jenis tanaman hias

9+ Jenis Tanaman Hias Cantik


Jenis tanaman hias- Banyak banget jenis tanaman yang bisa dijadiin sebagai hiasan, dari bunga sampai dedaunan, untuk bunga kita udah bahas di artikel sebelumnya ya.

Disini kita akan bahas tanaman apa aja si yang cocok untuk didalam ruangan (indoor).

Ada beberapa tanaman yang menjadi favorit untuk dijadikan sebagai penghias ruangan, kenapa? Selain perawatannya yang gampang, bentuk dari tanaman ini pun unik dan memiliki nilai estetika tersendiri.

Selain menjadikan ruangan lebih hidup, tanaman hias juga bisa menghilangkan penat lho, kecil-kecil cabe rawit nih. Selain itu tanaman hias juga bisa membawa suasana menjadi tenang dan juga nyaman.

Yuk intip tanaman apa aja sih yang bisa dijadiin tanaman hias.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

Jenis tanaman hias Lidah buaya

Tau gak sih kalian? Tanaman Lidah buaya dianggap sebagai tanaman keabadian dan juga tanaman yang dapat menyembuhkan luka, jadi selain dibuat hiasan ruangan ternyata juga ada manfaat yang lain ya.

perawatan dari tanaman ini juga gak ribet, cukup siram menggunakan air secukupnya dan jangan lupa membawanya keluar rumah ya.

Baca Juga : Jenis Bunga yang Wajib Kamu Tau

Lili Paris

Jenis bunga lili paris

Nama lain dati anaman ini adalah lili siam, tanaman ini memiliki bentuk daun yang melengkung mirip dengan rumput.

Kamu cari tanaman yang gak ribet dan tanaman yang fleksibel? Liliparis jawabannya, kenapa? KArena tanaman ini sangat mudah beradaptasi diberbagai tempat.

Selain fleksibel, tanaman ini juga gak kalah indah dan estetik kok.

Bunga Anthurium

jenis tanaman hias Bunga Anthurium

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang cantik ini? Tanaman ini memiliki keindahan yang terletak pada daunnya yang terlihat mewah dan elegant.

Anthurium adalah genus yang memiliki jenis terbanyak dengan jumlah 1000 jenis anggota marga anthurium.

Dengan bunga yang berwarna merah menamabah nilai kemewahan dari tanaman ini, dan bisa menambah nilai elegant didalam dekorasi sebuah ruangan.

Lidah Mertua

Jenis tanaman hias  lidah mertua

Jangan kaget yaa dengan namanya, kalo kamu lagi nyari penyegar udara alami, tanaman ini cocok banget nih.

Nama lain dari lidah mertua ini adalah snake plant, bentuknya yang menyerupai lidah dan tebal ini yang menjadi daya tarik tersendiri untuk tanaman ini.

Tanaman ini juga termasuk tanaman yang gak rewel, dia mampu beradaptasi dengan suhu, dan sedikit memerlukan air. Dan juga tanaman ini cocok untuk di jadikan tanaman hias indoor dan outdoor.

Lavender

Jenis tanaman hias lavender

Pasti kita sudah sering mendengar tanaman jenis ini ya, bunga ini sudah cukup populer dikalangan pecinta tanaman atau pun bukan.

Selain keindahannya, tanaman ini juga bisa menjadi salah satu solusi penghilang rasa cemas yang di timbulkan lewat aromanya dan tampilannya yang menyejukan.

Biasa nya masyarakat mengenal lavender hanya memiliki 1 warna yaitu ungu, pada kenyataannya ada beberapa warna yang cantik seperti biru, kuning, dan ungu kehitaman atau kekukingan.

Sirih Gading

jenis tanaman hias sirih gading

Tanaman ini termasuk dalam tanaman jenis merambat, bentuk daunnya sama seperti bentuk daun sirih pada umumnya. Tapi yang menjadikan tanaman ini unik adalah warna nya dengan hijau dengan campuran kuning seperti marmer.

Setiap daerah memiliki sebutannya masing-masing seperti, lolo munding/tali (Sunda), jalu mampung, sulang (Jawa) dan samblung (Bali).

Untuk perawatan tanaman ini sama sekali gak ribet karena hnaya memerlukan pot, tanah dan pupuk saja, bahkan tanaman ini bisa lho digunakan untuk vertikal garden.

Baca Juga : 9+ Jenis Anggrek yang Wajib Kamu Tau

Suplir

Jenis tanaman hias suplir

Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan paku, bentuknya yang unik menjadikan tumbuhan ini cocok untuk mengisi sudut ruangan. 

Dan tanaman ini memiliki bentuk yang berbeda sehingga mudah unutk di bedakan dengan jenis paku yang lain. Suplir sendiri memiliki banyak jenis diantaranya yang populer adalah suplir dollar, suplir seledri, suplir betok, dan yang lainnya.

Monstera

jenis tanaman hias

Pada saat ini tumbuhan ini sangat populer karena memiliki bentuk yang unik dan juga indah.

Tanaman berasal dari Mesiko ini juga mampu meningkatkan kualitas udara lho. Dari bentuknya saja sudah akan memberikan nuansa hutan tropis yang asri.

Untuk merawatnya tidak perlu perhatian yang khusus, tanman ini tidak memperlukan banyak cahaya, jadi cocok untuk ditempatkan di ruangan yang minim cahaya.  

Kaktus

Jenis tanaman hias kaktus

Pasti taukan tanaman jenis ini? tanaman ini banyak banget yang suka, karena bentuk dan cara merawatnya yang mudah.

Kaktus sendiri ada banyak jenisnya, dan tanaman ini bisa dijadikan sebagai penghilang setres juga lho.

Pakis Asparagus

Jenis tanaman hias pakis asparagus

Tumbuhan ini sangat banyak penggemarnya lho, karena tampilannya yang berbentuk pipih dan menyebar. Tumbuhan ini sering disebut pakis, [ada kenyataannya tumbuhan ini termasuk dalam keluarga lili lho.

Dan tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang memiliki kemampuan tumbuh dengan cepat. Selain itu tanaman ini juga bisa menangkal polusi udara lho.

Sukulen Echeveria

jenis tanaman hias Sukulen

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini ya. Echeveria, tanaman ini sudah membuat banyak korban jatuh cinta kepadanya, dengan bentuk yang unik dan elegantnya.

Tumbuhan ini hanya bisa tumbuh hingga 5-10 cm dengan lebar daun 50 cm, warna daunnya yang hijau pucat menambah nilai keestetikan dari tanaman ini. 

Tanaman ini cocok banget buat kamu yang suka dekorasi-dekorasi kecil di ujung ruangan lho. Tapi jangan menempatkan sukulen di ruangan yang bersuhu tinggi yaa.

Rosemary

jenis tanaman hias rosemary

Kalo tanaman ini wajib banget harus ada di rumah kamu nih, kenapa? Selain fungsinya unutk mempercantik ruangan, tanaman ini juga bisa sebagai bumbu tambahan untuk menambah kesedapan masakan lhoo jadi irit bumbu kan :v.

Selain itu tanaman ini juga bisa menjadi pengharum ruangan dan tanaman pengusir nyamuk lho.

Bambu Rejeki

Jenias tanman hias bambu rejeki

Ini adalah salah satu jenis bambu yang mini, dan sangat indah untuk menjadi tanaman hias di dalam ruangan.

Tidak sedikit yang menyukainya, karena dapat memperindah ruangan dan juga bisa menambah kesegaran dalam suatu ruangan.

Cemara Perak

jenis tanaman hias cemara perak

Banyak jenis cemara yang sering kita lihat di pelataran rumah, tapi beda dengan jenis cemara ini. 

Kenapa di sebut cemara perak? karena daunnya yang yang berwarna seperti perak, jika terkena sinar matahari maka akan lebih indah.

Cemara jenis ini hanya akan tumbuh hingga 1 meter saja, jadi cocok banget buat penghias ruangan kan?.

Bonsai

jenis tanaman hias bonsai

Siapa pecinta tanman ini? Pada dasarnya tanaman ini adalah pohon yang dikerdilkan dalam pot. Yang bertujuan membuat miniatur dari bentuk aslinya.

Namun daya tariknya yang lain adalah, tanaman ini masih bisa berubah-berubah, dan itu tergantung dengan cuaca dan keadaan alam dilingkungan sekitarnya.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu perawatan yang lumayan rumit.

Baca Juga : 9+ Jenis Bonsai Terbaik

Daun Calathea

Jenis tanaman hias  calathea

Kayaknya  banyak yang masih belum familiar dengan nama tanaman ini ya? Tapi pasti setelah melihat bentuknya kamu akan tau “ternaya ini tho”.

Tanaman ini sebenarnya sering banget kita temui, tapi kitanya aja yang gak tau namanya :v. Tidak jarang para pecinta tanaman memilih ini untuk menjadi tanaman hias, karena perawatannya yang tidak terlalu rumit.

Tanaman ini berasal dari wilayah Amerika Tropis. Sedangkan tumbuhan ini bisa mencapai tinggu maximal 30-50 cm.

Tanduk Rusa

Jenis tanaman hias tanduk rusa

Jangan berfikiran tanduk rusa beneran ya, tanaman ini termasuk dalam salah satu jenis paku-pakuan.

Paku tanduk rusa juga sering disebut Simbar Menjangan, biasanya tanaman ini ditempel di pohon atau digantung untuk memberi kesan alami.

Dragon Tree

jenis tanman hias dragon tree

Tanama ini masi satu jenis dengan lili paris, yang membedakan adalah batang dari tumbuhan ini.

Titik menarik dari tanaman ini adalah bisa menyerap racun pada udara yang di sebabkan oleh bensin dan pernis. Masya allah banget kan?.

Nah kalian udah tau kan jenis-jenis tanaman? Yuk makin cinta tanaman dan juga ciptaan yang lain ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *