25+ Jenis Tanaman Pangan di Seluruh Dunia Dijamin Terlengkap!

25+ Jenis Tanaman Pangan di Seluruh Dunia Dijamin Terlengkap!

Jenis Tanaman Pangan Dijamin Terlengkap ! – Tanaman pangan adalah tanaman yang memiliki kandungan protein yang tinggi, di Indonesia sendiri sangat melimpah jenis tanaman pangan. Pada umumnya tanaman pangan memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi.

Uniknya tanaman pangan yang tumbuh di beda daerah beda juga dengan jenis yang tumbuh, tanaman pangan dibagi menjadi 4 bagian besar yaitu padi, jagung, umbi-umbian, kacang-kacangan.

Disini kita akan membahas tuntas tentang jenis tanaman pangan dan ciri dari tanaman pangan. 

Tumbuhan Pangan

“Tumbuhan pangan” Pada umumnya, tumbuhan pangan terdiri dari biji- bijian, kacang- kacangan (kacang kering), sayur-mayur, buah, bumbu, dan jenis tumbuhan minuman semacam tumbuhan teh serta kopi, dan lainnya.

Penafsiran Tumbuhan Pangan

Tumbuhan pangan merupakan tumbuhan yang di dalamnya ada karbohidrat serta protein yang bisa digunakan bagaikan sumber tenaga untuk manusia. 

Tumbuhan pangan juga bisa dibilang sebagai tumbuhan yang dapat menjadi sumber utama tenaga untuk manusia.

Pada biasanya tumbuhan pangan termasuk dalam tumbuhan musiman ataupun yang sanggup menciptakan dalam waktu semusim saja.

Definisi Tumbuhan Pangan Menurut Para Ahli

Ada pula definisi tumbuhan pangan bagi para pakar, antara lain merupakan sebagai berikut;

Moeljopawiro & Manwan( 1992)

Tumbuhan pangan dikelompokkan jadi 3 diantaranya:

Komoditas utama, yang meliputi Oriza sativa, Zea mays, Glycine max, Arachis hipogaea, Phaseolus radiatus, Manihot utilissima serta Ipomoea batatas.

Komoditas potensial, yang meliputi Andopogon sorgum, Vigna sinensis, Cajanus cajan, Sesamum orientale, Colocasia esculenta, Dioscorea alata serta Metroxylon spp.

Komoditas introduksi, yang meliputi edulis, Panicum viridae, Triticum sativum serta Dolichos lablab.

Sunarti( 2007)

Tumbuhan pangan merupakan tipe tanaman sudah lama dimanfaatkan oleh warga di dekat hutan untuk dijadikan sebagai bahan kebutuhan pangan mereka.

Poerwadarminta (Yulianti, 2013)

Tumbuhan pangan yakni suatu yang berkembang, berdaun, berbatang, berakar dan bisa dimakan ataupun disantap oleh manusia (bila disantap oleh hewan disebut di pakan). Bahan pangan yang didapatkan dari hasil hutan berbentuk buah- buahan, kacang- kacangan, sayur- mayur serta tanaman yang memiliki karbohidrat.

Tipe Tumbuhan Pangan serta Manfaatnya

Serealia

Sereal merupakan biji yang bisa dimakan yang berasal dari famili rumput-rumputan (Poaceae ataupun Graminae). Biji-bijian tersebut merupakan caryopsis, yang merupakan buah kering, satu biji, dengan kulit luar yang keras menyatu dengan kulit biji. Butir tumbuhan sereal bisa jadi berbeda dalam dimensi serta wujud, namun mereka semua mempunyai struktur serta komposisi yang sama.

Sereal ialah tumbuhan yang ditanam untuk dipanen serta dimanfaatkan bijinya sebagai sumber karbohidrat. Tumbuhan serealia biasanya diperbanyak dengan bijinya dan dapat dibudidayakan di lahan sawah ataupun lahan kering.

Salah satu upaya untuk mendapat hasil yang maksimal untuk tipe serealia adalah dengan  menanam varietas yang cocok dengan keadaan area. Sampai saat ini sudah banyak dihasilkan varietas untuk tiap tipe tumbuhan serealia.

Macam tumbuhan serealia yang banyak disantap manusia antara lain, padi, jagung, jelai, gandum serta gandum gelap.

Berikut adalah contoh tumbuhan pangan Serelia

Padi (Oryza sativa)

Padi merupakan tumbuhan pokok warga indonesia, tumbuhan padi sangat mempengaruhi besar pada perekonomian yang bisa jadi tumbuhan ini telah di kembangkan buat menaikan penciptaan serta mutu.

Gandum (Triticum spp)

Gandum merupakan tumbuhan alternatif dari padi.

Sorghum (Sorghum bicolor)

Pada sebagian wilayah di indonesia tumbuhan ini telah di kembangkan dengan teknologi baru. Sorgum merupakan tumbuhan pengganti tumbuhan pokok dari tumbuhan pangan padi.

Biji-bijian

Biji-bijian adalah tumbuhan penghasil biji- bijian yang bisa jadi sumber tenaga utama manusia. Tipe tumbuhan pangan merupakan sumber tenaga yang baik untuk badan sebab memiliki bermacam- macam nutrisi berarti semacam protein, vit, mineral, karbohidrat, serta lemak sehat.

Biji-bijian berasal dari famili Fabaceae (Leguminosae), yang meliputi kacang kedelai,kacang tanah, kacang polong, serta lain-lain.

Walaupun mutu protein didalam biji-bijian tidak sebaik di dalam daging, sebab kacang- kacangan biasanya kurang mempunyai kandungan asam amino esensial metionin yang mencukupi.

Tetapi, keterbatasan ini bisa diatasi dengan konsumsi kacang- kacangan serta sereal bersama- sama

Contoh tumbuhan pangan Biji–bijian.

Jagung( Zea mays)

Jagung ataupun dalam Bahasa Latin (Zea mays L) merupakan salah satu tumbuhan pangan yang utama, tidak hanya padi serta gandum.

Jagung jadi sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan. Tidak hanya itu, jagung jadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk sebagian wilayah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) pula mengonsumsi jagung bagaikan pangan pokok.

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.)

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tipe tumbuhan kacang- kacangan ataupun legum yang tercantum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, dan bisa jadi kacang- kacangan kedua yang sangat berarti di Indonesia sehabis kedelai.

Tumbuhan kacang tanah bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak, sebaliknya bijinya bisa disantap serta dimanfaatkan bagaikan sumber protein nabati, minyak serta lain- lain.

Kacang kedelai (Glycine max L.) 

Adalah salah satu tipe tumbuhan kacang- kacangan yang dijadikan bagaikan bahan dasar banyak santapan dari Asia Timur.

Misalnya kecap, tahu, dan juga tempe. Di bermacam negeri seperi Jepang serta Tiongkok sudah menjadikan kedelai salah satu santapan yang hampir dinikmati oleh seluruh penduduknya.

Kedelai mempunyai nutrisi yang bermacam- macam, antara lain lemak tidak jenuh, protein, serat, kalsium, lechitin.

Kacang polong (Pisum sativum L.)

Kacang ercis ataupun kacang polong (Pisum sativum L.) dari suku kacang-kacangan ataupun Fabaceae ini adalah tanaman penghasil sayur yang berbentuk biji bercorak hijau. Kacang polong kaya karbohidrat serta protein, dan cepar membuat kenyang.

Masakan Indonesia yang banyak memakai kacang polong mayoritas merupakan santapan yang menemukan pengaruh dari Eropa dan Cina.

Umbi-umbian

Ubi jalar (ipomae batatas)

Ubi jalar (Ipomoea batatas L.) atau yang biasa didengar ketela rambat, huwi boled (Sunda), tela rambat (Jawa), sweet potato( Inggris), serta shoyo (Jepang), ubi jalar adalah sumber karbohidrat dalam sistem ketahanan pangan kita.

Tidak hanya memiliki karbohidrat, ubi jalar juga memiliki vit, mineral, fitokimia (antioksidan) serta serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).

Singkong (manihot esculenta)

Tumbuhan singkong atau yang biasa kita dengar ketela tumbuhan atau pun ubi batang (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika serta subtropika dari suku Euphorbiaceae. 

Umbinya bisa dimanfaatkan sebagaikan makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya bisa dijadikan sayur-mayur.

Umbi singkong memanglah kaya karbohidrat tetapi sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus malah terdapat pada daun singkong sebab memiliki asam amino metionina.

Kentang (Solanum tuberasum)

Tumbuhan kentang (Solanum tuberosum L.) tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang bisa dimakan. Kentang termasuk dalam santapan yang lezat dan sangat bernutris.

Tidak hanya karbohidrat, kentang juga memiliki beberapa vit diantaranya vitamin A, B- kompleks, sampai C, asam folat, mineral, protein, karotenoid, dan polifenol.

Ganyong (Cansa edulis)

Tumbuhan ganyong merupakan sejenis tanaman penghasil umbi yang terkenal namun kelestariannya tanaman ini terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengkonsumsinya.

Tumbuhan ganyong merupakan jenis tanaman berumpun dan tumbuhan herbal, seluruh bagian vegetatifnya mulai dari batang dan daun sedikit berlilin.

Tumbuhan ganyong berumbi besar dengan diameter antara 5-8, 75 centimeter dan panjangnya 10-15 centimeter, dan bisa mencapai mencapai 60 centimeter.

Daun tumbuhan ganyong memiliki bentuk elips memanjang dan lebar. Panjang daun dekat 15-60 centimeter sebaliknya lebarnya 7-20 centimeter.

Semoga artikel ini dapat membantu dan Have a nice day.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *