jenis anggrek

9+ Jenis Anggrek yang Wajib Kamu Tau


Siapa yang gak tau bunga anggrek? Tentu saja bunga ini adalah salah satu jenis bunga yang sudah tidak asing bagi kita yaa. Bentuknya yang unik ini membuat bunga ini mudah untuk dikenali.  Diartikel lain kita juga sudah membahas tentang jenis bunga yang lainnya.

Tak jarang juga bunga ini menjadi salah satu jenis tanaman yang digunakan untuk menghias ruangan lhoo

Ingin lebih mengenal tentang bunga anggrek? Yuk lanjut baca yaa.

Apa itu Tanaman Anggrek

“Tanaman anggrek tu bunga apa si?” Tanaman anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang berbunga, dan bunga ini termasuk dalam jenis tanaman terbesar di daerah tropis.

Nama latin dari tanaman ini adalah Orchidaceae dan kingdom dari bunga ini adalah Plantae dengan kelas Liliopsida. 

Dan biasanya bunga anggrek tumbuh di iklim yang sedang.

Baca Juga : 25+ Jenis Mawar yang Wajib Kamu Tau

Ciri-ciri Bunga Anggrek

Apa sih ciri dari bunga anggrek? Untuk ciri-ciri dari bunga anggrek ini dibagi menjadi 2 yaitu:

Monopodial

Ciri dari bunga anggrek monopodial adalah hanya memiliki 1 titik untuk tumbuh. Dan dengan ciri-ciri ini membuat tumbuhan ini lbih mudah untuk diperbanyak dengan cara stek.

Pertumbuhan bunganya mulai dari ujung batang, contoh tanaman anggrek yang berciri monopodial adalah, Vanda ap, Phalaenopsis sp dan yang lainnya.

Simpodial

Ciri dari bunga anggrek simpodial adalah memiliki banyak titik untuk tumbuh. Kelebihan dari anggrek jenis ini adalah bisa menyimpan banyak cadangan makanan.

Pertumbuhan bunga dari jenis ini ada di pucuk atau segi batang, dan ada beberapa yang diantara akar tinggal.

Kira-Kira Dimana aja yaa Tempat Tumbuh Anggrek?

Jadi tanamanan ini unik, tanaman ini tidak hanya tumbuh pada satu media saja tetapi ada yang lain juga lhoo, seperti :

Anggrek Epifit

Anggrek epifit adalah anggrek yang tumbuh pada tanaman lain tanpa merugikan tanaman itu (inang), akar anggrek ini menyerap makanan dari air hujan, kabut dan udara di sekitarnya. 

Contoh jenis anggrek : Cattleya sp, Dendrobium sp, Vanda sp, Phalenopsis sp.

Anggrek Terestial

Anggrek terestial adalah tumbuhan anggrek yang tumbuh dari tanah langsung dan membutuhkan cahaya matahari langsung. Akar dari tanaman anggrek ini mengambil makanan dari tanah.

Contoh jenis anggrek : Phaius sp.

Anggrek Saporifit

Anggrek saporifit adalah tumbuhan anggrek yang tumbuh pada humus atau daun-daun yang kering, dan membutuhkan sedikit cahaya matahari. Jenis anggrek ini tidak memiliki daun dan krolofil.

Contoh jenis anggrek : Goodyera sp.

Anggrek Litofit

Anggrek Litofit adalah tanaman anggrek yang tumbuh di bebatuan atau tanah berbatu, jenis anggrek ini tahan terhadap cahaya matahari. Anggrek ini mengambil makanan dari hujan, udara dan juga humus.

Contoh jenis anggrek : Paphiopedilum sp.

Jenis Bunga Anggrek

Kita semua tau, bahwa bunga anggrek tidak hanya terdiri dari satu jenis, naah maka dari itu kita harus tau Apa Aja Jenis Bunga Anggrek ?.

Anggrek Dendrobium

Jenis anggrek dendrobium
truffaut.com

Anggrek jenis ini adalah anggrek terbanyak jumlahnya di beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Dan ciri-ciri dari anggrek jenis dendrombium ini memiliki warna yang cerah dan juga menawan, warna yang basic dari jenis anggrek ini adalah putih bersih, perpaduan antara putih dan unggu dan juga kuning.

Dan jenis anggrek ini adalah jenis anggrek yang pertumbuhan bunganya cepat dan juga cepat tumbuh subur.

Baca Juga : Jenis Bunga yang Wajib Kamu Tau

Anggrek Tebu

Jenis bunga anggrek tebu
Jenis bunga anggrek tebu

Ini bukan pohon tebu yang di tempeli tanaman anggrek yaa. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Grammatophyllum sp ini adalah jenis bunga anggrek terbesar lhoo.

Kenapa? karena berat dari jenis anggrek ini bisa mencapai 1 ton, dan tinggi yang bisa mencapai 1-3 meter dan diameternya mencapai 10 sentimeter. Masya Allah yaa.

Batangnya yang seperti tebu itu lah yang menjadikan tanaman ini dijuluki anggrek tebu. Selain ukurannya yang sangat menajubkan, motif dari bunga ini juga unik lhoo.

Motif yang totol-totol itu juga sering mnejadikan anggrek jenis ini dipanggil sebagai anggrek harimau.

Anggrek Bulan

jenis anggrek bulan

Nama ilmiah dari anggrek jenis ini adalah Paraphallaenopsis sp. Anggrek jenis ini tidak begitu menyukai cahaya, jadi dia cocok untuk diletakan di dalam ruangan.

Jenis anggrek ini memiliki aroma yang harum dan bentuk yang cantik, namun pertumbuhan bunga dari tanaman anggrek ini lebih lama dibandeing dengan tanaman anggrek yang lain.

Ciri dari anggrek ini yaitu berwarna putih dengan corak kuning dan merah. Dan kenapa disebut anggrek bulan? karena warna dasar dari anggrek itu bersih seperti bulan di malam hari.

Anggrek Kasut Kumis

Jenis anggrek kasut kumis

Bentuk dari tanaman anggrek ini sangat unik dan juga indah, berbeda dengan tanaman anggrek pada umumnya, tanamana  ini memilki kantong seperti kantong semar.

Anggrek yang memiliki nama latin Paphiopedilum Glaucophyllum sp. ini cukup sulit lhoo ditemukannya karena masih jarang tanaman anggrek jenis ini.

Anggrek Sendok

anggrek sendok

Tanaman anggrek yang bernama latin Spathoglottis zurea sp. ini memiliki bentuk seperti sendok, tapi yang pasti lebih indah dong dari bentuk sendok yaa.

Anggrek berwarna kuning ini memiliki bagian tengah yang terlihat menjulur seperti bentuk lidah sendok.

Anggrek Hitam

Jenis anggrek hitam
greeners.co

Unik nih, ada bunga yang berwarna hitam, yups tanaman anggrek yang satu ini bernama latin Coelogyne Pandurata sp.

Jangan dibayagkan bahwa semua bunganya berwarna hitam yaa, karena hanya bagian tengah saja yang berwarana hitam dan kelopaknya berwarna hijau.

Tanaman ini berasal dari Indoneisa lho, lebih tepatnya di Kalimantan, Sumatra dan Semenajung Malaya. Tapi sangat disayangkan populasi dari anggrek jenis ini sudah mulai langka dan menyusut.

Anggrek Kelip

bunga kerlip
anggrek-bellina.blogspot.com

Masih dalam satu spesies dengan anggrek bulan, tanman anggrek ini memiliki bentuk yang cantik dan indah pula, aromanya yang harum juga menambah nilai ke cantikan dari bunga anggrek ini.

Anggrek yang bernama latin Phalaenopsis Violacea sp. ini sangat banyak penggemarnya lhoo karena keunikan dan kecantikan dari anggrek tersebut.

Anggrek Jambrud

anggrek jambrud
flickr.com

Nama latin dari tanaman ini adalah Dendrobium Macrophyllum sp. Dan ternyata tanaman ini berasal dari Indonesia lhoo, dan menjadi spesies anggrek terbesar di Filipina, Papua, dan beberapa pulai Pasifik Barat.

Untuk tanaman anggrek yang satu ini akan mulai berbunga dari musim semi hingga akhir musim panas, berbeda dengan tanaman anggrek lainnya.

Tapi sangat disayangkan, tanaman anggrek jenis ini sudah mulai langka meskipun Indonesia adalah habitat aslinya.

Anggrek Hartinah

jenis anggrek harnitah

Ada lagi nih, tanaman anggrek yang asli dari Indonesia lebih tepatnya di Sumatra Utara, sebutan lain dari anggrek ini adalah Anggrek Tien Soeharto.

Warnanya indah dan eksotis ini menjadikan tanaman anggrek jenis ini banyak di sukai oleh masyarakat.

Anggrek Jingga

bunga anggrek jingga

Lagi-lagi niihh, tanaman anggrek yang memiliki nama latin Renanthera Matutina sp. ini berasal dari Indonesia lhoo, lebih tepatnya di pulau Borneo, Sumatra, Jawa dan negara bagian Asia Tenggara lainnya.

Sesuai dengan namanya, anggrek ini memiliki warna jingga dengan bintik-bintik yang menjadi motifnya. Dan tidak bunganya saja yang berwarna jingga namun batangnya juga berwarna jingga.

Baca Juga : 9+ Jenis Tanaman Hias Cantik

Anggrek Ki Aksara

Jenis anggrek ki aksara
tipsrawatrumah.com

Anggrek ini berbeda lhoo dengan jenis anggrek yang lain, jika kita lihat secara sekilas, tanaman anggrek jenis ini sama sekali tidak seperti anggrek, karena bentuk dan warnanya yang unik.

Jenis anggrek yang bernama latin Macodes Petoal ini memiliki bentuk yang terbilang mungil, warna dasar yang hijau gelap dengan motif seperti petir membuatnya memilik keindahan tersendiri bagi tanaman anggrek jenis ini.

Anggrek Stuberi

Anggrek stuberi
youtube.com

Anggrek yang memiliki perpaduan warna antara ungu dan kuning ini ternyata tumbuh di daerah Indonesia, seperti Papua dan Papua New Guniea.

Jenis tanaman anggrek yang bernama latin Dendrobium lasianthera sp, ini memiliki bentuk terbilang unik dan juga menjadi daya tarik tersendiri untuk orang yang melihatnya.

Anggrek Larat

anggrek larat

Nama dari anggrek ini diambil dari nama pulau diamana dia tumbuh, yaitu Pulau Larat yang terletak diKepulauan Maluku.

Jenis anggrek yang nama latin Dendrobium Phalaenopsis sp. ini termasuk jenis tanaman anggrek yang dilindungi. Tanaman anggrek jenis ini termasuk dalam jenis anggrek yang hanya butuh sedikit cahaya.

Bunga anggrek larat yang berwarna ungu muda, putih serta kombinasi ini menjadi salah satu jenis anggrek yang sangat indah dan menarik lho dikalangan masyarakat.

Anggrek Callus Vanda

Anggrek Callus Vanda
pixabay.com

Anggrek ini termasuk anggrek yang memiliki spesies yang banyak, ada 40 spesies dan juga macam warna dan bentuk yang akan membuat kamu makin menyukai tanaman ini.

Dan tenyata 40 spesies itu tersebar dibeberapa negara termasuk juga negara Indonesia lho.

Anggrek Serat

Anggrek serat
biodiversitywarriors.org

Jenis anggrek yang memiliki nama latin Diplocaulobium utile sp, memiliki banyak nama sebutan seperti anoni, anemi, alemi.

Bentunya yang unik dan berbeda dari tanaman anggrek biasanya membuatnya cukup unik dan menjadikan daya tarik tersendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *