Makan khas jogja

Rekomendasi Kuliner Khas Jogja Tanpa Kecewa

Siapa yang enggak tau sebutan kota pelajar dan kota sejuta kenangan ini ?

Itu lah Yogyakarta, kota ini sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

Kota yang banyak menyuguhkan keindahan wisata dan kulinerya ini sering menjadi objek parawisatawan untuk berlibur atau sekedar menghilangkan rasa rindu akan ke eksotisan dari Yogyakarta.

Gak kalah dengan wisatanya yang terkenal, tapi juga kulinernya yang wajib kamu coba, apa aja sih? mari kita bahas.

Gudeg

Gudeg khas jogja
paketwisata.id

Siapa sih yang gak kenal gudeg? makanan yang bercita rasa manis ini selalu menjadi icon kota pelajar, dan setiap wisatawan selalu menyerbu makanan khas Jogja ini.

Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan satan. Perlu membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasakan makanan ini. Warna coklat didapat dari warna daun jati yang ikut di masak bersama nangka muda.

Biasanya gudeg di santap dengan nasi hangat, potongan ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.

Jenis gudeg ada tiga, yang pertama gudeg basah yang di sajikan dengan kuah (areh) encer, yang kedua gudeg kering yang disajikan dengan areh kental, yang jauh lebih kental dibanding kuah padang, yang terakhir gudeg solo yang disajikan dengan areh kuah putih.

Untuk satu porsi gudeg biasanya dibandrol dengan harga Rp 40.000,00.

Untuk rekomendasi tempat menyantap lezatnya makanan khas Jogja ini di Gudeg Yu Djum, tempat ini sudah lama berdiri dari tahun 1950 hingga saat ini, makanya Gudeg Yu Djum ini terkenal banget akan cita rasa yang legendarisnya.

Pokoknya kamu wajib banget nyoba, harus!.

Krecek 

krecek khas jogja
agrowindo.com

Nah, makanan ini punya cita rasa yang dominan pedas gurih, biasanya makanan khas Jogja ini disantap dengan gudeg, jadi satu paket gitu.

Krecek terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan, dan bisa dijadikan kerupuk atau masakan yang lainnya, untuk krecek sendiri dimasak menggunakan bumbu-bumbu sambal goreng.

Bakpia Pathuk

bakpia khas jogja

Makanan ini juga khas Jogja banget nih, ini cocok banget buat oleh-oleh karena simple dibawa kemana-mana.

Awal mula bakpia ini dari dataran Tiongkok,dan bakpia pathuk ini adalah salah satu perkembangan dari bakpia itu sendiri.

Bakpia pathuk terbuat dari adonan yang berbetuk pipih berisikan kacang hijau yang di baluri tepung dan di panggang.

Buat yang gak begitu suka kacang hijau, bisa lho nyoba bakpia isi coklat, ubi ungu, ketan hitam, nanas, durian, coklat kacang. Jadi gak ada alasan untuk gak nyoba ya.

Tempat rekomendasi untuk menikmati oleh-oleh khas Jogja ini adalah Pathok 25 bakpia,

tempat ini berdiri sejak 1948 hingga saat ini, masih ragu untuk mencoba?. 

Untuk harga 1 kardus isi 15 biji sekitar Rp 50.000,00 – Rp 65.000,00

Yangko 

yangko khas jogja
omiyago.com

Yangko merupakan jananan khas Jogja yang bercita rasa manis, makanan ini juga bisa dijadikan salah satu oleh-oleh khas Jogja.

Yangko ini terbuat dari tepung ketan. Dan berbentuk kotak dengan taburan tepung ketan, kenyal, dan rasa nya manis.

Pada rasa aslinya yangko berisis campuran cincangan kacang seperti kue mochi.

Oseng-oseng Mercon

oseng mercon khas jogja
tanahnusantara.com

Denger nama nya aja  udah kebayang gimana rasanya, yuupss pastinya pedes banget, dan makanan ini juga banyak di buru oleh para wisatawan pecinta pedas, jangan merasa jagoan pedes kalo kamu belum mencoba makanan ini.

Cita rasa yang super pedas membuat banyak orang merasa terpanggil untuk mencobanya, Bisa dikatakan oseng mercon khas jogja ini jadi menu yang spesial bagi para wisatawan dan juga penduduk kota Jogja.

Buat kamu yang mau mencoba menu ini kamu bisa datang ke Warung Bu Narti, ini adalah pendiri pertama oseng mercon khas Jogja. Jangan pernah meragukan maskan ini yaa.

Dan di warung ini di setiap malam minggu tingkat kepedasan nya lebih tinggi dari pada biasanya.

Untuk harga kamu cukup menyiapkan Rp 20.000,00 untuk menyantap makanan yang spesial ini.

Harus banget kamu coba yaa.

Cilok Gajahan

cilok gajah khas jogja
jogja.tribunnews.com

Jadi gak cuma Jawa Barat yang punya cilok, tapi Jogja juga punya dan gak kalah enak. 

buat kalian yang kejogja wajib banget ngerasain kelezatan dari cilok gajah ini.

Jangan berharap kamu bisa mudah mendapatkan cilok gajah ini, buakn karena tempat nya plosok jadi susah di cari, tapi karena panjang banget antriannyaaa. 

Untuk harga satu pentol Rp 500,00 murah bukan?. Kamu harus banget coba kenikmatan dari cilok gajah ini.

Cilok ini ada di alun-alun selatan jadi jangan khawatir ribet nyarinya, cukup kamu khawatir tentang antriannya aja :v.

Geplak

gaplek khas jogja
fimela.com

Siapa yang udah pernah denger makanan ini? kue terbuat dari adonan kelapa parut, tepung, dan gula yang kemudian diolah sehingga menghasilkan mekanan yang manis dan enak.

Kue geplak berbentuk bulat-bular kecil dengan tampilan warna-warni, sehingga membuat orang penasaran untuk mencoba.

Untuk mendapatkan makanan khas Jogja ini kamu cukup merogok koceng Rp 32.000,00 untuk satu kerdus nya. 

Cokelat Monggo

Cokelat monggo
katalogkuliner.com

Makanan ini cocok banget buat dijadiin oleh-oleh nih, wajib banget kamu beli ini yoow. Buat yang pengen ngerasaain sensasi makan cokelat asli indonesia bisa banget nih mampir kesini.

Cokelat monggo ini terbuat dari 69% dark chocolate rasa cokelat yang cenderung pahit memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang diet.

Banyak varian rasa mulai dikembangkan, antara lain rasa buah-buahan, Caramello, White Chocolate, Marzipan, Red Chili, hingga rasa Rendang.

Untuk harga ukuran 40gram di bandrol dengan Rp 17.00,00, dan ukuran 80 gram dibandrol Rp 29.000,00.

Siap buat  mencobanya?.

Sate klatak

sate klatak khas jogja
dolanyok.com

Sate klatak wajib banget masuk ke dalam list wisata kuliner yang akan kamu kunjungi selanjutnya. Keunikan dari sate klathak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk memakai jeruji, berbeda dari sate pada umumnya.

Dan yang bikin tambah  ngileerr, bumbu yang dipake sedikit berbeda ditambah dengan siraman kuah gulai yang menggugah selera akan menambah selera makan mu.

Untuk harga Rp20.000,00 kamu bisa menikmati satu porsi sate klathak khas Jogja dengan 2 tusuk sepiring kuah gule beserta nasi putih.

Tengkleng Gajah 

Tunggu.. jangan berfikiran ini tengklengnya gajah yaa, tapi daging kambing yang disajikan dalam porsi besar. Tengkleng gajah disajikan dalam bentuk tengkleng tongseng ataupun tengkleng goreng.

Yang dimaksud tengkleng gajah adalah Tulang kambing ukuran besar dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah khusus, sehingga mengeluarkan citarasa yang khas dan nikmat.

Untuk hargan tengkleng gajah Rp 29.000,00, murah bukan?.

Ayam Geprek

ayam geprek khas jogja
grab.com

Yuups, ini adalah menu makanan yang murah dompet dan yang paling banyak dinikinati oleh para mahasiswa. Bisa dibilang di Jogja sendiri sudah menjamur warung-warung ayam geprek.

Ayam geprek adalah ayam goreng yang digeprek dengan pesanan cabe sesuai selera. Satu porsi ayam geprek dihargai tidak lebih dari 12 ribu, siapa coba yang enggak tergiur?

Rekomendasi tempat makan ayam geprek, yaitu Ayam Gobyoss, kenapa? karena disana kita bayar sekali tapi bisanambah berkali-kali, untuk nasi dan es teh kita cukup membayar sekali dan boleh ambil lagi, enak kan? :v.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *