Macam- macam kaktus

9+ Jenis Kaktus Mini Hias

Siapa si yang gak tau tanaman ini? Tanaman ini berbeda dengan tanaman yang lainnya, dengan bentuknya yang unikmenjadikan tanaman ini mudah diingat dan mudah dikenali.

Memiliki nilai estetika yang tinggi menjadikan tanaman ini juga di gemari oleh kaum milenial.

Biasanya tanaman ini digunakan untuk mempercantik ruangan, dan juga menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak digemari untuk mengisi tanam kering.

Terus jenis kaktus ada apa aja si? Mari kita bahas.

Jenis-Jenis Kaktus

Kaktus mini Astrophytum

Kaktus mini Astrophytum

Jenis kaktus ini memiliki bentuk seperti buah belimbing, dan ada bunga di atasnya, kaktus jenis ini dikenal sebagai kaktus yang mudah untuk berbunga.

Untuk bunga nya sendiri, kaktus Astrophytum memiliki warna kuning, pink dan merah.

 Kaktus mini Ariocarpus

Kaktus mini Ariocarpus

Jenis kaktus ini beda dengan yang lainnya, kenapa? Karena kaktus ini tidak berduri, dan yang membuat nya unik lagi, daun kaktus Ariocarpus memiliki bentuk prisma.

Ujung dari daun tersebut melengkung tumpul dan runcing. Daya tarik yang lain adalah bunganya, untuk jenis kaktus Ariocarpus memiliki bunga berwarna ungu, kuning,pink, putih dan merah.

Kaktus mini Cereus Tetragonus

kaktus mini Cereus Tetragonus

Kaktus jenis ini cocok untuk ditanam diluar ruangan, diletakan disekitar pagar atau sekitar jendela, itu akan menambah estetika dari ruangan itu.

Kaktus ini berasal dari Amerika dan bisa tumbuh tinggi seperti kaktus pada umumnya.

Ciri identiknya adalah memiliki duri putihyangmenyerupai kastil.

Kaktus Mini Echinocactus Grusonii

Kaktuskaktus Mini Echinocactus Grusonii

Kaktus jenis ini banyak dikoleksi oleh kaum milenial, dari yang suka kektus samapai hanya untuk iseng-iseng mengoleksi.

Kaktus jenis ini berbentuk meyerupai gentong, kaktus yang berasal dari Mexico dan Texas ini sering disebut juga golden barrel alias gentong emas.

Kenapa disebut gentong emas? Karena dari duri-duri di permukaan kulit kaktus ini berwarna kuning kecoklatan yang menyerupai emas.

Kaktus ini biasanya digunakan untuk menambah estetika suatu ruangan dan juga sebagai pengindah ruangan.

Kaktus Mini Echinofossulocactus

Kaktus Mini Echinofossulocactus

Untuk kaktus jenis ini, memiliki duri yang sangat besar, dan bahkan jika dilihat lebih dominan duri dari pada badan kaktus sendiri, untuk kaktus jenis ini cukup lambat dalam pertumbuhannya.

Memebuthkan 3 tahun untuk mengeluarkan bunga cantinya. Warna bunga yang dia mliki ada yang berwarna putih, merah dan kuning.

Kaktus Mini Ferocactus

 Untuk orang yang pertama kali melihat ini pasti kesan awal melihatnya mengerikan, namun kaktus jenis ini termasuk unik lhoo. 

Kaktus ini berbentuk bulat dengan batang yang berlekuk. Kaktus ini termasuk kaktus yang berukuran raksasa, karena diameternya bisa mencapai 40-45 cm.

Warna batangnya hiaju dengan duri tajam dan bunga yang kekar, menambah pesona kaktus ini.

Kaktus Mini Opuntia

Kaktus jenis ini beda dengan yang lain, karena bentuk nya yang unik. Kaktus ini  berbentuk seperti centong nasi, jenis ini sangat familiar di Indonesia.

Kaktus ini banyak di temukan di Bahama dan Mexico. 

Kaktus Mini Haworthia Attenuata

jenis kaktus

Bentuk kaktus ini seperti lidah buaya, dan memiliki corak berselang-seling seperti zebra.

Kaktus ini berasal dari Afrika Selatan. Selain bentuk dan warnanya yang menarik, kaktus ini menjadi rekomendasi untuk hiasan ruangan kamu, karena kaktus zebra hanya dapat bertahan hidup di tempat yang intensitas cahaya minim, tanpa harus terkena cahaya matahari setiap hari.

Kaktus Mini Parodia

Jenis kaktus

Sebutan lain dari kaktus ini adalah kaktus ball karena memeiliki betuk bulat seperti bola.

Ciri kaktus ball memiliki duri yang sangat tebal, serta memiliki bunga yang berkombinasi kuning,merah mudah.

Kaktus ini bisa menjadi rekomendasi penghias ruang tamu karena bukan hanya bentuknya yang menarik tapi juga tidak membutuhkan perawatan khusus.

Kaktus Mini Lobivia Oganmaru

jenis kaktus

Kaktus ini berbentuk seperti lempengan hijau dan mempunyai warna khas kuning mencolok di atasnya yang memiliki pesona lebih bila diletakan diatas meja atau pun di dekat jendela rumah. Kaktus Lobivia Oganmaru dapat tumbuh hingga 10 cm. 

Kaktus Mini Mammillaria Elongata

jenis kaktus

Kaktus berasal dari Mexico. Keunikan dari kaktus ini adalah bagian batang yang rata dengan duri, dan hampir tidak terlihat karena tertutup duri- duri halus.

Kaktus ini memiliki ukuran sekitar 20 cm dan memiliki bunga cantik berwarna putih. Biasanya diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Kaktus Mini Pincushion Cactus

jenis kaktus

Kaktus jenis ini biasa disebut the fishhook cactus, mempunyai duri-duri yang menancap hingga ujung bawah kaktus sehingga terlihat seperti mata pancing.

Kaktus Mini Cephalocereus Senilis

jenis kaktus

Sebutan lain bagi kaktus Cephalocereus senilis adalah kaktus orang tua. Tanaman hias ini disebut sebagai kaktus orang tua karena seluruh bagian kaktus diselimuti rambut halus berwarna putih.

Rambut putihnya bisa mencapai panjang 12 cm. Agar kaktus jenis ini bisa tumbuh, maka harus diletakkan di tempat yang mempunyai panas yang cukup dengan suhu sekitar.

Cara Merawat

cara merawat kaktus

Nah setelah kamu tau apa jenis-jenis kaktus, sekarang kita bahas cara merawatnya .

Bisa dibilang mudah untuk merawat tumbuhan kaktus, karena tidak banyak membutuhkan perawatan khusus.

Bisa dibilang tidak mudah karena belom memahami sitfat dan karakteristik dari kaktus itu sendiri.

Media Tanam

Untuk pemilihan media tanam kaktus, gunakan pasir. Karena aslinya kkatus adalah tanaman gurun.

Penyiraman

Tanaman kaktus menyukai tanah dengan kondisi yang cenderung kering dan tidak terlalu lembab. Penyiraman harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca.

Ketika kering atau kemarau tumbuhan kaktus bisa disiram 3 hari dalam 1 kali. Jika lembab atau musim hujan menyiram tanaman ini cukum 1 kali dalam 1 minggu.

Disarankan menyiram menggunakan setting spray dan menyiram air secukupnya.

Jika tanaman kaktus ini kembab, maka biasanya ujung dari tanaman ini akan lembek dan busuk.

Tempat

Tidak masalah dengan  sinar matahari, karena sinar matahari bisa menambah pertumbuhan kaktus dengan cepat, serta menambah nutrisi untuk tumbuhan kaktus.

Meski dengan begitu kamu harus memperhatikan kelembaban udara yang ada di sekitar tanaman kaktus.

Hal ini karena jika anda meletakkan di tempat yang terkena matahari secara langsung, bagian ujung tanaman kaktus akan berubah warna menjadi coklat kehitaman yang berarti tanaman kaktus sudah terbakar.

Pemberian Pupuk

Pupuk juga menjadi sumber nutrisi bagi tanaman kakatus, pupuk yang diberikan bisa pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk NPK.

Untuk memberi pupuk tidak boleh asal-asalan lhoo, caranya adalah ambil bagian atas media tanam kaktus (jangan dibuang) hingga menyisakan setengah pot media tanam, lalu masukkan/taburkan pupuk, setelah itu masukkan kembali tanaman kaktus tadi.

Terakhir timbun pupuk yang baru saja anda masukkan. Hal tersebut dilakukan agar pupuk tidak menguap sehingga hasil yang diberikan akan maksimal.

Mengganti Pot 

Tanaman kaktus yang sehat akan tumbuh semakin tinggi dan besar. Jika kamu menanam kaktus didalam pot, maka kamu perlu mengganti pot tersebut secara berkala.

Hal ini bertujuan agar media tanam yang tertampung di dalam pot dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kaktus hias.

Jika memaksakan tanaman kaktus hias kamu di pot yang berukuran kecil, justru akan membuat tanaman kaktus hias tersebut mati karena kekurangan nutrisi.

Untuk penggantian pot, sebaiknya dilakukan pada sore hari dan berhati-hatilah jangan sampai akar kaktus mengalami kerusakan yang fatal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *