Tips Merangkai Bunga Untuk Pemula, Gampang Banget


Mungkin banyak yang mengira kalo merangkai bunga itu butuh keahlian khusus, padahal cara nya gampang banget kalo kamu tau cara-cara nya.

Disini kita akan ngebahas gimana si cara merangkai bunga biar bagus? dan juga gak ketinggalan tips-tips yang bakal buat kamu jago.


Tentukan Konsep Rangkaian Bunga

Pexels

Yang di maksud konsep adalah untuk apa “Rangkaian Bunga” tersebut, contohnya untuk mempercantik ruangan, untuk di jual atau yang lain nya.

Kenapa harus menentukan konsep? karena akan beda hasil nya jika kita tidak tau apa tujuan kita membuat rangkaian bunga tersebut.

Kenali dan Pilih Jenis Bunga

Pexels

Ada banyak sekali jenis-jenis bunga, contoh nya seperti bunga mawar,bunga matahari,bunga anggrek, bunga dahlia, bunga garbera, bunga krisan, dan lain-lain.

Dan setiap bunga pasti punya warna yang beda-beda dong, jangan lupa juga kita harus faham simbol warna-warna nya.

Mawar merah melambangkan cinta yang tulus, mawar putih melambangkan kesucian,ketenangan dan kedamainan, mawar kuning melambangkan persahabat,kebahagiaan, dan keceriaan.

Dan juga bunga-bunga yang lain.


Pilih Bunga Sesuai Tujuan (Konsep)

Pexels

Step ini gak kalah penting juga, karena beda konsep beda juga bunga yang bakal di pake.

Seperti konsep bunga untuk menambah kecantikan suatu ruangan. Dari sini kita harus cari nih bunga yang gimana ya? gak mungkin kan kita pake bunga kamboja? yang buat orang meninggal? :v.

Contoh bunga nya itu bunga peoni, bunga lili, bunga hydrangea, bunga bakung, dan lainnya.

Untuk konsep bucket bunga, bunga yang biasa di pakai adalah, bunga mawar, bunga krisan, bunga anggrek, bunga lili, dan lain nya.

Kombinasikan Warna Bunga

Pexels

Tahap selajutnya adalah mengkombinasikan warna bunga, pilih jumlah ganjil tapi jangan melebihi tujuh tangkai bunga.

Pilih warna yang soft dan yang mencolok, perbandingan nya 2:1, 3:2, 4:3, warna soft lebih banyak dari pada warna yang mencolok.


Pilih Vas atau Kertas Warpping

Pexels

Tetep inget yaa, pilih vas bunga dan juga kertas warpping harus sesuai dengan tujuan atau konsep yang kita pilih.

Kesan apa sih yang bakal kita kasih untuk para penikmat rangkaian bunga kita. Kalo untuk kertas kita bisa main warna dan tekstur dari kertas itu.

Jangan sampe kita pakai warna yang lebih mencolok dari bunga yang sudah kita pilih.

Untuk saran kertas warpping bisa gunakan tissue paper, wax paper, kertas kado sidu tebal, samsom kraft  90 gsm.


Potong Tangkai Bunga

https://www.google.com/

Selanjutnya, jangan lupa untuk memotong tangkai bunga sesuai tinggi vas atau sama rata antara satu batang bunga dengan yang lainnya.

Jangan sampai kita melakukan kesalahan seperti memotong bunga terlalu pendek, untuk ukurannya bebas, asalkan tidak terlalu tinggi atau pun terlalu pendek dari vas bunga itu sendiri.

Cara mudah untuk mengukurnya adalah sejajarkan tangkai bunga dengan vas bunga itu sendiri. Dan juga kita harus memotong tangkai bunga dengan posisi diagonal bukan lurus, supaya maximal daya serap dari bunga itu. Oke?


Penataan Bunga 

https://www.google.com/

Bunga yang sudah di potong tangkainya selanjutnya sudah bisa di rangkai nih,  dalam hal merangkai kita harus lebih teliti.

Banyak kesalah yang sering di temukan ketika kita sedang merangkai bunga, seperti terlalu longgar dalam merangkai, tidak rapih, dan lain nya.

Akan lebih mudah merangkai kalo bunga yang berukuran paling besar berada di tengah. Dan bunga yang lebih kecil berda di sekitar nya.

Tips supaya rapi dan tertata, bisa kita gunakan kawat untuk mengikat tangkai. Bisa juga menggunakan busa, supaya bisa terlihat tegak di dalam vas.

Untuk bucket bisa juga mengigat dengan solasi, pita ataupun karet. Supaya terlihat rapi dan juga tertata.

Tambahkan Aksesoris 

https://www.google.com/

Memang tidak wajib untuk hal ini, tapi jauh lebih bagus dan lebih indah dilihat mata. Seperti, daun-daun buatan, pita, daun pakis, baby’s breath, dan lainnya.

Dan menambahnkn aksesoris bisa menambah nilai jual dan juga nilai estetika dari tanam tersebut.

Segarkan Dengan Air

Ini adalah step paling penting diantara yang lain, dan tidak jarang juga banyak para perangkai bunga yang lupa untuk menyegarkan tanaman dengan air.

Maksud nya menyegarkan adalah mengganti air dan juga merendam bunga setelah kita potong.

 Hindari Ini!

Dalam tahapan merangkai bunga sudah selesai. Tapi apakah kamu yakin, bunga kamu indah di pandang? pastikan kamu tidak melakukan in di setiap step tadi ya.

Terlalu banyak menggunakan jenis bunga dan juga jumlah bunga, bisa di bayangkan bahwa rangkian bunga kita adalah lukisan, pasti bingung melihat banyak perpaduan warna dalam satu vas ataupun bucket bunga.

Dan fungsi aksesoris bisa menggantikan posisi banyaknya jenis bunga yang kita pakai.

Melupakan air, seperti yang udah aku singgung tadi, tidak sedikit para pesangkai bunga lupa akan hal ini. Sebaiknya segera kita rendam bunga yang sudah kita beli, dan rendam lagi setelah kita dekor.

Dan juga jangan pernah lupa mengganti air bunga setiap hari. Gunakan juga perasan air jeruk nipis, gula, dan cuka, supaya bunga terhindar dari bakteri.

Kesalahan dalam memotong batang, untuk memotong jangan horizontal, tapi dengan diagonal, bisa juga kamu membelah tangkai bunga menjadi dua supaya lebih maximal penyerapan dari bunga itu sendiri.

Jangan lupa juga untuk memotong tangkai bunga secara berkala setiap hari, untuk maximalkan pula penyerapan bunga.

Lupa membuang daun, kenapa ini harus diakukan? karena dari daun-dauin ini bisa menimbulkan bakteri juga, yang bisa menghambat air di serap ke batang.

Pastikan ketika merangkai bunga sudah di buang ya daunnya.

Menata bunga yang terlalu longgar, ini juga bisa mengubah pandangan yang tadinya indah menjadi tidak enak di lihat. Tapi terlalu longgar juga gak enak di pandang.

Nah kita bisa gunakan daun-daun atau aksesoris lain nya untuk menambahkan kesan penuh.

Membiarkan bunga terkena sinar matahari langsung. Ini juga kesalahan yang sangat fatal. Dan bisa merusak bunga itu sendiri.

Dan jangan juga lakukan hal yang serupa seperti meletakkan bunga dengan benda yang bisa menghantarkan panas, kompor, oven, microwave, dan lainnya.

Jangan pula meletakan bunga di dekat pendingin ruangan, itu hanya akan membuat bunga menjadi kering.

Dan simpan bunga di suhu ruangan, upaya tidak cepat layu dan kering.

Jauhkan bunga dari buah-buahan, karena buah mengeluarkan gas etilen yang bisa mempercepat pembusukan bunga.

Menyemprot bagian daun dan batang, ada bagian batang atau daun yang kering? jangan di sepmrot melainkan di potong, karena dari batang atau daun yang kering itu akan memperbaiki kondisi bunga itu.

Dan supaya bunga lebih awet kamu bisa gunakan ramuan ini

seperti yang udah akus isnggung tadi, gak cukup hanya air yang membuat bunga segar, tapi juga ada ramuan nya, seperti cuka, air jeruk, gula, campurkan bahan-bahan itu dengan air hangat. 

Kalo gak mau ribet, kamu bisa beli pengawet bunga.

Biar Tambah Cantik

https://www.google.com/

Selain menggunakan air kamu juga bisa mengganti air dengan hidrogel. Selain untuk menyimpan cadangan air, hidrogel ini juga memberi nutrisi pada tanaman sehingga bisa membuat lebih awet rangkaian bunga kita.

Mudah bukan? merangkai bunga juga bisa menjadi sumber penghasilan lho, yuk mari belajar dari hal-hal yang simple di sekitar kita :). 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *