Cara Menanam Jeruk Supaya Tumbuh Cepat dan Lebat

Cara Menanam Jeruk Supaya Tumbuh Cepat dan Lebat

Cara menanam jeruk supaya tumbuh cepat dan lebat –Pada umumnya banyak orang yang menyukai buah yang satu ini karena buah ini memiliki cita rasa yang segar dan juga manis.

Selain itu buah jeruk juga bisa dijadikan sebagai salah satu faktor pendukung meningkatnya selera makan. berikut adalah manfaat yang dimiliki buah jeruk yang akan membuatmu jatuh cinta terhadap buah ini

Manfaat Buah Jeruk

Manfaat buah jeruk
Pixabay
  • Memperlancar Pencernaan 

Sumber serat yang dimiliki buah jeruk menjadikan jeruk bagus untuk memperlancar proses pencernaan. Selain memperlancar jeruk juga memperbaiki sistem pencernaan dalam usus besar.

  • Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Selain sumber serat jeruk juga kaya akan kandungan magnesium yang dapat mengolah tekanan darah tinggi.

  • Mencegah Kanker 

Kandungan vitamin C yang banyak juga memiliki peranan penting untuk mencegah timbulnya kanker pada tubuh.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Antioksida yang dimiliki buah jeruk ini juga dapat mencegah penyakit jantung dan juga membantu melawan radikal bebas serta mencegah oksidasi kolesterol.

  • Mengurangi Radang Sendi dan Otot Kaku

Jika kamu sedang mengalami patah tulang atau sedang menjalani fisioterapi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah jeruk. Karena buah ini dapat mengurangi ketegangan otot.

  • Terhindar dari Infeksi

Kadar polyhenol yang terdapat dalam jeruk dapat melawan virus penyebab infeksi.

Banyak bukan manfaat yang disuguhkan buah jeruk, maka tak jarang juga yang sudah memulai untuk menanam jeruk. Disini kita akan membahas bagaimana cara menanam buah jeruk supaya cepat tumbuh dan juga lebat.

Kita akan mengupasnya satu-persatu jadi lanjut baca yaa.

Rahasia Dibalik Tanaman Jeruk

Gambar buah jeruk
pixabay

Pada kali ini kita akan membahas cara menanam jeruk dengan media pot, mungkin sering kamu dengan tanaman bonsai, bisa dibilang tanaman jeruk ini termasuk dalam jenis tanaman bonsai.

Atau nama lainnya adalah tanaman tabulampot, tanaman tabulampot adalah tanaman yang sering dibudidayakan di rumah, karena tidak perlu memiliki banyak lahan untuk memeliharanya

Ada banyak jenis jeruk namun yang paling sering dijadikan tanaman tabulampot adalah jeruk manis, pada umumnya jeruk jenis ini mengalami masa panen 1 kali dalam 1 tahun.

Ciri dari jeruk jenis ini adalah memiliki bentuk yang bulat dan agak lonjong, dan buah jeruk jenis ini memiliki warna kuning agak kehijauan atau kuning kemerahan.

Yup benar jeruk ini adalah jeruk Sunkist, jeruk jenis ini sangat memiliki banyak penggemar, rasanya yang manis adalah alasan yang paling membuat orang jatuh cinta.

Jeruk ini berasal dari California, Arizona, namun sekarang sudah banyak tumbuh di Indonesia, lebih tepatnya di daerah Sumatra Utara.

Jeruk Sunkist dikenal memiliki kemampuan beradabtasi yang cukup tinggi terutama di iklim Indonesia selain itu jeruk sunkist juga dikenal mudah berubah dan uga tingkat produktifitasnya yang tinggi karena buah ini dapat berbuah sepanjang tahun.

Maka dari itu banyak para petani yang menjadikan ini sebagai ladang usaha, di indonesia sendiri sudah banyak para petani yang mendadak menjadi miliyarder karena membudidayakan tanaman jeruk ini, apakah kamu juga ?

Artikel ini akan membantu kamu dalam hal cara menanam atau budidaya jeruk sunkist, ikuti step by stepnya, supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspetasi.

Cara Menanam Jeruk Sunkist Supaya Cepat Tumbuh dan Lebat

Cara menanam buah jeruk
pixabay

Syarat dari Jeruk Sunkist

  • Tanaman jeruk sunkist akan tumbuh maximal pada dataran rendah yang memiliki ketinggian kira-kira 300-900 mdpl.
  • Jenis tanah  yang disukai tanaman jeruk adalah tanah Lempung berpasir, tanah Andosol, Lantosol dengan pH 5,5-5,6.
  • Dengan  temperatur 20-30 celcius

Untuk pengembangbiakan tanaman jeruk bisa dilakukan dalam dua jenis yang pertama menggunakan generatif atau vegetatif.

Pengembang biakan generatif adalah pengembangbiakan menggunakan biji, sedangkan vegetatif menggunakan cangkok batang atau stek.

Pada artikel ini kita akan membahas cara menanam buah jeruk sunkist menggunakan biji, berikut adalah step by step.

Persiapkan Bibit 

Ambil bibit yang akan digunakan dari indukan buah jeruk yang manis supaya memiliki hasil yang manis pula, dan juga perhatikan kamu memilih buah yang sehat dan juga tidak terserang penyakit karena itu akan berdampak dengan hasilnya.

Tahapan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan biji yang sesuai:

  • Ambil buah jeruk yang matang dan juga sehat, pastikan biji dalam keadaan baik tidak pecah atau pun cacat.
  • Ambil biji lalu jemur dibawah sinar matahari langsung, tujuan step ini adalah menghilangkan lendir yang masih menempel pada biji buah jeruk.
  • Lakukan proses penjemuran selama 2-3 hari

Pengolahan Lahan

Bersihkan lahan yang akan digunakan dari semak-semak dan juga gulma, karena itu akan menjadikan tanaman jeruk tidak tumbuh secara optimal. 

  • Setelah lahan siap, gemburkan tanah dengan cara dicangkul, dan ayak tanah hingga menjadi butir-butiran kecil, pastikan juga tanah dalam keadaan kering tidak basah supaya tidak menggumpal.
  • Siapkan pupuk kompos yang sudah matang, lalu ayak pupuk hingga menjadi butiran juga.
  • Siapkan juga pasir atau arang sekam.
  • Buatlah lubang sebesar 70x70x70.
  • Diamkan tanah selama 2 minggu supaya hama dan penyakit mati karena paparan sinar matahari.
  • Masukan tanah lalu campurkan dengan pupuk kandang.

Penanaman Jeruk sunkist

Ada 2 cara untuk penanaman jeruk sunkist, yang pertaman menggunakan ladang dan yang ke dua menggunakan media tanam pot. 

Berikut adalah penanaman menggunakan media tanam pot : 

  • Buatlah lubang dengan ukuran kedalaman 5 cm di dalam pot yang sudah diisikan media tanam.
  • Masukan maximal 2 biji kedalam lubang tersebut.
  • Tutup lubang tanaman menggunakan tanah yang ada.
  • Lalu siram menggunakan air secukupnya.

Dalam beberapa hari biji jeruk akan tumbuh 4-5 helai daun, itu adalah tanda bahwa bibit jeruk sudah siap dipindahkan ketempat lain. Degan isian 1 pot 1 tanaman.

Selanjutnya adalah cara menanam dengan di area ladang :

  • Lepaskan plastik polybag pada bibit jeruk sunkist, pastikan kamu melepaskan dengan pelan-pelan supaya tidak merusak struktur akar dan juga tidak merusak media tanam.
  • Buatlah lubang dengan ukuran media tanaman bibit.
  • Masukan bibit kedalam luang yang sudah disiapkan.
  • Urug tanah galian hingga membentuk gundukan.
  • Lakukan penyiraman pada tanaman yang baru di tanaman dengan air yang cukup dengan tanda basahnya media tanam di sekitar tanaman.

Perawatan dan pemeliharaan.

Pemeliharaan tanaman jerukjeruk
pixabay

Tentunya tidak hanya berhenti disitu, kita juga perlu melakukan perawatan atau pemeliharaan.

Pencahayaan dan Penyinaran

Untuk tanaman dengan menggunakan sistem tanaman tabulampot, tanaman tersebut sangat membutuhkan sinar yang cukup, paling tidak dalam satu hari membutuhkan waktu 5 jam untuk meletakan tanaman tersebut dibawah sinar matahari langsung.

Penyiraman dan Pemupukan

Tahap ini juga penting untuk tanaman supaya tumbuh subur dan lebih cepat berbuah. Lakukan penyiraman 2 kali dalam 1 hari, waktu yang cocok untuk melakukan penyiraman adalah pagi dan sore.

Dan untuk pupuk kami sarankan menggunakan pupuk NPK secara rutin dengan jangka waktu 4 bulan sekali, dengan dosis 25 gram untuk 1 tanaman tabulapmpot jeruk. Dan tambahkan dosis 2 kali lipat ketika umur tanaman semakin tua.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan untuk mempercantik bentuk tanaman, selain itu tujuan dari pemangkasan tanaman adalah menghindari tanaman saling bertubrukan.

Dan juga lakukan pemangkasan jika kamu menemukan ranting yang terkena hama atau penyakit, dengan tujuan supaya tidak menyebarkan hama dan penyakit tersebut ke bagian tanaman lainnya.

Yup ini adalah step by step cara menanam jeruk dengan menggunakna biji, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *