Jenis-jenis Hidroponik dan Kelebihannya Terlengkap!

Jenis Hidroponik dan Kelebihannya Dijamin Terlengkap!

Jenis Hidroponik –  Kemarin kita sudah membahas tentang macam-macam media tanam, sekarang kita akan membahas salah satu jenis media tanam yaitu hidroponik.

Hidroponik (Hydoponic) kata ini memiliki kata dasar yang diambil dari bahasa Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya.

Selain itu hidroponik juga dikenal dengan nama lain yaitu Soilless Culture yang jika diartikan dengan bahasa Indonesia artinya budidaya tanpa tanah.

Jadi bisa dikatakan hidroponik adalah membudidayakan tanaman tanpa menggunakan media tanaman tanah, dan media yang digunakan adalah air.

Hidroponik juga memiliki arti kata lain antara hydro dan ponos yang berarti kerja.

Sebelum kamu memulai untuk melakukan penanaman dengan menggunakan teknik hidroponik kamu harus mengetahui jenis hidroponik dan manfaatnya.

Tenang, artikel ini akan membantu kamu untuk mengerti macam dan juga manfaat dari teknik hidroponik ini.

Mengenal Lebih Dalam Teknik Hidroponik

Tentunya seperti yang udah disinggung tadi, hidroponik adalah kegiatan budidaya yang tidak menggunakan media tanaman tanah, melainkan menggunakan air.

Didalam tanamn menanam hidroponik ada 3 aspek yang harus kamu perhatikan diantaranya adalah

4 Aspek Menanam Hidroponik

Peletakan tanaman hidroponik sangat mempengaruhi berkembangnya tanaman hidroponik
  • Air

Tentunya tanaman hidroponik akan sangat bergantung dengan air, maka sangat penting untuk kamu memberikan perhatian khusus pada media tanaman yang satu ini,

  • Cahaya

Sudah menjadi sesuatau yang tidak bisa dipidahkan antara tanman dan cahaya, seperti yang kita tau, tanaman butuh melakukan fotosintesis untuk keberlangsungan hidupnya, dan fotosintesis sangat berpengaruh dalam proses ini, jadi pastikan kamu meletakan tanaman hidroponik di tempat yang terkenah sinar matahari ynag cukup.

  • Oksigen

Ini adalah salah satu aspek yang harus kamu garis bawahi, didalam teknik hidroponik oksigen adalah hal yang sangat penting.

Karena jika kadar oksigen rendah maka dapat mengakibatkan penurunan permeabilitas membran sel, dan menjadikan dinding sel tanaman akan tembus dan mnejadikan tanaman kekurangan air dan layu dan bahkan mati.

  • Nutrisi

Jika mengguankan media tanaman tanah perlu menambahkan pupuk, jika di media tanam air adalah nutrisi.

Tentunya tanaman hidroponik sangat membutuhkan nutrisi untuk memberikan hasil yang maximal danmemuaskan, Pastikan kamu memberikan nutrisi pada tanaman hidroponik scara teratur yaa.

Setelah kamu tau tentang aspek yang harus dipersiapkan sebelum memulai teknik hidroponik, kamu juga perlu mengetahui hal apa saja yang diperlukan untuk memilih media tanam untuk tanaman hidroponik.

  • Yang dapat menopang tanaman dengan baik
  • Memiliki ukuran pori-pori yang kecil
  • Tidak menyumbat sistem peresapan air
  • Tidak berubah bila ditambah nutrisi
  • Bahan yang ramah lingkungan
  • Mudah ditemukan 

Selanjutnya, ini adalah bahasan yang paling ditunggu yaitu jenis-jenis tanaman hidroponik

Baca Juga : Sejarah Pertanian

Macam-macam Tanaman Hidroponik

Wick System

Hidroponik wick sistem
bertaniorganik.com

Jenis hidroponik yang pertama adalah wick system, atau sistem sumbu adalah sistem hidroponik yang sangat simpel dan juga sangat banyak digunakan dalam sistem hidroponik, untuk kamu yang baru pertama kali kamu bisa mencoba teknik ini.   

Sistem ini sering dibilang sistem sumbu karena menggunakan sumbu atau kain flanel yang menghubungkan antara larutan nutrisi dengan media tanam. Wick system bekerja dengan meresap larutan nutrisi menggunakan sumbu setelah itu mengalirkannya ke pangkal tumbuhan.

Hidroponik sistem wick sangat cocok digunakan untuk tanaman kecil. Tetapi sistem ini tidak bisa bekerja dengan baik pada tumbuhan yang memerlukan banyak air. Kamu bisa membuat hidroponik sistem wick dengan menggunakan beberapa barang sisa semacam sisa botol air mineral.

Alat- alat yang diperlukan:

1. Media tanam

2. Sumbu

3. Ember ataupun wadah air

Kelebihan perlengkapan:

1. Tumbuhan menemukan suplai air, oksigen, dan nutrisi secara teratur

2. Lebih hemat dalam biaya perlengkapan

3. Memudahkan perawatan karena kita tidak perlu menyiram

4. Tidak bergantung dengan aliran listrik.

Kekurangan perlengkapan:

1. Akan boros air dan juga nutrisi.

2. Agak rumit untuk mengatur volume dari kadar air dan juga nutrisi

Water Culture System

Water Culture System
bertaniorganil.com

Jenis hidroponik ke dua adalah water Culture System, atau sistem kultur air statis adalah sistem hidroponik yang dikenal paling simpel sistem yang lain. Sistem hidroponik ini bekerja dengan metode menggenangi tumbuhan dengan larutan nutrisi.

Tempat untuk meletakan tumbuhan pada sistem ini  umumnya menggukan papan styrofoam yang berperan untuk  menahan tumbuhan supaya bisa mengapung, sehingga sistem ini memiliki nama lain yaitu sistem rakit apung.

Tidak hanya itu, untuk menyuplai oksigen kamu perlu menggunakan pompa air yang membuat gelembung pada larutan nutrisi yang setelah itu menyuplai oksigen ke pangkal tumbuhan (akar tumbuhan).

Water Culture System cocok diterapkan pada tipe tumbuhan yang membutuhkan banyak air  pangkal tanaman (akar) yang tenggelam semacam bayam ataupun kangkung.

NFT Sistem (Nutrient Film Technique)

NFT Sistem( Nutrient Film Technique)
Bertaniorganik.com

NFT Sistem adalah sistem hidroponik yang bekerja dengan metode memberikan air nutrisi pada tumbuhan lewat aliran air yang tipis. Nutrisi dibuat selalu bersirkulasi menggunakan pompa tanpa menggunakan timer.

Pada bagian pangkal tumbuhan tidak semuanya terendam di dalam air nutrisi, sehingga pangkal yang tidak terendam air tersebut diharapkan sanggup mengambil oksigen untuk perkembangan tanamannya.

Alat- alat yang diperlukan:

1. Talang air

2. Sterofoam

3. Pompa akuarium

4. Busa

5. Pipa PVC

6. Ember atau wadah air

Kelebihan perlengkapan:

1. Tumbuhan menemukan suplai air, oksigen, serta nutrisi secara selalu.

2. Lebih mengirit air serta nutrisi.

3. Memudahkan perawatan sebab kita tidak butuh melaksanakan penyiraman.

4. Bayaran yang diperlukan relatif murah.

Kekurangan perlengkapan:

1. Jika salah satu tumbuhan terkena penyakit maka dalam satu talang tumbuhan akan terkena tertular, dan bisa jadi dalam 1 perlengkapan seluruh akan tertular.

2. Perlengkapan ini sangat tergantung pada listrik, bila tidak terdapat aliran listrik perlengkapan ini tidak dapat bekerja.

Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Flow system

Ebb and Flow system
bertaniorganik.com

Sistem ini sering juga disebut dengan sistem pasang surut karena tumbuhan memperoleh air, nutrisi, dan oksigen dari proses pemompaan bak penampung yang nantinya akan membasahi pangkal tumbuhan. Ketika air naik membasahi pangkal inilah dikatakan pasang seperti halnya air tepi laut yang sedang naik.

Beberapa waktu setelah itu air dan nutrisi akan kembali lagi ke bak penampungan atau yang sering dibilang dengan surut. Nah terbentuknya proses pasang surut ini diatur menggunakan timer yang disesuaikan dengan kebutuhan tumbuhan menjadikan tumbuhan tidak tergenang ataupun kekurangan air.

Alat- alat yang diperlukan:

1. Media tanam

2. Pot/ Wadah tanaman

3. Pompa akuarium

4. Timer

5. Pipa PVC

6. Ember atau wadah air

Kelebihan perlengkapan:

1. Tumbuhan menemukan suplai air, oksigen, serta nutrisi secara teratur.

2. Pertukaran oksigen lebih baik sebab terbawa air pasang serta surut.

3. Memudahkan perawatan karena tidak membutuhkan penyiraman.

Kekurangan perlengkapan:

1. Biaya perlengkapan agak mahal.

2. Bergantung kepada aliran listrik. 

3. Mutu nutrisi yang telah dipompakan berulang kali tidak akan sebagus ketika awal.

Drip Sistem

Drip sistem
bercocoktanamorganik.com

Drip sistem atau yang sering dibilang sistem tetes ini menggunakan metode hidroponik dengan meneteskan larutan nutrisi secara terus menerus ke dalam media tanam lewat pipa atau selang.

Larutan nutrisi ditampung di dalam wadah atau tandon air, setelah itu dihubungkan dengan menggunakan selang yang tersambung dengan media tanam, kemudian air dipompa sampai membentuk tetesan-tetesan menuju media tanam.

Sistem ini memerlukan tenaga listrik serta pompa. Tumbuhan memperoleh nutrisi dari tiap tetesan yang didapatkan. Sehingga tumbuhan tidak menggenang air atau tidak akan mengalami kekeringan.

Waktu atau timer juga dibutuhkan dalam proses tetesan ini, sehingga lebih efisien untuk kamu yang memiliki padat jadwal atau tidak sempat membagikan air nutrisi pada tanaman

Alat- alat yang diperlukan:

1. Selang 

2. Pompa akuarium

3.. Media tanam

4. Duri suntik

5. Ember ataupun wadah air

6. Pot/ polybag

Kelebihan perlengkapan:

1. Tumbuhan menemukan suplai air dan nutrisi secara terus-menerus

2. Lebih menghemat air dan nutrisi karena diberikan dengan cara tetes.

4. Bayaran yang dperlukan relatif murah.

Kekurangan perlengkapan:

1. Oksigen akan sulit didapat tumbuhan jika media sangat padat.

2. Pemakaian bak penampung tidak akan menghemat air juga  nutrisi karena akan lebih banyak lenyap terserap tumbuhan, tertahan media atau penguapan.

Aeroponyc

Aeroponic
bercocoktanamorganik.com

Aeroponik adalah sistem hidroponik yang memakai nozzle atau selang penyebar untuk membuat butiran kabut halus agar menciptakan oksigen.

Sistem aeroponik termasuk kedalam sistem canggih dan mahal sehingga sistem ini biasanya digunakan oleh balai riset serta mahasiswa pertanian. Pada sistem ini tumbuhan akan meresap nutrisi yang berdimensi kecil seragam dengan kabut.

Alat- alat yang diperlukan:

1. Plastik 

2. Sterofoam

3. Pompa akuarium 

4. Nozzel

5. Pipa PVC 

6. Ember ataupun wadah air

Kelebihan perlengkapan:

1. Tumbuhan menemukan suplai air, oksigen, dan nutrisi secara selalu.

2. Lebih menghemat air dan nutrisi.

3. Memudahkan perawatan karena tidak membutuh melaksanakan penyiraman.

4. Nutrisi lebih mudah diserap tumbuhan sebab diberikan dalam dimensi kecil.

Kekurangan perlengkapan:

1. Memerlukan biaya yang agak mahal.

2. Perlengkapan ini sangat tergantung pada listrik, bila tidak terdapat aliran listrik maka perlengkapan ini tidak dapat bekerja.

Bubbleponics (Sistem Gelembung)

 Bubbleponics( Sistem Gelembung)
bercocoktanamorganik.com

Tata cara tumbuhan hidroponik yang diketahui seperti Deep Water Culture ini adalah dengan meningkatkan tumbuhan dengan cara  mengambang diatas larutan nutrisi. Tumbuhan ditahan menggunakani jaring dengan pangkal tumbuhan didalam air. 

Larutan nutrisi dialiri gelembung hawa yang memperkaya oksigen dalam larutan yang bermanfaat untuk pangkal buat berkembang. Pada masa dini perkembangan pangkal, larutan nutrisi dipompakan lewat pembuat gelembung untuk memperkaya isi oksigen di dalam larutan yang teruji menolong perkembangan pangkal dari tumbuhan. Inilah yang diketahui bagaikan tata cara Bubbleponic.

DFT Sistem (Deep Flow Technique)

hidroponik DFT Sistem( Deep Flow Technique)
Bertaniorganik.com

DFT sistem merupakan metode menanam tumbuhan dengan mensirkulasikan larutan nutrisi tumbuhan secara selalu teratur sepanjang 24 jam pada rangkaian aliran tertutup.

Larutan nutrisi tumbuhan di dalam tangki dipompa oleh pompa air mengarah ke bak penanaman melewat jaringan irigasi pipa, setelah itu larutan nutrisi tumbuhan masuk ke dalam bak penanaman dialirkan kembali mengarah tangki.

Sistem Fertigasi

hidroponik Sistem Fertigasi
bercocoktanamorganik.com

Sistem fertigasi tumbuhan hidroponik merupakan metode aplikasi yang menggunakan unsur hara lewat sistem irigasi. Fertigasi adalah singkatan dari fertilisasi atau (pemupukan) dan irigasi.

Dalam memakai metode fertigasi, pe,bayaran pemupukan bisa dikurangi, sebab pupuk diberikan bersamaan dengan penyiraman.

Bioponic

Bioponic
bercocoktanamorganik.com

Tata cara tanam bioponik ialah tata cara budidaya tumbuhan hybrid yang mencampurkan antara sistem tanam hidroponik dengan sistem pertanian organik. Tata cara ini ditemui buat menanggulangi masalah- masalah serta mencampurkan keuntungan dari 2 tata cara tanam tersebut. Jadi, tata cara bioponik merupakan sistem hidroponik yang memakai nutrisi organik yang berasal dari bahan- bahan natural.

Nah itu adalah jenis hidroponik, semoga artikel ini membantu and h

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *