Cara Menanam Cengkeh Untuk Para Calon Milyarder

Cara Menanam Cengkeh Untuk Para Calon Milyarder

Cara menanam cengkeh –Cengkeh adalah salah satu tanaman nusantara yang cukup terkenal, tanaman cengkeh adalah tanaman yang asli tumbuh di Indonesia lho.

Tanaman cengkeh juga menjadi salah satu tanaman rempah-rempah yang memiliki daya jual yang sangat tinggi, maka dari itu banyak petani yang sudah memulai untuk membudidayakan tanaman rempah satu ini.

Di Indonesia sendiri cengkeh banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan negeri sendiri, tapi permintaan cengkeh juga sudah sampai ke negara lain, jadi gak heran yaa, banyak petani yang memulai untuk budidaya cengkeh.

Selain memiliki daya jual yang tinggi, cengkeh juga memiliki banyak manfaat diantaranya adalah:

  • Dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Menjaga fungsi hati
  • Memperkuat tulang
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengatasi sakit gigi
  • Membunuh bakteri didalam tubuh
  • Mencegah ejukasi dini
  • Meredakan nyeri
  • Dan lainnya.

Manfaatnya yang banyak ini juga menjadi salah satu faktor mengapa harga tanaman rempah yang satu ini sangat tinggi.

Banyak para pembudidaya mengincar tanaman ini apakah kamu juga? Artikel ini akan membantu kamu untuk memulai bagaimana cara menanam cengkeh supaya cepat tumbuh dan banyak untung? Lanjut baca yaa.

Syarat Tanaman Cengkeh 

Tanaman cengkeh sangat membutuhkan pasokan air yang banyak

Sebelum kamu memulai untuk menanam cengkeh pastikan kamu paham tentang beberapa syarat tanaman cengkeh supaya tumbuh lebat dan juga cepat tumbuh 

  • Suhu udara maximal mencapai 30 derajat celcius
  • Ketinggian yang dibutuhkan tanaman cengkeh kisaran 200-500 mdpl
  • Curah hujan 1500-2500 mm/ tahun
  • Jenis tanah yang cocok adalah andosol, latosol dan podoslik merah
  • Tanah memiliki Ph 5-6,5.

Persiapkan Bibit Cengkeh

cara menanam cengkeh
websitepertaniancabai.blogspot.com

Step awal yang harus kamu perhatikan adalah mempersiapkan bibit cengkeh, tentunya kamu harus memilih bibit yang sehat dan juga unggul supaya mendapatkan hasil yang maximal juga.

Dengan menggunakan buah cengkeh dari indukan yang unggul kamu bisa mendapatkan bibit cengkeh yang berkualitas.

Kriteria buah cengkeh yang dapat dijadikan sebagai bibit adalah yang memiliki warna ungu kehitaman. Jangan lupa pastikan juga buah yang kamu pilih adalah buah cengkeh yang sudah matang dipohonnya.

Cara mendapatkan benih cengkeh dari buahnya kamu bisa melakukan beberapa step by step berikut ini :

  • Kupas kulit buah cengkeh dengan hati-hati
  • Pastikan biji dari buah cengkeh tidak lecet ataupun luka
  • Keluarkan biji dari buah cengkeh 
  • Jangan gunakan biji yang memiliki bentuk kecil ataupun bercak hitam
  • Rendam biji cengkeh dalam air bersih selama 1 hari
  • Cuci biji cengkeh hingga bersih 
  • Ulangi proses pencucian hingga biji cengkeh sudah tidak berlendir

Penyemaian Bibit

Ciri-ciri bibit cengkeh yang berkualitas adalah memiliki warna kuning muda.

Salah satu cara mempercepat tumbuhnya cengkeh adalah dengan penyemaian bibit, pastikan bibit yang kamu gunakan adalah bibit yang sehat dan juga berkualitas. Ciri-ciri bibit cengkeh yang berkualitas adalah memiliki warna kuning muda.

Siapkan polybag sebagai wadah media tanaman untuk penyemaian bibit cengkeh, gunakan tanah yang gembur dan campurkan dengan pupuk. Lalu siram media tanaman menggunakan air lalu posisikan benih menghadap keatas (bagian runcing) lalu tutup lagi menggunakan tanah.

Benih akan tumbuh kurang lebih 3 minggu setelah penanaman, pastikan kamu selalu mengontrol kelembaban tanah dengan cara menyiram 1-2 hari sekali, hati-hati dalam menyiram karena bisa merusak posisi benih.

Letakan bibit yang sudah semai ditempat yang terkena sinar matahari supaya memaximalkan pertumbuhan dari tanaman cengkeh.

Persiapan lahan

Pastikan kamu memilih lahan yang terbuka dan juga terkena sinar matahari secara langsung

Untuk mendapatkan cengkeh dengan kualitas yang bagus tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah pengolahan lahan yang baik.

Pastikan kamu memilih lahan yang terbuka dan juga terkena sinar matahari secara langsung, setelah itu bersihkan lahan dari gulma atau tanaman liar yang dapat menghambat pertumbuhan dari tanaman cengkeh.

Jangan lupa gemburkan tanah supaya mempermudah penanaman dan juga menjadikan cengkeh lebih berkualitas dan juga tumbuh jauh lebih cepat.

Buatlah lubang sedalam 75 cm dengan lebar 50 cm, lalu masukan pupuk kandang ke dalam lubang dan timbun menggunakan tanah, diamkan selama 1 bulan supaya pupuk meresap kedalam tanah dan membuat tanah menjadi subur.

Pemindahan Bibit Cengkeh

Hati-hati dalam pemindahan jangan sampai merusak akar karna dapat menganggu pertumbuhan tanaman cengkeh

Lakukan pemindahan bibit cengkeh ke lahan yang sudah disiapkan, Bibit cengkeh yang memiliki usia 2 tahun sudah bisa dipindah kelahan yang lebih luas.

Pastikan kamu memindah bibit yang kondisinya baik yaitu dengan  kondisi batang yang lurus, sebelum ditanaman, robek terlebih dahulu polybag, hati-hati untuk merobek polybag jangan sampai ada akar yang menyangkut.

Ambil bibit cengkeh hingga akarnya pastikan kamu tidak melukai atau merusak akarnya. Bersihkan dari tanah-tanah yang masih menempel lalu masukan bibit kedalam lubang yang sudah dibuat dengan kedalaman 70 cm dan lebar 50cm.

Tutup dengan tanah lalu padatkan, jika perlu buatlah ajir untuk menopang tanaman cengkeh supaya tidak tubuh, posisikan kayu miring dan pastikan tidak melukai akar.

Perawatan Tanaman Cengkeh

 Perawatan tanaman cengkeh

Penyiraman

Lakukan penyiraman terutama ketika tanaman cengkeh masing muda, karena tanaman cengkeh akan mau jika kekurangan pemasokan air, maka dari itu pastikan kamu selalu mengontrol lahan tanaman cengkeh supaya selalu dalam kondisi lembab.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan guna merangsang pertumbuhan pohon cengkeh supaya lebih cepat tumbuh dan merangsang tumbuhnya bunga yang melimpah. Berikan pupuk dengan jangka waktu 6 bulan sekali. 

Jenis pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik ataupun pupuk kimia bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari tanaman cengkeh.

Penyerangan Hama dan Penyakit

Tanaman ini sangat sesitif terhadap hama, hama yang bisa menyerang tanaman cengkeh akan menyerang akar, daun, pucuk,dan lainnya, sedangkan penyakit yang bisanya menghinggap di tanaman ini adalah Die back (Ranting mati).

Untuk menghindari serangan tersebut kamu bisa menggunakan fungisida alami atau insektisida alami, bisa juga menggunakan fungisida atau insektisida kimia.

Penyulaman

Penyulaman adalah mengganti tanaman cengkeh yang mati atau yang mengalami kerusakan dengan bibit yang unggul.

Ganti tanaman yang mati atau rusak dengan bibit yang suumuran supaya tumbuhnya merata dengan tanaman cengkeh yang lainnya. Lakukan penyulaman ketika musim hujan supaya tanaman mendapatkan pemasokan air melimpah.

Penggemburan Tanah Kembali

Lakukan penggemburan tanah minimal 6 bulan sekali guna memaximalkan pertumbuhan tanaman cengkeh, bisa juga bebarengan dengan penyiangan yaitu membersihkan gulma yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman cengkeh.

Panen

Panen tanaman cengkeh
pixabay

Tanamn cengkeh sudah bisa dipanen ketika berumur 5-8 tahun, meskipun menunggu sangat lama tapi jangan khawatir karena dalam sekali panen kamu akan mendapatkan  cengkeh dengan kualitas yang tinggi.

Cara memanen cengkeh adalah dengan memetik cengkeh dengan tangan supaya tidak merusak tangkai dan juga batangnya, lalu masukan kedalam kantong yang kamu bawa, karena puhon cengkeh sangatlah tinggi maka kamu perlu menggunakan tangga untuk memanennya.

Biasanya dalam 1 pohon bisa menghasilkan 3-5 kg cengkeh, dan 1 tanaman cengkeh bisa dipanen 3-6 kali masa panen. Gunakan jarak memanen sekitar 5-7 hari, dan lakukan pemanenan dengan waktu yang pas supaya mendapatkan hasil yang maximal.

Ini adalah cara menanam cengkeh untuk para calon milyarder, semoga membantu dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *