Cerita Rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung [Terlengkap]

Cerita Rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung [Terlengkap]

Cerita Rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung- Halo teman-teman semua, kembali lagi yaa di Cerita Rakyat Jawa Barat di Salmanafisa.com, kemarin kita udah bahas tentang cerita Sangkuriang dan Telaga Warna yaa gimana seru bukan?.

Sekarang Salmanafisa.com juga mau bahas cerita rakyat yang gak kalah seru danmenyenangkan lho, yaitu Lutung Kasarung,

Pada zaman dahulu, ada sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Pasir Batang, kerajaan ini di pimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Tapa Agung. Prabu memiliki 2 anak perempuan yang memiliki nama Purbararang dan Purbasari.

Putri Purbasari Menggantikan Ayahnya 

Lutung KAsarung
Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Karena usia sang raja yang sudah tua, dia menyerahkan kepemimpinan kepada salah satu putrinya yaitu Putri Purbasari. Purbasari adalah putrinya yang ke 2 dari 2 saudara, tentunya membuat putri Purbararang sebagai anak pertama merasa iri dan dengki atas keputusan sang ayah.

Sejatinya, penyerahan tahta diberikan kepada anak sulung, namun prabu lebih memilih memberikan tahtanya kepada putri Purbasari, karena dia memiliki sifat yang ramah, baik, bijaksana,sopan dan juga santun.

Rencana Jahat Putri Purbararang

Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Dengan penuh rasa iri dan dengki, Putri Purbararang dengan tunangannya Raden Intrajaya  merencanakan sesuatu untuk merebut tahta Putri Purbasari. 

Mereka pun menemui dukun sakti yang ada di daerahnya bernama Nyi Ronde, Purbararang dan tunangannya pun menyampaikan maksud dan juga tujuannya datang ke Nyi Ronde. 

“Masukan ramuan ini kepada minuman Purbasari, maka dia akan mendapatkan penyakit aneh, cobalah tuan Putri.” Kata Nyi Ronde

“Terimakasih nek, terima lah ini sebagai upah ramuan yang telah kau berikan ada ku” Kata Purbararang sambil memberikan segengam emas.

Purbasari Terkena Kutukan

Pertengkaran Perbasari dan Purbararang
Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Purbararang dan Raden Intrajaya kembali ke istana untuk mempersiapkan ramuan. Sampainya di istana purbararang mencampurkan ramuan diminuman Purbasari dan memberikannya kepada Purbasari.

Purbararang pun segera menemuai Purbasari yang ada di taman “Adik ku, ini kubuatkan minuman yang menyegarkan untuk sang ratu” Kata Purbararang, “Ah kakak bisa saja, wah terimakasih kakak” Kata Purbasari.

Purbasari pun meminumnya sembari berkata “Wah segar sekali” tak lama setelah ia meminum minuman yang berisikan ramuan, timbul bercak hitam yang sangat banyak di tubuh Purasari.

“Ada apa ini dengan tubuhku?” Teriak Purbasari ke’bingungan, lalu Purbararang berlari menuju istana seraya berkata pada ayahnya “Ayah, lihat ini adalah akibat dari melanggar tradisi yang telah ada, harusnya penurunan tahta itu untuk aku, bukan untuk Purbasari, lihat ini adalah kutukan, ayah mau menanggung resiko kerajaan ini akan terkutuk gara-gara dia?”.

Diasingkannya Purbasari Kedalam Hutan

Diusirnya Purbasar dari istana
Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Terhasut oleh perkataan Purbararang, raja pun menyerahkan tahta kepada Purbararang dan mengasingkan Purbasari kedalam hutan dengan tujuan supaya kerajaan tidak tertular kutukan.

Sementara itu Purbsari diantar oleh Patih Uak Bartara kedalam hutan dengan maksud menghindari kutukan.

Didalam hutan sang Patih sudah mempersiapkan sebuha pondok yang akan menjadi tempat tinggal Purbasari selama di asingkan. “Tenang lah Purbasari, tabah dan lapangkanlah hati mu, cobaan ini pasti akan segera berlalu, aku akan selalu mengirimkan makanan untuk mu” Kata patih kepada Purbasari, “Terimakasih paman, aku merasa menjadi lebih tenang” Jawab Purbasari.

Munculnya Lutung Kasarung

Teman Purbasari
Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Untuk menghilangkan rasa sedih dan jenuhnya, Purbasari bermain bersama hewan-hewan yang ada di dalam hutan, hingga suatu saat sepasang mata sedang melihat kearah Purbasari.

Purbasari merasa takut dan pada akhirnya sepasang mata itu muncul dari balik semak-semak, rupanya itu adalah seekor kera berekor panjang atau lutung “Monyet tolong jangan serang aku” Kata putri Purbasari gemetar, “Jangan takut tuan putri aku tak akan mengganggumu” Jawab lutung.

Purbasari pun tersentak kaget karena mendengar bahwa seekor lutung dapat berbicara, “Aku sebenarnya adalah guru minda, putra Sunan Ambu dari khayangan, karena aku membuat kesalahan, aku diturun kan ke bumi dengan bentuk seperti ini dan tersesat didaam hutan ini” jelas panjang lebar si Lutung untuk meyakinkan Purbasari.

Setelah mendengar cerita dari Lutung, Purbasari merasa bahwa mereka senasip dan mereka pun berteman, Purbasari memberi nama panggilan kepada Guru Minda adalah Lutung Kasarung yang berarti lutung yang kesasar.

Lutung sering sekali membantu Purbasari untuk mendapatkan buah-buahan di hutan seperti pisang, apel, mangga dan yang lainnya.

Sembuh Dari Penyakit Kutukan

Sembuhnya Purbasari
Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Hingga tiba lah suatu malam purnama, terlihat lutung sedang berdoa ternyata ia sedang meminta kepada yang kuasa untuk menyembuhkan Purbasari dari kutukan yang membuatnya terusir dari istana.

Ternyata doa lutung dikabulkan tak lama dari situ, munculah air yang menggenang, air yang segar, harung dan juga jernih. Air tersebut mengalir sangat deras dan menjadikan tanah itu telaga.

Keesokan harinya di pagi yang cerah, lutung mengajak Purbasari melihat telaga tersebut, “Wah indah sekali telaga ini” Kata Purbasari sambil menakjubi telgaa tersebut. “Mencebur dan mandilah di telaga ini, niscaya penyakit putri akan sembuh selamanya” Jelas Lutung.

Purbasari pun menuruti perkataan Lutung, dengan segera dia menceburkan diri kedalam Purbasari. Perlahan demi perlahan bercak hitam di tubuh Purbasari pun mulai hilang, “Wah tubuhku sudah mulai bersih, terimakasih lutung berkat mu aku menjadi seperti semula.”   

Parih Uak Batara Kaget Melihat Purbasari

Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Suatu hari Patih Uak Batara hendak menghantarkan makanan untuk Purbasari, setelah sampainya di pondok Patih di kagetkan dengan penampakan Purbasari “ Hah, putri anda sudah sembuh? Penyakit itu sudah hilang?” Tanya Patih keheranan. “Iya paman, ini semua berkat si Lutung” “Syukurlah berarti tuan putri bisa kembali lagi ke istana” Kata Patih.

Purbasari merasa ragu dan bimbang karena dia sudah terlanjur seang berada di hutan bersama teman-temannya “ Emm maaf paman, Sepertinya aku harus menolah tawaran paman, aku sudah senang berada di sini aku merasa nyaman berada disini.” Jawab Purbasari.

Patih pun kebingunan mendengar jawaban Purbasari “ Tapi putri raja pati akan merindukan anda, mohon pertimbangkan lagi” “Emm baiklah, tapi dengan satu syarat, Lutung Kasarung harus ikut dengan ku ke istana” “Tentu saja tuan putri” Timpal Patih.

Akhirnya Purbasari, Lutung Kasarung dan Patih pun kembali ke istana.

Purbasari Kembali Ke Istana

KEistana bersama lutung kasarung
Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Betapa terkejutnya Purbararang melihat adiknya kembali dengan keadaan sembuh dari kutukan, “Kau mungkin sudah sembuh adik ku, tapi tak semudah itu untuk masuk kembali ke istana ku, aku memiliki2 syarat untuk menguji siapa yang paling baik diantara kita” Jelas Purbararang. 

“Syarat yang pertama kita lihat rambut siapa yang paling panjang” Lanjut Purbararang, Purbasari pun terlihat sangat was-was karena sudah dipastikan bahwa rambut Purbararang lah yang paling panjang.

Benar saja, rambut Purbararang jauh lebih panjang dibanding Purbasari, lutung yang menyadari kekalahan Purbasari berdoa kepada sang kuasa untuk memanjangkan rambut Purbasari, seketika rambut Purbasari tumbuh lebih panjang. melebihi rambut Purbararang.

“Kau boleh saja memnangkan pertarungan pertama ini, namun yang kali ini jangan berharap kamu bisa menang dari aku, yang menang akan menjadi ratu dan yang kalah harus pergi dari istana ini” Ancam Purbararang.

“Syarat kedua, adu ketampanan dan kegagahan pasangan” Lanjut Purbararang. Sontak kaget mendengar ucapan Purbararang, Purbasari pun kebingungan karena dia tidak punya tunanagan dan juga Raden Indra Jaya dikenal sebagai orang yang tampan dan juga gagah sudah mulai percaya diri bahwa dia akan menang.

Tanpa ragu-ragu Purbasari pun menunjuk Lutung Kasarung menjadi pasangannya, sontak Purbararang dan Raden Intra Jaya tertawa terbahak-bahak  melihat pasangan pasangan Purbasari yaitu Lutung Kasarung.

“Hahahaha pasangannya Lutung” Ejek Purbararang terhadap Purbasari, merasa diremehkan, Lutung Kasarung berdoa kembali untuk meminta di kembalikan ke wujudnya yang semula.

Ketampanan Lutung Kasarung

Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Ajaib, Lutung Kasarung kembali ke wujud aslinya, dia memiiki wajah yang tampan dan juga badan yang gagah, semua orang kaget melihat ketampanan Lutung Kasarung, “Oh tidak, ini artinya aku harus pergi dari istana ini” Kata Purbararang.

Dengan lembut Purbasari mengatakan “Tidak perlu kak, kamu bisa tinggal disini bersama ku” Mendengar perkataan Purbasari, Purbararang pun meminta maaf setulus-tulunya karena telah jahat kepadanya.

Purbasari Menjadi Ratu Istana

Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Putri Purbasari pun dinobatkan kembali menjadi ratu kerajaan dan menikah dengan Lutung Kasarung atau Guru Mindai mereka juga mengajak teman-temannya yang ada dihutan untuk hidup di istana, akhirnya kerajaan pun hidup dengan sejahtera.

Amanat Dari Kisah Lutung Kasarung.

Jangan pernah kita membalas perbuatan buruk dengan berbuatan buruk pula karena itu akan menimbulkan masalah besar dan maafkan lah kesalahan orang lain karena itu adalah sifat terpuji dan juga pertanda kamu memiliki jiwa yang besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *