Gunakan Ini Untuk Tanaman Mu Fungisida Alami Mudah Untuk Pemula

Gunakan Ini Untuk Tanaman Mu Fungisida Alami Mudah Untuk Pemula

Fungisida alami – Seperti yang kita tau, di masa ini sangat banyak orang yang menjadikan pertanian adalah salah satu lahan bisnis yang menjanjikan, dan seiring dengan berjalannya waktu banyak inovasi yang sudah berkembang didalam bidang pertanian.

Contohnya seperti adanya alat pemanen otomatis, alat penanam otomatis, alat bacak sawah dan lainnya. Identik dengan pertanian pasti juga sering dijumpai beberapa masalah, yang sering ditemukan adalah masalah hama dan juga penyakit.

Tidak mau kalah, dari segi pemeliharaan juga mengeluarkan inovasi baru yang bernama fungisida, fungisida adalah pestisida yang yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan semua penyebab timbulnya penyakit pada tanaman.

Pastinya untuk para petani sudah tidak asing dengan fungisida ini karena fungisida sangat di butuhkan didalam hal pertanian.

Sangat mudah untuk menemukan fungisida kamu bisa mendapatkan fungisida di toko pertanian terdekat, Namun sayangnya jika kamu menggunakan fungisida dengan tidak berhati-hati maka akan timbul masalah yang lebih besar karena bahan dasar dari fungisida sendiri adalah bahan-bahan kimia yang jika tidak digunakan dengan seduai dosis akan merusak lingkungan.

Fungisida alami atau fungisida organik bisa menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai pembasmi hama dan juga penyakit pada tanaman, selain bahannya yang di jamin aman, fungisida alami ini juga kamu bisa membuatnya sendiri dirumah yang tentunya juga lebih hemat.

Biasanya fungisida digunakan untuk tanaman yang memang dibudidayakan secara organik yang memang dikhususkan tidak menggunakan sedikit pun bahan kimia, dan sudah mulai banyak petani yang membudidayakan tanaman organik, selain lebih ramah lingkungan juga daya jual jauh lebih tinggi.

Disini kita akan membahas bagaimana cara membuat fungisida alami lanjut baca yaaa.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Rempah-Rempah

Fungisida alami rempah-rempah
liputan6.com

Bahan dan Alat :

  • Jahe 1 kg
  • Lengkuas 1 kg
  • Kunyit 1 kg
  • Air
  • Parut / Penumbuk / Blender
  • Wadah 

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Rempah-Rempah

Untuk pembuatan fungisida alami gunakan perbandingan diantara tiga bahan tersebut 1:1:1, cuci bersih lalu haluskan dengan cara bisa ditumbuk, diparut, atau di blender.

Setelah di haluskan, tambahkan air lalu peras bahan hingga mendapatkan sari dari bahan-bahan tersebut, setelah mendapatkan sari dari buah-buahan lakukan penyaringan hingga benar-benar yang dapatkan adalah sumber dari bahan tersebut. 

Cara penggunaan fungisida alami jenis rempah-rempah ini sangat mudah, hanya dengan mengambil 2-3 sendok makan larutan fungisida alami, lalu campurkan dengan air pada satu tengki sprayer.

Jika semua sudah tercampur, fungisida alami sudah siap untuk digunakan, kamu bisa menggunakan fungisida ini sebagai pencegahan atau tindakan pembasmian.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Daun Bougenville

Fungisida alami Daun Bougenville
tanobat.com

Bahan 

  • Daun Bugenville 1 kg
  • Susu sapi 1 liter

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Daun Bougenville

Masukan 1 kg daun bougenville kedalam tong, lalu masukan air mendidih lalu diamkan selama 24 jam. Tambahkan 1 liter air susu sapi yang sudah di rebus.

Tahap selanjutnya adalah menyaring larutan tadi, setelah itu fungisida alami dengan bahan daun bougenville sudah siap di gunakan.

Untuk fungisida alami jenis ini biasa digunakan untuk membasmi hama dan penyakit layu pada tanaman pisang dan lada, dan bisa juga sebagai pengendali terjadinya penyakit pada tanaman.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Kenikir

Fungisida alami dengan kenikir
deherba.com

Bahan : 

  • Kenikir 1 kg
  • Air 10 liter

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Kenikir

Masukan kenikir kedalam tempat, lalu tuangkan air mendidih sebanyak 10 liter lalu diamkan selama 24 jam, lalu saring dan ambil airnya saja.

Cara penggunakan hanya dengan air larutan tersebut siramkan pada lahan tanaman yang terkena penyakit nematoda akar.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Daun Sirih Dan Lainnya

Fungisida alami dengan Daun Sirih Dan Lainnya
intisari.grid.id

Bahan :

  • Daun sirih 50 lembar
  • Belerang ¼ kg
  • Labu siam 2 kg
  • Jinten ¼ kg 

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Daun Sirih Dan Lainnya

Parut labu siam hingga halus lalu peras, dan ambil airnya. Tumbuk belerang, daun sirih dan juga jinten hingga halus, lalu campurkan dengan perasan air labu siam.

Aduk hingga semua bahan merata lalu diam kan selama kurang lebih 1 minggu baru fungisida alami dengan bahan daun sirih dan yang lainnya bisa digunakan.

Penggunaan fungisida alami dengan bahan daun sirih ini sangat mudah, setiap 1 liter larutan fungisida campurkan dengan 10 liter air dan semprotkan pada waktu ketika matahari terbit atau setelah matahari terbenam.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Bawang Putih

Fungisida alami dengan  Bawang Putih
alenia.id

Bahan :

  • Bawang putih 1 kg
  • Air 1 liter

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Bawang Putih

Haluskan bawang putih bisa menggunakan blender atau di tumbuk, setelah dirasa bawang putih sudah halus, bisa tambahkan air lalu aduk rata. 

Diamkan larutan tersebut selama 24 jam, setelah itu peras larutan tersebut lalu saring. Cara penggunaannya cukup dengan larutkan dengan air sebanyak 100 liter.

Fungisida alami dengan bawang putih ini memiliki fungsi sebagai membasmi jamur pada kaktus dan succulents.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Daun Cengkih

Fungisida alami dengan Daun Cengkih
fumyherbalalam.com

Bahan :

  • Daun cengkeh 50-100 gr

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Daun Cengkih

Hancurkan daun cengkih hingga halus menyerupai tepung, setelah itu jemur daun cengkih yang sudah di haluskan, fungisida sudah siap digunakan.

Cara penggunaan fungisida jenis ini adalah dengan menaburkan atau mengubur didalam tanah disekitar pekarangan tanaman sebanyak 50-100 gram untuk setiap tanaman.

Fungisida alami dengan bahan dasar daun cengkih ini memiliki fungsi sebagai mengendalikan jamur penyebab busuk batang pada tanaman panili.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Minyak Sayur

fungisida alami dengan minyak sayur
merdeka.com

Bahan : 

  • 1 sendok minyak sayur
  • 1 sendok sabun colek
  • 1 liter air

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Minyak Sayur

Campurkan 3 baha tersebut lalu kocok hingga merata, dengan semudah itu fungisida sudah siap digunakan. Aplikasikan kepada tanaman menggunakan alat semprot.

Fungisida alami dengan bahan dasar minyak sayur ini memiliki fungsi sebagai pengendali jamur dan hama kecil seperti kutu yang terdapat di tanaman.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Kayu Manis

fungisida alami dengan kayu manis
indozone.com

Bahan : 

  • 1 Potong Kayu Manis (100 gram)
  • 1 Liter Air

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Kayu Manis

Tumbuk kayu manis hingga halus, lalu campurkan 1 liter air dan fungisida alami dengan bahan dasar kayu manis sudah siap untuk disiramkan ketanaman.

Fungisida alami dengan bahan dasar kayu manis memiliki fungsi dapat mengendalikan jamur pada tanaman anggrek dan tanaman hias lainnya.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Baking Soda

fungisida alami dengan baking soda
cantik.tempo.co

Bahan :

  • 1 ½ Sendok teh baking soda
  • 1 sendok minyak sayur
  • 10 liter air 

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Baking Soda

Campurkan 11/2 sendok teh baking soda dan 1 sendok minyak sayur, lalu masukan kedalam wadah dan campurkan dengan 10 liter air, semprotkan fungisida alami pada tanaman dengan jangka waktu 5-10 hari sekali.

Fungisida alami dengan bahan dasar baking soda memiliki fungsi untuk mengatasi serangan embun tepung pada tanaman cabe, tomat, kentang dan bawang.

Cara Membuat Fungisida Alami dengan Neem Oil

fungisida alami dengan bahan neem oil
duduosum.com

Bahan :

  • 2 sendok makan minyak neem
  • 10 liter air 

Cara Pengolahan Fungisida Alami dengan Neem Oil

Campurkan kedua bahan tersebut lalu fungisida sudah siap untuk di semprotkan kepada tanaman.

Fungisida alami dengan bahan dasar neem oil ini memiliki fungsi sebagai pencegah jamur dan bakteri pada tanaman dan juga pencegah kerontokan daun dan juga buah.

Demikian ini adalah beberapa cara membuat fungisida alami, mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *