15+ Makanan Khas Turki yang Terenak dan Halal

15+ Makanan Khas Turki yang Terenak dan Halal

Makanan khas Turki- Tentunya bila kita berkunjung kesuatu negara gak afdhojika kita tidak mencoba kuliner disana. 

Sekarang yang akan kita bahas adalah negara Turki, negara yang terletak diantara dua benua, yaitu Asia dan Eropa, Tukri juga menjadi negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim.

Turki juga dikenal sebagai negara yang banyak sejarah, namun jangan salah, selain negara yang memiliki banyak sejarah, negara ini juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat lho.

Ada berbagai macam makanan yang nikmat dan juga tentunya halal di Turki, jadi untuk kamu yang beragama muslim jangan takut untuk  berkunjung ke Turki yaa.

Salah satu makanan khas Turki yang terkenal adalah kebab, namun masih banyak lagi makanan yang tak kalah lezat dan juga tak kalah nikmat dari kebab. 

Kira-kira apa aja yaa makanan khas Turki?. Mari kita mulai Lego!

Simit

Gambar makanan khas turki Simit
Korenainthekitchen.com

Makanan khas Turki yang pertama adalah simit, simit adalah salah satu jenis cemilan yang ada di Turki, simit merupakan roti yang berbentuk lingkaran yang atasnya ditaburi wijen.

Roti ini memiliki bentuk seperti donat namun ukurannya lebih besar dan memiliki isisan yaitu kacang dan juga coklat. Biasanya makanan khas Turki ini dijual oleh parang pedagang kaki lima, jadi mudah untuk mendapatkannya.

Baca juga : 5+ Kuliner Khas Jepang Terfavorit

Kebab

Gambar makanan khas turki kebab
Recipetineats.com

Siapa yang gak tau makanan khas Turki ini sih? Makanan khas Turki yang satu ini adalah makanan khas Turki yang sudah mendunia.

Kamu bisa mendapatkan tanpa harus jauh-jauh ke turki, tetapi ketik kamu mengunjungi Turki, kamu wajib mencicipi makanan ini.

Makaanan ini terdirit dari sayuran dan irisan daging atau pun ikan. Penyajian dari makanan yang satu ini sangat banyak, ada yang ditusuk, ada yang disajikan langsung di piring.

Sarma

Gambar makanan khas turki sarma
es.123fr.com

Sekilas bentuk dari makanan ini mirip dengan lemper, buntil atau yang lainnya. nama lai dari makanan ini adalah Dolma, jadi jangan heran jika ada yang menyebutnya Dolma ya.

Makanan ini bentuknya di bungkus, namun jika di Indonesia makanan lemeper di bungkus menggungnakan daun pisang, berbeda dengan derma, makanan ini dibungkus menggunakan daun anggur.

Isian makanan ini ada dua macam, ada yang menggunakan daging dan ada juga yang menggunakan sayuran, 

Untuk yang berisi daging biasanya isian lainya ada nasi, bawang merah cincangan daging,mentega, rempah-rempah, dan biji cemara, melainkan sayuran ada isian lainnya juga seperti irisan sayur, buah dan juga rempah-rempah.

Hummus

Gambar makanan khas turki Hummus
cookieandkate.com

Makanan selanjutnya adalah salad, siapa disini pecinta salad? Jadi hummus adalah maknaan yang berbahan dasar kacang arab, air perasan lemon, lada, zaitun dan juga garam.

Makanan ini dihidangkan sebagai makanan pembuka, dan pendamping dari makanan ini adalah ropi pita.

Untuk cara menikmatinya, cukup kamu sobek roti pita lalu cocolkan kedalam hummus tadi. Mudah bukan unutk menikmati kenikmatan salah satu kuliner khas Turki.

Kofte

Gambar makanan khas turki kofte
giverecipe.com

Kofle ada makanan khas Turki yang berbahan dasar daging giling, daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, daging kambing dan juga daging ayam ysng dicampur degan telur, tepung, sayur dan juga bumbu lainnya,

Tampilan dari makanan ini berbentuk lonjong atau juga bulat seperti bakso, biasanya makanan yang satu ini dioleh enga cara dipanggang, digoreng ataupun direbus. 

Penda,ping dari maknan ini adalah nasi, salad danjuga saus khas Turki. Dan jangan salah makanan ini juga sudah terkenal hingga mnca negara, seperti Arab, India dan juga Yunanai.

Baca juga : 5+ Kuliner Korea Terfavorit

Roti Pide

gambar makanan khas turki roti pide
halfbakedharvest.com

Makanan khas Turki selanjutnya mirip denga pizza, ternyata kamu ketika di Turki bisa lho menikmati pizza khas Turki.

Makanan ini adalah pizza khas Turki yang memiliki bentuk seperti daun yang panjang. Hampir sama isiannya dengan pizza yaitu daging cincang, paprika dan juga keju.

Makanan ini cocok sebagai teman nongkrong bersama dengan orang tercinta lho.

Menemen

 Manemen
euffslemani.com

Menemen adalah salah satu makanan khas Turki yang berbahan dasar telur orak arik yang dicampur dengan berbagai sayuran, seperti tomat, paprika hijau dan rempah-pempah. Rempah-rempah yang digunakan adalah lada merah, lada bitam dan kemudian di masak menggunakan minyak zitun atau minyak bunga matahari.

Tapi ada perbedaan antara bahan dari masakan ini, ada yang menyebutkan memasak memena menggunakna bawang, dan ada juga yang memiliki pendapat bahwa bawang adalah lauk pendamping untuk menikmati maknaan ini.

Lahmacun

gambar makanan khas turki lahmacun
turkishfoodie.com

Lahmacun adalah makanan Turki yang ternuat dari roti pipih dan garing yang di atasnya diberi topping daging giling, salad dan sar dari buah lemon.

Namun ada pilihan toping lain untuk kamu yang tidak suka daging atau sedang menjalakan program diet biasanya daging akan diganti dengan beetroot.

Manti

gambar makanan khas turki manti
popular-world.com

Makanan ini adalah makanan khas Turki yang sudah cukup dikenal di beberapa negara, seperti Uzbekistan, Persia, dan beberapa negara lainnya.

Bentuk dari makanan ini mirip seperti pangsit, biasanya manti diisi dengan daging yang sudah dibumbui, dan daging yang biasa dgunakan adalah daging domba dan sapi. Untuk cara masak makanan ini menggunakan teknik dikukus atau direbus.

Baca juga : 15+ Kuliner Khas Singapura Enak dan Halal

Kuzu Tandir

gambar makanan khas turki kuzu tandir
thespruceeats.com

Makanan yang satu ini memiliki bahan dasar daging domba, cara mengolah makanan ini adalah dengan cara digantung dan  memanggang seluruh badan domba dengan cara tradisional, atau dengan cara menggunakan tungku.

Kumpir

gambar makanan khas turki kumpir
beautynesia.com

Kumpir adalah makanan yang tebuat dari kentang yang dipanggan lalu diberi isian, isian dari kentang tersebut adalah mayones, acar, jagung manis, saus, jamur, wortel dan sayuran yang lain.

Makanan ini biasanya di jual menggunan booth yang ada di kota-kota Turki.

Kokoretsi

gambar makanan khas turki kokoretsi
athenakonstantinoy.com

Makanan ini terbuat dari organ dalam dari domba, seperti usus, dan biasanya makanana ini dimasak dengancara dibakar. Dan biasanya yang digunaka adalah usus anak domba.

Selain usus ada organ lain juga yang biasanya digunakan, seperti jantung, hati, ginjal dan juga pankreas. Bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini adalh paprika merah dan juga kuah kari.

Untuk pelengkap makanan ini biasanya disajikan bersama roti dan juga saus kari.

Gozleme

gambar makanan khas turki gozleme
taste.com.au

Untuk pecinta martabak telur, makanan ini harus banget kamu coba, makanan ini sa=mirip dengan martabak namun yang membedakan adalah gozleme menggunakan roti khas Turki.

Isian dari makanan ini adalah sayuran,daging, keju dan juga telur.

Sujuk

gambar makanan khas turki sujuk
tr.depositphotos.com

Sujuk adalah sosis khas dari Turki, tentinya bahan dasarnya adalah daging, dan yang biasa digunakan adalah daging sapi dan juga daging domba.

Tak jarang juga sujuk dijadikan sebagai topping untuk pizza atau pide, tak jarang juga sujuk disajikan dengan telur ceplok dan ternyata gak kalah nikmat lho.

Tabouleh

gambar makanan khas turki tabouleh
norecipes.com

Makanan ini berbahan dasar sayur-sayuran, makanan sehat ini biasanya menggunakan beberapa jenis sayur seperti tomat, peterseki, bulgur dan daun mint. Dan bumbu yang biasanya digunakan adalah bawang merah, bawang putih yang dipadupadankan dengan minyak zaitun, peraan lemon dan juga garam.

Meze

gambar makanan khas turki meze
halfbakedharvest.com

Meze adalah hidangan pembuka, uniknya makanan ini memiliki banyak jenis yang sangat banyak. 

Saking banyaknya hampir semua rasa ada dimaze, dari rasa manis, asin, gurih, pedes, asam, dan lainnya ada. Dan biasanya bahan dasar dari meze adalah daging ayam, daging sapi, daging kan, daging kambing, sayur-sayuran, buah dan juga kacang-kacangan.

Itu adalah makanan khas Turki yang terkenal dan juga halal, jadi jangan sampai kamu gak nyoba yaa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *