Jenis Bunga

Jenis Bunga yang Wajib Kamu Tau


Siapa yang disini suka yang namanya bunga? Bunga adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki nilai estetika yang indah, banyak banget jenis-jenis bunga, dari mulai yang dalam negri ataupun luar negri.

Dan uniknya tanaman ini adalah setiap berbeda jenis dan juga warna, memiliki arti yang berbeda, dari yang sedih hingga bahagia.

Jaman dulu bunga adalah satu sinmbol untuk menyampaikan sebuah pesan lhoo, dalam hal positif ataupun hal yang negatif.

Kira-kira apa aja ya jenis-jenis bunga dan keunikan didalam arti warna dan maknanya?.

Bunga Mawar

Jenis bunga mawar

Bunga yang satu ini adalah salah satu bunga terpopuler didunia, siapa yang gak tau bunga mawar sih?. Bunga ini sering dijadikan sebagai simbol ketulusan.

Bunga ini memiliki beberapa warna, contohnya kuning, putih, merah dan merah muda.

Untuk warna merah biasanya disimbolkan dengan cinta yang tulus, kasih sayang, dan juga bukti cinta yang lainnya.

Warna merah muda, biasnya digunakan untuk menyimbolkan rasa kekaguman,sukacita dan simpati, aura dari mawar pink ini adalah membawa ketenangan dan kelembutan untuk yang diberi.

Warna putih melambang kan kesucian, ketulusan dan kemurnian bisa juga sebagai simbol penghormatan dan simpati, biasanya mawar putih digunakan ketika upacara pernikahan, dengan maksud kesucian cinta.

Warna kuning, dari warnanya sudah bisa kita tebak, biasanya warna mawar kuning ini menyimbolkan persahabatan, kegembiraan dan juga simbol kepedulian.

Bunga Garbera

jenis bunga garbera

Ini juga salah satu yang cukup populer di kalangan pecinta bunga, bunga garbera ini memiliki banyak warna, yang kurang lebih maksud dan makna nya sama seperti bunga mawar.

Tumbuhan ini tumbuh didaerah Afrika selatan, tak jarang bunga ini menjadi pilihan untuk menghias sudut ruangan dan juga menjadi salah satu isian pokok dari sebuah bucket bunga.”

Bunga Matahari

Jenis bungaMatahari

Bunga matahari berasal dari Amerika, tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman hias, penghasil minyak, dan juga cemilan (kuaci).

Tidak jarang tanaman yang satu ini juga dijadikan tanaman penghias ruangan dan juga bucket bunga.

Bunga Aster

bunga aster

Bunga ini berasal dari Yunani dan bunga ini cukup unik lhoo kenapa? Karena bunga yang satu ini bisa bertahan hingga tiga musim. Masya Allah yaa.

Bunga ini memiliki banyak warna seperti kuning, merah, putih, ungu, biru.

Bunga ini juga sering disebut dengan Starwort, Frodt Flower dan Michealmas daises 

Bunga Hydrangea

Jenis bunga hydrangea

Nama sebutan dari bunga ini adalah bunga bokor, ajasi (Jepang), bunga tiga bulan (Melayu), bunga masmba. 

Bunga ini sangat populer karena memiliki ukuran yang besar, bualat seperti sanggul dengan sentuhan warna yang soft.

Spesies bunga ini banyak berkembang di Korea, Jepang, dan Cina. Dan kalian harus tau, ternyata daun dari bunga ini beracun, karena mengandung glikosida sianogen serem ya.

Tapi ternyat bunga ini paket komplit, disaat ada racun dia juga ada manfaatnya, yaitu di bagian akar, yang bisa dijadikan obat tradisional untuk penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan juga menjadi antioksidan.

Bunga Camellia

Jenis bunga camellia

Ciri dari bunga ini adalah kelopaknya yang pendek dan lebar, spesies tanaman ini ditemukan di Asia Timur dan Selatan, Himalaya Timur, JEpang dan Indonesia.

Untuk nama lain dari bunga ini adalah “Chuha” dalam Tiongha, “Tsubaki” dalam baha Jepang.

Uniknya bunga ini hanya memiliki warna disekitar merah, putih dan juga merah muda. Juga ada yang berwarna kuning tapi hanya dapat di temukan di China Selatan dan Vietnam.

Bunga Anggrek

Jenis bunga anggrek

Tentu nama bunga ini sudah gak asing di telinga kita ya, anggrek sangat memiliki banyak warna dan juga jenis.

Diantaranya ada warna ungu, kuning, putih, merah muda, biru. Biasanya bunga anggrek yang memiliki bentuk yang lebih unik dari pada yang lain.

Ternyata bunga anggrek juga biasa digunakan sebagai simbol rasa cinta, kemewahan dan keindahan beberapa abad yang lalu. Anggrek biaanya tumbuh di pohon atau semak di daerah tropis ataupun subtropis.

Bunga Sepatu

jenis bunga sepatu

Tanaman ini berasal dari Asia Timur, hampir mirip dengan bunga aster, bunga sepatu juga tumbuh tanpa mengenal musim, dari musim panas hingga musim gugur.

Warna dari bunga ini didominasi warna-warna yang mencolok, warna dari bunga ini ada merah, kuning, putih jingga dan merah muda. 

Uniknya bunga ini adalah bunga yang tidak memiliki bau lhoo.

Nama lain dari bunga ini adalah bunga raya untuk wilayah Sulawesi dan Malaysia.

Bunga Asoka

jenis bunga asoka

Bunga ini sering banget kita temuin dipelataran rumah, rumah nenek, rumah budhe, rumah tante dan juga rumah mantan :v ehe. 

Di Indonesia sendiri ada 2 macam bunga asoka, yaitu pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting, dan bunga asoka biasa yang memiliki banyak ranting dan berdaun runcing.

Ada beberapa pilihan warna untuk bunga ini yaitu warna merah, kuning, peach, merah muda.

Bunga Azalea

Jenis Bunga azalea

Siapa yang masih asing mendengar nama bunga ini? Bunga ini populer banget lho, saking populernya sering banget nama bunga ini di jadiin nama regu kelompok pramuka :v, yagak?.

Bunga ini ternyata gak cuma populer di Indonesia lhoo, di Amerika Serikat bunga ini sangat disukai karena memiliki kecantikan yang luar biasa. bahkan di kawasan Alabama disediakan tempat khusus untuk menanam bunga ini lho.

Bunga azalea memiliki beberapa warna lho, ada warna merah, kuning, putih, ungu, merah muda.

Bunga Adenium

Bunga ini cukup populer lho, ya walaupun gak dibuat nama regu pramuka, tapi tanaman ini gak kalah populer, jangan salah saking indahnya banyak tetangga yang beralih profesi jadi maling kembang lho pada jaman bunga ini masih langka.

Namun sekarang bunga ini sudah mudah untuk didapatkan, bahkan mungkin suatu kewajiban untuk menanam bunga ini.

Meski bunga ini juga disebut sebagai Kamboja Jepang, tapi asal dari bunga ini bukan dari Jepang ya, tapi dari gurun Afrika.

Ada beberapa warna yang dimiliki bunga ini, ada warna merah, merah muda, dan putih.

Bunga Melati

jenis bunga melati

Siapa sih yang asing sama bunga ini? Bunga ini sangat populer di Indonesia, bunga ini melmbangkan kesucian dan keindahan.

Bunga ini identik dengan kebudayaan suku Jawa yang biasa menggunakan bunga melati untuk upacara pernikahan, karena cocok dengan makna dari bunga itu sendiri.

Bunga ini berasal dari wilayah Himalaya, dan ternyata bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang paling harum di dunia.

Bunga Kamboja

jenis bunga kamboja

Nah beda dengan yang lain, bunga kamboja ini malah dianggap sebagai buanga yang menakutkan karena banyak bunga kamboja yang di tanam di lingkungan pemakaman.

Bunga ini juga punya nama sebutan lain lho yaitu bunga jumpun dan bunga mentega, tumbuhan ini berasal dari Afrika Utara, Mediterania dan Asia Tenggara.

Warna yang di miliki dari bunga jumpun ini adalah putih dan juga merah muda dengan sentuhan estetik wana kuning yang ada di tengah bunga itu.

Bunga Snapdragon

jenis bunga snapdragon

Siapa yang masi asing dengan bunga ini? Bunga ini unik banget lho, bunga ini punya daya tarik sendiri dan itu beda dengan bunga pada umumnya.

Pada umumnya bunga mekar ketika masih hidup dan segar, tetapi beda dengan bunga ini, bunga dragon mekar ketika dia sudah layu. bentuknya menjadi indah dan cantik.

Bunga Tulip 

jenis bunga tulip

Bunga tulip memiliki 100 jenis spesies, dan juga memiliki banyak warna, tumbukan ini berasal dari Asia Tenggara, dan bertumbuh liar dikawasan pengunungan Hindu Kush, pegunungan Pamir dan Stepa di Kazakhstan.

Bunga tulip mempunyai banyak warna yaitu, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu dan juga warna gradasi yang lainnya.

Bunga Wisteria 

jenis Bunga Wisteria

Siapa yang pernah nonton film “Avatar”? Nah pas banget nih, di film tersebut memperlihatkan keindahan dari sebuah pohon, dan pohon itu ada lho di dunia nyata.

Yuup, itu adalah bunga wisteria. Bunga wisteria beda dengan bunga lain, karena bunga ini tumbuh dengan bergelantung, bukan tumbuh ke atas.

Bunga ini ditemukan di daerah China, Korea, Jepang dan Amerika Serikat.

Tentu saja kita sudah tau beberapa jenis-jenis bunga, tapi jangan sampai kita tidak tau cara merawatnya ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *