng.

Itu adalah cara membuat pupuk booster yang mudah dan juga irit, semoga artikel ini membantu dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *