Macam-macam kopi

Macam Kopi Nusantara yang Mendunia


Kopi adalah salah satu jenis minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai dan ditumbuk halus, enggak sedikit lhoo yang suka dengan minuman yang satu ini.

Dari kalangan muda hingga tua cocok dengan minuman yang satu ini, karena banyak juga lhoo manfaatnya.

Terus jenisnya kopi tu ada apa aja si?. Terus manfaatnya apa?. Kalo kopi yang paling banyak diminati apa?

Yuk kita bahas semua disini.

Jenis-Jenis Kopi

Ada banyak jenis kopi yang di jual dipasaran, tapi untuk pembagiannya yang paling terkenal ada 2 kopi yaitu, yaitu arabika dan juga robusta. Dan masing-masing mempunyai keunikan tersendiri.

Kopi Arabika 

macam kopi arabika
pexels

Kopi arabika termasuk dalam kopi tradisional dengan cita rasa terbaik, kopi asal Brazil dan Etiopia  ini adalah kopi pertama kali yang ditemukan dan diolah oleh manusia sampai sekarang.

Kopi ini sekarang sudah dibudidayakn di berbagai belahan dunia. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara tropis atau subtropis.Dan kopi ini menguasai 70% pasar kopi dunia.

Ciri-ciri kopi arabika :

  • Memiliki rasa asam yang tidak ada di kopi lain
  • Aroma kopi sangat kuat mirip cokelat, teh hitam atau kacang-kacangan
  • Kandungan dalam kopi lebih banyak dari pada jenis kopi robusta
  • Agak manis dan asam ketika di kecap
  • Kopi arabika mengandung 1,2% kafein
  • Lembut dan tidak terlalu pekat ketika diseduh

Jenis Kopi Arabika Lokal yang Mendunia

Kopi Gayo

Kopi ini berasal dari Aceh, kopi ini sangat banyak diminati oleh banyak orang, seperti masyarakat lokal atau pun luar negri.

Kopi gayo ini memiliki aroma yang khas dan berbeda dari kopi-kopi yang lainnya. Kopi ini cocok untuk kamu yang bukan pecinta kopi asam. Rasa kopi ini dominan pahit dan tingkat keasamannya rendah.

Aromanya yang membuat banyak orang jatuh cinta, menjadikan kopi gayo mendapatkan posisi tertinggi untuk kategori kopi organik terbaik didunia.

Kopi Toraja

Selanjutnya, kopi ini berasal dari Sulawesi Selatan, nama toraja di dapatkan dari dua daerah yang berbeda, yaitu Toraja dan Kalosi, Kalosai adalah kota kecil di Sulawesi Selatan tempat pengumpulan kopi dan Toraja adalah nema daerah pegunungannya.

Kopi ini memiliki rasa yang seimbang dan juga unik, kopi ini mempunyai rasa asam yang rendah, dan memiliki rasa unik dan khas, seperti ada unsur tanah pada kopi ini.

Snsasi pahit pada kopi ini lansunghilang ketika sudah diteguk, sehingga tidak menggalkan after taeste ( rasa setelah meminumnya).

Kopi ini juga terkenal lhoo di negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman.

Kopi Wamena 

Kopi ini berasal dari Papua, Uniknya kopi ini ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia, biasanya kopi pada umumnya ditanam di ketinggian 1.200 mdpl,sedangkan untuk tumbuh kopi wamena ditanam pada ketinggian minimal 2.000 mdpl.

Itu yang membuat kopi ini memiliki cita rasa yang harum dan tajam.

Dan kopi ini termasuk kopi yang langka, karena susah untuk menanamnya dan harus di dataran tinggi pula.

Kopi Flores 

Kopi ini berasal dari Nusa Tenggara Timur, meski ditanam di dataran tinggi yang dikelilingi gunung aktif, abu yang dihasilkan dari gunung aktif inilah yang menjadi pupuk bagi tanaman kopi wamena.

Itu lah penyebabnya kopi wamena memiliki rasa yang abadi dibanding kopi lainnya, aromanya yang cukup bertahan lama, itulah pesona dari kopi ini banyak dicari oleh penikmat kopi tanah air.

Kopi Kintamani

Kopi ini berasal dari Bali, Kopi ini cukup populer dibeberapa negara seperti Jepang, Eropa dan beberpa negara Arab. 

Cita rasa kopi ini didomonasi oleh asam citrus segar dan wangi aroma bunga. Tingkat keasaman kopi ini termasuk rendah dan tingkat kekentalannya sedang.

dan itu yang membuat kopi ini di sukai oleh penikmat kopi lokal ataupun mancanegara.

Kopi Robusta 

Macam kopi robusta
pexels

Kopi robusta adalah salah satu jenis kopi yang terkenal selain arabika, kopi ini juga banyak diminati terutama oleh penikmat kopi lokal, rasa yang di hasilkan sangat kuat dan kafein yang ada di dalam kopi robusta jauh lebih banyak daripada kopi arabika.

Untuk kopi jenis ini aromanya tidak sekuat kopi arabika, dan kekentalannya sedang sehingga berat dan bercitarasa pahit.

Ciri-ciri dari kopi robusta adalah :

  • Bentuk kopinya lebih bulat dibanding arabika
  • Rasanya lebih pahit dan keasaman rendah
  • Robusta lebih tahan lama
  • Penanaman lebih mudah
  • Harga lebih murah

Jenis Kopi Robusta Lokal yang Mendunia

Kopi Sidikalang

Kopi ini berasal dari Sumatra Utara, kopi ini memiliki cita rasa yang terjamin enaknya. Bahkan tidak hanya penikmat kopi lokal yang menyukai kopi ini, gahkan hingga penikmat kopi mancanegara dibuat terpesona oleh kopi ini.

Ciri khas dari kopi ini adalah kental, keasaman yang rendah dan cita rasa pahit yang tinggi. 

Kopi Lampung

Terlihat dari nama nya, kopi ini berasal dari Lampung dan Lampung sendiri menjadi daerah yang memiliki kopi robusta terbaik se-Indonesia.

Cita rasa kopi ini memiliki cita rasa dan bau yang kuat, untuk kadar keasaman kopi ini mencapai tingkat yang pas. Jadi aman untuk diaplikasikan.

Kopi Dempit

Kopi ini berasal dari tanah Jawa Timur, yaitu Malang, kenikmatan dari kopi ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, buktinya kopi ini sudah sampai luar negri, seperti Eropa. 

Bahkan tidak sedikit penikmat kopi manca negara yang memburu kopi ini. Cita rasa dari kopi ini wangi caramel dan juga wangi roti manis, wangi khas kopi dengan campuran wangi caramel menjadi pesona dari kopi ini.

Manfaat Minum Kopi

Sebagai Sumber Antioksidan

Kopi merupakan sumber oksidan yang baik, bahkan dengan menghirupnya saja kamu sudah bisa mendapatkan manfaat ini

Penghilang Setress

Manfaat ini yang paling banyak dirasakan oleh penikmat kopi, sering mereka mengalami kenyamanan ketika meminum secangkir kopi.

Menurunkan Berat Badan

Siapa yang lagi diet? bisa banget kamu mengonsumsi kopi, Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat, dan kafein yang bisa menurunkan berat badan seseorang.

Dapat Mencegah Diabetes

Dengan mengonsumsi kopi dengan takaran yang pas ternyata ampuh banget, dengan diimbangi olahraga yaa.

Meredakan Sakit Kepala

Tidak perlu membeli obat ataupun periksa ke dokter, ketika sakit kepala cukup kamu mengonsumsi kopi hitam secukupnya, jadi gak perlu ribet-ribet kan?.

Memperkuat Tulang

Ternyata kita juga bisa lho menambah kekuatan tulang kita dengan mengonsumsi kopi secara teratur. Ini bisa menjadi suatu alternatif bagi orang yang alergi susu atau alergi protein susu.

Mengatasi Wajah Berminyak

Pastinya wajah berminya itu bikin risih, kelihatan kucel dan juga kusam, ternyata dengan menggunakan kopi sebagai bahan membuat masker juga ampuh untuk mengurangi minya berlebih di wajah lho.

Membantu Meningkatkan Daya Ingat Jangka Pendek

Buat kamu yang sering lupa sesuatu, naroh kacamata lah, naroh botol minum lah atau apapun itu, bisa nih jadi reverensi minuman tambahan :v.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *