Makanan khas solo

Rekomendasi Kuliner Khas Solo Tanpa Kecewa


Buat kamu yang doyan kulineran, wajib banget buat ke Solo, kenapa? Karena di Solo banyak banget makanan yang wajib kamu jadiin list buat dicoba.

Dari mulai makanan berat sampai makanan ringan ada semua dan pasti nya bakal buat kamu ngileerr. Pokoknya Solo enggak akan buat kamu kecewa dehh.

Selain makanan Solo yang bikin kamu ngileerrr, di Solo juga terkenal kulinernya yang murah-murah, siapa si yang enggak suka murah? Apa lagi kamu, iyaa kamu. Ya kan?.

Nasi Liwet

Nasi Liwet khas solo
nina_epicure

Siapa yang tau nasi liwet? Nasi liwet ini adalah salah satu kuliner berat yang terkenal, dan yang paling dicari oleh wisatawan.

Nasi liwet terdiri dari nasi gurih, sayur jipang, suwiran daging ayam, telur dan kuah kental yang biasa disebut (kumut) dan bahan yang lain. Dengan semua isian nasi liwet kamu enggak akan kecewa dengan rasanya.

Dan penyajiannya, masih sangat tradisional yaitu menggunkan daun pisang yang di tekuk dan disematkan lidi, yang biasa disebut pincuk.

Di Solo banyak banget yang jual nasi liwet, tapi ada lhoo yang paling legendaris dan terkenal Nasi Liwet Wongso Lemu yang berlokasi di Keprabon Jalan Teuku Umar ( dekat Kraton Mangkunegara).

Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1950, jadi enggak heran dong kualitas rasanya, itu juga yang membuat Nasi Liwet Wongso Lemu terkenal.

  • Alamat :  Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Jam : 16.00 – 02.00 WIB
  • Harga : Mulai dari 20.000,00 IDR per porsi

Timlo

Timlo Khas solo
kulinere_areksuroboyo, solongunyah, rosan1209

Makanan khas Solo ini bisa kamu temukan di daerah Pasar Gedhe. Warung Timlo Solo Sastro. Kuliner ini menawarkan kesegaran soto khas Solo yang enggka ada duanya.

Isian dari timlo adalah potongan ati empela, suwiran daging ayam, mie soun, irisan sosis solo, wortel, potogan telur masak kecap dan potongan telur dadar, seletah itu di siram dengan kuah kaldu dan taburan bawang goreng  yang kaya akan rasa. Dah ngileerr belom?.

Warung Timlo Solo Sastro telah berdiri dari tahun 1952 hingga saat ini, Warung Timlo Solo Sastro tidak pernah sepi dari pengunjung lhoo, masih meragukan cita rasanya?.

  • Alamat : Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam : 06.00-15.30 WIB
  • Harga : Mulai dari 25.000,00 per porsi

Sate Buntel

sate buntel Khas solo
phinemo, soloculinery

Siapa yang udah pernah denger? Yuups sate ini terbuat dari daging kambing yang dicacah dibungkus dengan lemak kambing tipis dan dibakar. Dari bakaran lemak itu akan menambah aroma yang sedap juga menggugah selera makan.

Dilengkapi juga dengan sambal kecap, serta irisan bawang merah, cabe rawit, sayur kol dan juga jeruk nipis yang akan menggoyangkan lidah kamu dengan perpaduan yang sempurna.

Salah satu spot sate buntel di Solo adalah Sate Kambing Bu Hj. Bejo.

  • Alamat : Jl Sungai Sebakung, No 10, Pasar Kliwon, Kota Surakarta
  • Jam : 07.00 – 13.00 WIB
  • Harga : Mulai dari 35.000,00 IDR per porsi dengan dua tusuk sate buntel

Tengkleng

  • Tengkleng Klewer khas solo

Nah ini, makanan khas Solo yang wajib banget kamu coba, tempat yang cocok banget buat nyoba makanan ini di Solo adalah di Tengkleng Bu Edi.

Masakan miri gulai ini adalah surga dunia bagi pecinta daging kambing, yang membuat nya beda dari gulai adalah kuahnya yang lebih cair dan berisikan tulang kambing dengan sedikit daging yang melekat.

Untuk penyajian ada yng menggunakan piring dan juga pincuk, tentu dong pakai pincuk lebih nikmat rasanya.

 Tengkleng Bu Edi

  • Alamat :  Pasar Klewer, Los 7-14, Jl. Radjiman, No. 1, Ps. Kliwon, Surakarta
  • Jam : 13.00 – 15.00 WIB
  • Harga : Mulai dari 25.000,00 IDR per pincuk 

Soto Gading

  • Soto Gading Khas solo

Makanan khas Solo ini wajib banget kamu kunjungi, karen terkenal dengan kesegaran dan kenikmatan nya, maknan ini mirip dengan soto pada umumnya hanya berbeda di kuahnya yng lebih kental dan juga gurih.

Uniknya di Soto Gading Solo ini adalah tempat yang pernah dikunjungi oleh presiden kita kecuali, Soekarno, Soeharto dan Bj. Habibie.

Kenikmatan soto gading dengan tambahan tempe, tahu, sate telur puyuh,sate usus, sate jeroan,perkedel dan lainnya semakin menggugah selera makan kamu dan rasa penasaran mu untuk mencoba.

Untuk harga jangan khawatir, soto gading ini sangat ramah dikantong, meskipun langganan para presiden dan pejabat. Masih raagu untuk nyoba?.

Soto Gading Solo

  • Alamat : Jalan Brigjen Sudiarto, Ps. Kliwon,Surakarta
  • Jam : 06.00 – 15.00 WIB
  • Harga : 1.000,00 -10.000,00 IDR 

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman khas solo
surakarta.pro, travelingyuk, befirablogspot

Serabi adalah semacam puncake nya orang Indonesia, yang terdiri dari tepung beras, santan, gula, dan daun pandan sebagai pewangi alami. Untuk teksturnya, kenyal lembut dan legit.

Siapa si yang enggak  tau kalo Solo itu khasnya serabi? Dan memang terbukti serabi notosuman adalah pilihan yang tepat untuk membeli serabi. 

Disebut dengan serabi notosuman karena serabi berkembang pesat  di daerah Notosuman itu sendiri. Serabi notosuman berdiri sejak tahun 1926, lama banget yaa.

Berbeda dengan serabi daerah lain, cita rasa serabi khas Solo ini akan membawa kamu ke cita rasa terenak dari sebuah serabi. Wajib banget pokoknya nyobain serabi khas Solo ini.

Rekomendasi tempat untuk mencicipi serabi notosuman adalah Serabi Notosuman Ny. Lidia. Disini menyediakan 2 macam rasa untuk polos dibandrol Rp 1.800,00 dan untuk rasa coklat di bandrol Rp 2.000,00 Murah bukan?.

Bahan-bahan untuk membuat serabi angat mudah dan alami, oleh karena itu serabi hanya tahan 24 jam, dan lebih lezat dinikmati selagi hangat.

Serabi Notosuman Ny. Lidia

  • Alamat : Jl. Mr. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta 
  • Jam : 06.00 – 17.00 WIB
  • Harga : 1.800,00 – 15.000,00 (1 kerdus)

Tahu Kupat

  • Tahu kupas khas solo

Tahu Kupat juga salah satu makanan khas Solo yang wajib kamu coba, enggak lengkap ke Solo tanpa nyobain tahu kupat.

Tahu kupat terdiri dari tahu, mie basah, kupat, tauge/kecambah, potongan bakwan dan taburan kacang. Tak lupa juga bawang goreng dan daun seledri.

Makan tahu kupat kurang lengkap tanpa telut dadar dan kerupuk, dan untuk penyuka pedas pas banget dengan menu ini, karena level kepedasan bisa diatur sesuai pesanan.

Untuk rekomendasi tempat ada Warung Tahu Kupat Sholihin. Nama tempat ini di ambil dari masjid dekat warung ini, yang terletak di jalan Gajah Mada,Solo. Warung ini bernama Sido Mampir tapi biasa di kenal dengan Warung Tahu Kupat Sholihin.

Untuk harga 1 porsi sangat lah murah dengan Rp10.000,00 kamu udah bisa menikmati kelezatan tahu kupat khas Solo ini.

Warung Tahu Kupat Sholihin

  • Alamat : Jl. Gajah Mada No.95, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Jam : 06.30 – 17.30 WIB
  • Harga : mulai Rp 10.000,00 per porsi

Salat Solo

Selat khas solo
warungselat

Kuliner ini didapatkan dari perpaduan antara Jawa dan Eropa di Belanda lebih tepatnya dimasa kolonial makanan ini di tetapkan menjadi makanan khas Solo, Solo Selatan tepatnya.

Dan makanan ini sangat istimewa, saking istimewa makanan ini yang di suguhkan untuk Raja Sulaiman ketika tiba di indonesia.

Isian dari makanan istimewa khas Solo ini adalah, daging, telur, potongan wortel dan buncis dan di siram menggunkan kuah semur.

Rekomendasi tempat yang bisa di coba adalah Warung Selat Vien’s. Tempat ini dekat dengan Stasiun Solo Balapan, jadi mudah untuk menemukannya. Selain lezat dan enak, harga dari makanan ini juga ramah dikantong.

Jika dibandingkan dengan warung lain Warung Selat Vien’s jauh lebih murah dibanding warung lainnya.

Warung Selat Vien’s

  • Alamat :  Jl. Hasanuddin No. 99 D&E, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Jam : 07.30 – 17.00 WIB
  • Harga : Rp 5.000,00 – Rp 16.000,00 per porsi.

Brambang Asem

Brambang asem khas solo
tribunnews, solofoodgram

Mungkin masih asing ditelinga kamu tentang makanan ini, kamu wajb mencoba ini karena kamu akan merasakan makanan Solo tempoe doeloe kaya gimana sih?.

Isian dari makan khas Solo ini adalah daun ubi jalar yang beraroma bawang berasa pedas, di campur dengan sayur lain nya dan disiram dengan sambal asam jawa, menjadikan cita rasa manis pedas.

Makanan ini biasa di santap dengan tempe gembus, tempe yang terbuat dari ampas tahu.

Tidak ada salahnya kamu mencoba makanan kahs Solo ini di Brambang Asem Yu Sum. Yang terletak di Pasar Gede Solo. Untuk harga sangat terjangkau, cukup Rp 4000 per porsi.

Brambang Asem Yu Sum

  • Alamat : Warung Yu Sum di area Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Kota Solo. 
  • Harga : Rp 4.000,00

Lenjonang

Lenjonang khas solo
limakaki

Selain menjual brambang asem, Yu Sum juga menjual Lenjonang, yaitu sampuran dari gethuk, cenil, tiwul, ketan hitam, kelapa parut, klepon, dan siraman gula jawa

Makanan khas Solo ini lebih di terima oleh masyarakat karena cita rasa yang manis.

Warung Yu Sum

  • Alamat : Warung Yu Sum di area Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Kota Solo. 
  • Harga : Rp 8.000,00

Tahok 

Tahok khas solo
wowkeren, tempatwisataseru, tripcanvas

Kuliner khas Solo ini lahir dari perpaduan Jawa dan Tionghoa. Menu yang ini terbuat dari sari kedelai yang disiram dengan air gula jahe. Sangat cocok disantap ketika hawa dingin.

Jika kalian kurang familiar dengan tahok, didaerah lain disebut juga dengan tahwa atau tauwa.

Di daerah Solo sendiri, yang paling banyak penggemarnya adalah Tahok Pak Citro. Untuk harga cukup menyediakan uang Rp 10.000 kamu bisa menikmati kelezatan dari tahok.

Es Dawet Selasih 

Es dawes selasih khas solo
goodindonesianfood, cumilebay

Pasti udah familiar dong dengan es dawet? Tapi kalo es dawet selasi?. Minuman ini cocok banget buat kamu setellah berkuliner di Solo.

Isian dari es dawet selasih ini adalah ketan hitam, dawet, selasih, tape hitam, jenang sumsum, santan cair, gula jawa dan es batu.

Rekomendasi tempat untuk menikmati kesegaran es dawet selasih khas Solo ini di Es Dawet Bu Dermi yang terletak di Pasar Gede, Solo.

Tempat ini sudah berdiri sejak 1930-an, untuk setip hari buka dari pagi hingga 15.00 WIB. Untuk harga hanya cukup dengan uang Rp 5000 kamu sudah bisa merasakan kesegaran es dawet khas Solo ini.

Es Dawet Bu Dermi 

  • Alamat : Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Kota Solo. 
  • Harga : Rp 5.000,00

Es Gempol Pleret

Es grompol pleret khas solo
goodindonesianfood, cumilebay

Satu lagi kuliner khas Solo yang harus kamu coba adalah es gempol pleret, selain es dawet selasih, es gempol pleret juga bisa menjadi alternatif menghilangkan dahaga setelah berjalan-jalan di Solo.

Es gempol pleret ini terbuat dari tepung beras dan di sajikan bersama cendol dawet, rasanya yang manis dan juga aroma daun pandan membuat sajian ini bisa mengusir jauh-jauh dahaga yang membandel. 

Untuk rekomendasi tempat untuk merasakan es gempol pleter khas Solo ini Es Gempol Pleret Pak Suhar.

Untuk harga nya juga sangat murah hanya dengan Rp 5000 kamu bisa mencoba kesegaran dari es gempol pleret.

Es Gempol Pleret Pak Suhar.

  • Alamat : Jalan Dr. Wahidin, Laweyan, Kota Solo (sebelah masjid Tegalsari, Solo)
  • Harga : Rp 5.000,00

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *