makanan khas madura

Rekomendasi Makanan Khas Madura Anti Kecewa

Kurang lengkap rasanya jika kamu berkunjung kesuatu tempat tanpa mencicipi makanan khas dari daerah itu sendiri.

Terutama Madura, Madura terkenal dengan cita rasa makanan khasnya, banyak sekali makanan yang sudah terbukti akan kenikmatannya .

Kira-kira apa yang kamu tau tentang makanan khas Madura? Soto? Sate?. Yuk kita bahas makanan khas apa aja sih yang harus kamu coba di Madura.

Sate Madura

sate khas madura

Siapa yang belom tau makanan khas yang populer satu ini? Hampir di setiap kota banyak warung makan sate Madura, meski begitu beda sensasinya makan dikota lain, yakan?

Bahan dari sate Madura ini sangat beragam, ada yang menggunakan daging ayam, daging sapi, dan daging kambing. Perpaduan sate dan bumbu khas Madura ini menciptakan makanan yang siap menggoyang lidah kamu.

Untuk Harga satu porsi sate Madura Rp 20.000,00 – Rp 32.000,00. Gak ada salahnya kamu mencoba makanan ini di kota asalnya kan?.

Bebek Songkem

bebek songkem khas madura

Penyajian dari menu kuliner ini adalah dibungkus menggunkan daun pisang, atau dipepes.

 kira-kira apa yang kalian tau tentang makanan khas Madura? Soto? Sate?

Sudah jelas bahan yang digunakan adalah daging bebek yang berkualitas dan bumbu rempah-rempah. Dan dikukus selama tiga jam.

Cita rasa makanan khas Madura ini adalah pedas dan gurih, di tambah bumbu yang meresap kedalam daging bebek itu sendiri. Kebayangkan lezatnya gimana?.

Untuk bisa menikmati menu ini kamu cukup merogoh kocek kira-kira Rp 22.000,00. Wajib banget kamu mencoba makanan ini.

Soto Madura

soto khas madura

Selain sate, soto khas Madura juga cukup terkenal, mungkin di beberapa kota diIndonesia mudah untuk mencarinya, tapi di setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda bukan?

Nahh begitu juga dengan di Madura, Soto ini berbahan dasar daging sapi, telur rebus, tauge dan juga kentang goreng, yang memebuat nya beda dare soto yang lain adalah, isian nya yang paling lengkap diantara soto yang lain.

Untuk bisa menikmati sedap dan segarnya soto khas Madura kamu cukup merogoh kocek Rp 17.000,00 sampai Rp 20.000,00.

Topak Ladeh

tapak lodeh khas madura

Jika kamu sudah merasa boan dengan opor ayam, bisa nih menu ini dijadikan alternatif ke dua. Topak ladeh.

Topak ladeh, komposisi dari makanan ini mirip seperti ketupat sayur, bedanya topak ladeh terbuat dari rempah-rempah dan parutan kelapa, serta campuran dari daging sapi, untuk pelengkapnya bisa ditambah kacang panjang dan sayur markisa dengan topping bawang goreng dan cabai.

Untuk menikmati sepiring kebahagiaan yang sederhana ini kamu cukup merogoh kocek  Rp 10.000,00 sampai Rp 20.000,00.

Kaldu Kokot

kaldi kokot khas madura

Dalam bahasa Jawa kokot artinya tulang sapi, dari sini kita sudah tau apa bahan utama dari makanan ini.

Yupss bahan utama dari makanan ini adalah tulang sapi yang tak lupa dengan susumnya.

Tulang sapi tersebut dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan juga kacang hijau.

Dari aromanya kamu akan menikmati betapa gurih dan lezatnya makanan ini. Belum lagi ditambah penyajiannya yang menampilkan tulang sapi dan susumnya, udah ngileer belom?.

Ditambah juga dengan tekstur daging yang lembut, melengkapi kenikmatan dan kelezatan makanan ini.

Untuk menikmati makanan ini kamu harus merogoh kocek Rp 40.000,00, tenang harga tidak akan menghianati rasa kok.

Lorjuk

Lorjuk khas madura

Ada yang tau lorjuk? lorjuk adalah salah satu jenis kerang, yang memiliki cangkang seperti bambu. 

Banyak jenis makanan yang menggunakan bahan dasar dari lorjuk ini, dari rangginang lorjuk, tumis lorjuk, lorjuk goreng dan yang lainnya.

Dan ternyata juga ada manfaatnya lho lorjuk ini, bisa mencegah penyakit jantung, mengendalikan tekanan darah dan mengontrol kolesterol.

Soto Mata Sapi

soto mata sapi khas madura

Gimana kesan pertama kamu mendengar nama makanan khas Madura ini? Makanan ini di bahan dasari oleh mata sapi betulan, bukan yang dibuat-buat yak.

Ada tantangan sendiri pasti untuk memakan makanan khas Madura ini, tapi janagn khawatir, makanan ini sangat banyak diburu karena keunikan nya yang berbahan dasar dari mata sapi.

Dengan bahan dasar mata sapi, mata sapi dibalut dengan tepung dan dicampur kuah yang kaya akan rempah. Kebayang gak segernya?.

Cara menikmati makanan khas Madiun ini cukup dengan nasi hangat atau lontong, dan waktu paling tepat untuk menikmati makanan ini adalah ketika suasanan dingin. 

Untuk rasa gak usah ditanya, sudah banyak orang yang membuktikan bahwa makanan ini sangat nikmat.

Tidak usah khawatir masalah harga, kamu cukup merogoh kocek Rp 12.000,00 untuk menyantap semangkuk makanan yang menantang ini. Selamat mencoba.

Nasi Serapang

Nasi serapang khas madura

Sekilas makanan ini mirip dengan nasi campur biasa, tetapi di dalamnya sangat kaya akan rempah-rempah yang begitu menggambarkan pulau Madura.

Untuk isiannya kamu cari hewan dari laut sampe darat ada :v, kerang, ikan tongkol dan daging sapi.

Untuk harga makanan khas Madura ini mulai dari Rp 15.000,00 sampai Rp 20.000,00.

Tajin Sobih

Tajin sobih khas madura

Makanan ini sekilas mirip dengan bubur sumsum. tetapi kamu akan merasakan adanya perbedaan.

Makanan khas Madura ini memiliki dua bahan dasar yaitu tepung ketan dan tepung terigu yang disiram menggunkan gula jawa cair yanag akan menimbulkan rasa manis dan legit.

Unuk mrasakan nikmatnya maknan khas Madura ini kamu cukup merogoh kocek Rp 4.000,00 sampai Rp 5.000,00.

Apem

kue apem khas madura

Berbeda dengan kue apem di daerah lain, apem khas dari Madura ini menggunakan kuah gula merah yang dicampur dengan jahe dan kayu manis untuk menambah sensasi manis dan legit.

Untuk harga makanan khas Madura ini kamu cukup merogoh kocek Rp 2.000,00 sampai Rp 8.000,00.

Es Kobbu

es kobbu khas madura

Setelah mencari kuliner khas Madura, tentunya gak lengkap dong kalo gak mencoba minuman khasnya juga.

Es kobbu bisa menghilangkan haus dahaga panas nya pulau Madura, campuran dari gula aren dan cengkeh yang direbus bersama jahe dan pala serta air daun pandan.

Minuman ini biasanya disajikan denga campuran kelapa muda atau cincau dan tak lupa es batu yang menjadi penyegar.

Untuk merasakan kesegaran minuman ini kamu cukup merogoh kocek Rp 10.000,00.

Rujak Cingur

Rujak cingur khas madura

Biasanya rujak cingur identik dengan kota Surabaya. Dari bahan isiannya pun sama.

Cingur sapi, petis, lontong, timun, mangga, kedondong, bengkoang, kangkung rebus, tahu, tempe, tauge dan kerupuk.

Apa yang beda? Rujak cingur khas Madura menggunakan petis yang terbuat dari ikan pindang, yang menjadikan perbedaan serta memberi rasa gurih pada makanan khas Madiun ini.

Untuk merasakan makanan khas madiun in kamu cukup merogoh kocek Rp 10.000,00 sampai Rp 20.000,00.

Los Elos

los elos khas madura

Beralih ke makanan ringan khas Madura, makanan ini terbuat dari singkong yang di campur dengan gula merah. dan memiliki tekstur kenyal.

Penyajian makanan ringan khas Madura ini biasanya dibalut oleh daun pisang.

Harga dari maknan ringan ini Rp 500,00. murah bukan?.

Kocor 

kocor khas madura

sekilas makanan ini mirip dengan kue cucur, tapi rasa makanan ini mirip dengan combro.

hanya saja kocor terbuat dari beras yang diisi gula merah kemudian di goreng. Hingga memiliki rasa perpaduan antara gurih dan manis dari gula jawa.

Untuk harga kue ini Rp 2.000,00 per biji.

Tattabun

tattabun khas madura

Makanan ini terbuat dari gula merah yang di campur dengan ubi jalar yang sudah di rebus, lalu adonan tadi di bentuk lalu ditaburi kelapa parut.

Cita rasa dari makanan khas ini adalah manis dan legit. 

Harga untuk makanan ringan khas Madura ini Rp 2.000,00 per isian 5.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *