9+Macam-Macam Serealia yang Wajib Kamu Tau

9+Macam-Macam Serealia yang Wajib Kamu Tau

Macam-macam serealia Serealia atau yang lebih kita sering dengar adalah seral atau juga biji-bijian, dalam bahasa Inggris disebut Cereal yang memiliki arti sekelompok tanaman yang ditanam untuk diambil atau dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber dari karbohidrat.

Mayoritas serealia datang dari anggota kelompok tanaman padi-padian dan yang biasa disebut sebagai serealia sejati.

Ada beberapa serealia yang dikenal memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga dianggap sebagai serealia utama, seperti padi, jagung, gandum, jelai dan juga yang lainnya.

Ada juga yang disebut sebagai serealia semu yaitu buckwheat, bayam biji dan kinoa. Dan ada beberapa serealia yang dikenal untuk pakan burung berkicau seperti jewawut dan milet. 

Namun ada beberapa tanaman yang menghasilkan pati tapi tidak digolongkan kedalam serealia karena bukan dipanen biji atau bulirnya. 

Nah dalam artikel ini kita akan membahas tentang “Apa aja sih macam-macam dari serealia?” dan “Apa aja sih manafaat dari serealia tu?”.

Macam-Macam Serealia

Padi

Padi Gambar serealia
pixabay.com

Macam-macam serealia ini adalah salah satu tanaman yang sangat famliiar bagi kita terutama untuk masyarakat Indonesia.

Padi termasuk dalam suku padi-padian atau Poaceae. Padi memiliki ciri-ciri ternak semusim, memiliki batang yang pendek, akar yang serabut, batangnya yang terbentuk dari rangkain pelepah daun yang berlapis-lapis dan memiliki warna hijau tua.

Tanaman yang memiliki nama latin Oryza Sativa ini mmeiliki tipe buah kariopsis yang berarti tidak dapat dibedakan antara biji dan juga buahnya, ukuran untuk bulir padi kira-kira 3mm-15mm yang tertutup oleh sekam atau palea dan lemma.

Tanaman ini memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan itu sangat berguna bagi tubuh kita, diantara lainnya adalah untuk sumber energi, mengobati gangguan pencernaan, mengobati bisul, jerawat dan juga obat flu dan tak jarang juga pagi digunakan untuk bahan dasar kecantikan.


Baca Juga Artikel Lainnya

Gandum

Gambar serealia gandum
pixabay.com

Macam serealia selajutnya adalah gandum, gandum adalah salah satu tanaman yang banyak menjadi salah satu bahan dasar untuk pembuatan olahan serealia, gandum juga dikenal sebagai tanaman sereal yang paling tua dan juga paling penting.

Gandum sendiri adalah makanan pokok yang digunakan oleh peradaban Eropa, Asia Barat dan Afrika dari 8.000 tahu yang lalu.

Didalam gandum sendiri memiliki banyak mengandung karbohidrat, protein, serat, Vitamin B, Vitamin E, dan juga yang lainnya.

Tanaman yang memiliki nama latin Triticum sp ini termasuk juga kedalam suku padi-padian yang mengandung banyak karbohidrat, dahulu selain menjadi makanan pokok gandum juga digunakan sebagai bahan pokok pembuatan tepung terigu, pakan ternak dan juga difermentasi untuk dijadikan sebagai alkohol.

Manfaat gandum lainnya diantaranya adalah 

  • Akan membuat pengonsumsinya merasakan kenyang dengan jangka waktu yang cukup lama
  • Mengonsumsi gandung secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Gandum juga baik untuk menurunkan berat badan.
  • Mangonsumsi gandum juga memiliki manfaat untuk mencegah sembelit.
  • Dan ternyata dengan mengonsumsi gandum secara teratur juga bisa mengurangi resiko kanker lho.

Oat atau Haver

Gambar serealia
pixabay.com

Oat yang dikenal juga sebagai haver ini adalah salah satu macam serealia yang banyak ditemukan di daerah sub tropis dan juga sedang. 

Bulir yang dihasilkan haver ini sangat memiliki banyak manfaat seperti untuk pakan kuda, tanaman yang memiliki nama latin Avena Sativa ini  merupakan bentuk domestik dari jenis yang setengah liar, dan tanaman ini juga menjadi salah satu sumber pangan pokok untuk para peradaban Asia Barat dan Eropa.

Oat sendiri kaya akan nutrisi yang bisa jika kita konsumsi secara teratur akan menurunkan kolesterol. Di Indonesia sendiri produk oats dikenal dari jenis bubur yang diperkenalkan oleh para penjajah belanda, yang dikenal sebagai havermut.


Baca

Baca Juga Artikel Lainnya

Sorgum

serealia sorgum

Sorgum adalah adalah tanaman yang asli dari Australia, dan pada akhirnya merambah ketempat lain, seperti Afrika, Asia, Mesoamerika dan pulau-pulau yang ada di Samudra Hindia dan Pasifik.

Tanaman sorgum mirip dengan tanaman jagung, tetapi sorgum lebih tinggi dan cocok ditanam didaerah yang kering ataupun berair.

Tanaman yang memiliki bana latin Sorgum sp ini termasuk dalam serealia yang banyak digunakan sebagai maknan pokok, bahan baku industri dan juga pakan ternak.

Sorgum sendiri menjadi makanan pokok didaerah Asia Selatan dan juga Afrika. Untuk di Indonesia sendiri sorgum sudah mulai dibudidayakan. 

Manfaat lain dari sorgum sendiri adalah :

  • Daun sorgum biasanya dijadikan makanan ternak, dari tangkai hingga daunnya.
  • Batang sorgum, batang sorgum yang masih muda biasanya diolah menjadi sirup karena memiliki citarasa yang manis.
  • Akar sorgum, bisa diolah menjadi jamu, dan jika dikonsumsi secara teratur bisa memperlancar peredaran darah lho. 
  • Biji sorgum memiliki kandungan yang sangat kaya seperti protein, kalsium, dan karbohidrat yang lebih besar dibanding beras dan jagung.

Jelai

macam-macam serealia
pixabay.com

Jelai adalah biji-bijian serealia yang ditanaman didaerah neriklim sedang, dan jelai adalah tanaman serealia pertama yang dibudidayakan di Eurasia dari 10.000 tahun yang lalu.

Tanaman yang memiliki nama latin Herdeum Vulgare ini memiliki manfaat sebagai pakan ternak,sebagai salah satu komponen yang penting dalam pembuatan makanan sehat, penghasil malt dan juga bisa difermentasi untuk menghasilkan minuman alkohol.

Fonio

serealia fonio
http://smpn1karanganom.sch.id/

Tanaman serealia yang satu ini memiliki biji yang lebih kecil dibanding yang lain yang tergolong dalam kelompok milet. 

Ada dua jenis fonio yang pertama adalah Digitaria Exilis dan Digitaria Iburua, yang membedakan hanya dari ukuran bijinya. Tanaman ini termasuk dalam tanaman yang penting bagi beberapa bagian negara Afrika Barat. 

Manfaat fonio diantaranya adalah :

  • Karena didalam fonio memiliki kandungan kalsium yang tinggi fonio dapat mencegah Osteroporosis.
  • Zat besi yang terkandung dalam fonio juga bisa lho mencegah terjadinya Anemia.
  • Malancarkan sirkulasi darah
  • Menjaga kesehatan sistem syaraf
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Memenuhi kebutuhan energi
Baca Juga Artikel Lainnya

Milet

serealia milet

Milet adalah kelompok tanaman serealia yang memiiki biji berukuran kecil. Dan tanaman serelaia yang masuk kedalam kategori milet diantarnya adalah : milet mutiara, jweaeut, proso, fonio dan korakan.

Milet menjadi salah satu makanan pokok di Asia Selatan dan juga Afrika dan untuk negara lain hanya untuk pakan ternah atau burung. 

Ada banyak kandungan yang terdapat di tanaman milet seperti vitamin B, mineral, vitamin B6, niasin, folat, zat besi, kaliun, magnesium dan juga zinc.

Manfaat mitel diantaranya adalah :

  • Melancarkan pencernaan.
  • Meningkatkan kepadatan tulang.
  • Baik untuk kulit.

Jewawut

macam-macam serealia
id.wikipedia.org

Sama dengan tanaman yang lain, jewawut juga pernah menjadi makanan pokok masyarakat Asia Tenggara dan juga Asia Timur sebelum mengenal padi.

Ukuran biji dari Setaria Italica ini mirip dengan padi yaitu 3 mm, uniknya jewawut ini memiliki berbagai macam warna, seperti hitam, ungu, jingga kecoklatan dan merah.

Ada dua macam tanaman jewawut yang pertama Setaria Italica Var Italica dan Setaria Italica Var Moharica, perbedaan dari kedua macam jewawut ini adalah, macam pertama dikonsumsi untuk manusia dan yang kedua dikonsumsi untuk pakan burung.

Jali

serealia jali
smpn1karanganom.sch.id

Macam tanaman serealia selanjutnya adalah jali, tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan tanaman ini berasal dari Asia Timur dan juga Malaya, dan sering dengan berjalannya waktu sekarang tanaman jail sudah mudah untuk di temukan di penjuru dunia.

Ada dua macam tanaman jali yang pertama adalah Coix lacryma-jobi var.lacryma-jobi, jenis ini memiliki cangkang yang berbentuk oval dan sering dimanfaatkan untuk dijadikan manik-manik.

Yang kedua Coix lacryma-jobi var.ma-yuen untuk jenis yang ini sering dijadikan makanan dan juga dijadikan sebagai bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

Kinoa

serealia kinoa
kumparan.com

Tanaman kinoa adalah salah satu macam serealia ynag sangat cocok untuk dijadikan sebagai sumber gizi, karena kinoa memiliki karbohidrat dan protein.

Chenopodium quinoa willd ini menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian pegunungan Andes dan Amerika Selatan

Manfaat kinoa diantaranya adalah :

  • Membantu menurunkan berat badan karena kinoa memiliki kandungan serat.
  • Membantu mencegah ostioporosis.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Melancarkan proses pencernaan.

Ini adalah beberapa macam-macam serealia yang wajib kamu tau, semoga membantu.

Have A Nica Day

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *