Minuman Kopi

9+Macam Minuman Kopi


Siapa yang disini suka minum kopi? Kamu biasanya suka minum kopi macam apa? Espresso? Americano? Capuchino? Atau yang lainnya?.

Tentunya banyak banget yaa macam minuman berbahan dasar kopi, jangan bilang kamu suka kopi karena ikut-ikutan? Aduuh jangan dong, sayang banget kamu cuma suka kopi karena ikut-ikutan.

Emang macam minuman kopi ada apa aja sih? Kayanya rasanya sama aja deh, hmmm buat kamu yang masih belum tau apa aja jenis minuman kopi, artikel ini bakal bantu kamu buat tau apa aja macam minuman kopi, yook lanjut bacanya.

Kopi Tanpa Campuran

Espresso 

minuman kopi espresso
pinterest.com

Pasti minuman ini sudah tidak asing di kepala kamu kan? Yups espresso adalah salah satu jenis minuman yang dibuat menggunakan mesin penyeduh dengan tekanan tertinggi.

Hasil dari penyeduhan tersebut akan menghasilkan kopi yang kental dan juga memiliki busa (Crema) diatasnya yang menandakan bahwa kopi itu diseduh ketika masih segar.

Minuman jenis ini adalah miunuman kopi ynag dibuat tanpa ada campuran apapun seperti susu tau pun gula. Espresso adalah salah satu jenis minuman yang berasal dari Italia.

Nama espresso berasal dari Express yang artinya cepat, dan ternayat itu diambil dari kebiasaan orang italia yang menikmati kopi jenis ini dengan waktu yang singkat. 

Biasanya minuman kopi jenis ini disajikan 30-45 ml. Dan espresso adalah minuman kopi dasar yang biasanya disajikan untuk membuat minuman kopi jenis lainnya.

Baca Juga : Sejarah Awal Mula Kopi

Americano

Minuman kopi Americano
pinterest.com

Sebenarnya minuman ini hampir mirip dengan espresso, yang membedakan adalah tingkat kekentalan dan juga kepekatannya. Bisa dibilang espresso versi encer.

Dan ada cerita di balik kopi ini, katanya nama Americano berasal dari ejekan untuk orang Amerika yang menginginkan kopi espresso dibuat lebih encer. 

Tapi dengan kopi yang lebih encer, tidak menjadikan kopi ini sedikit peminat lho.

Red eye

red eye
pinterest.com

Minuman ini memiliki sebutan lain di masing-masing negara diantaranya :

Di Minnesota minuman kopi ini disebut “Depth Charge”, Di San Fansisco minuman ini disebut dengan nama “Sledgehammer” atau “Hammerhead”, Di Alaska minuman ini disebut “Sludge Cup”, di Amerika “MOAC” (Mother Of All Coffee).

Minuman ini lebih populer disebut dengan Coffee whit espresso. Minuman ini terdiri dari espresso yang dicampur dengan kopi hitam.

Ristretto

ristretto
pinterest.com

Sebutan restretto berasal dari bahasa Italia yang berarti “terbatas”, minuman kopi jenis ini menggunakan air yang lebih sedikit, dan sering juga di sebut sebagai half espresso karena air yang digunakan sedikit.

Tentunya ristretto lebih pekat dan juga lebih manis meskipun pembuatannya sama dengan espresso.

Baca Juga : Apa Aja sih Alat Pembuat Kopi ?

Minuman Kopi yang Dicampur Susu atau yang Lainnya

Setelah kita bahas minuman kopi yang tanpa campuran, sekarang kita bahas minuman kopi yang dicampur oleh beberapa ingredients yoow.

Latte

latte
pinterest.com

Siapa yang gak tau coffee late? Kopi jenis ini sangat banyak digemari oleh banyak orang, dengan cita rasa yang manis karena susu dan pahit dari kopi adalah perpaduan yang sangat nikmat dan cocok.

Ternyata coffe latte diambil dari bahasa Italia yang berarti “Kopi Susu” dengan komposisi kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa tipis di atasnya.

Coffee latte diciptakan oleh Lino Meiorin barista pertama yang ada di Italia dan juga pemilik cafe. 

Awal terciptanya coffee latte karena para pelanggan tidak terbiasa dengan rasa cappuccino tradisional yang sangat tajam kopinya, akhirnya Lino menmabahkan susu lebih banyak dan terciptalah coffee Latte.

Baca Juga : Apaan tuh Barista ?

Cappuccino

cappuchino
pinterest.com

Tidak kalah terkenal dengan coffee latte kopi jenis ini juga banyak penggemarnya, karena memiliki citarasa perpaduan kopi dengan susu yang pas.

Dan cappunccino adalah minuman khas dari Italia yang dibuat dengan espresso dan susu. 

Cappuchinno memiliki rasio 1:1 antara espresso dengan steamed milk, ada juga yang menggunakan ⅓ espresso, ⅓ steamed milk, dansusu foam.

Ciri khas dari minuman ini adalah kopi yang memilki foam tebal dan di permukaannya ada taburan coklat.

Machacino

Machacino
pinterest.com

Minuman jenis kopi ini memiliki perpaduan antara kopi dan juga coklat, dengan tujuan para pecinta kopi juga bisa menjadi pecinta coklat, begitu juga sebaliknya. Machacino terbuat dari ⅕ susu, ⅖ cokelat, dan ⅖ espresso.

Flat White

Flat White
pinterest.com

Minuman yang berasal dari Austarlia dan New Zealand ini sangat populer lhoo, komposisi dari minuman ini adalah susu dan kopi, terus bedanya sama yang lain apa?.

Yang membedakan adalah rasio susu lebih banyak dari pada lattenya. Dan minuman ini disajikan hampir tanpa foam.

Dan rasa dari minuman ini jauh lebih berat daripada latte ataupun cappuchino.

Ternyata flat white berawal dari kegagalan sebuah cappuchino yang dibuat Fraser Mclnnes, pada awalnya ketika dia bekerja sebagai barista di sebuah kedai kopi di Wellington, tiba-tiba dia terfikir nama (Flat white), setelah itu dia membuat sebuah cappuchino dan ternyata gagal, dan dari situlah terbentuk fiat white.

Hidup ibarat kopi, rasa pahitnya yang membuat mata kita terbuka

Macchiato

Machiato
pinterest.com

Minuman ini terbuat dari kopi dan juga susu dengan duobel shot espresso dan susu, ada dua jenis macchiato yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.

Untuk espresso macchiato dibuat dengan ditambahkan satu gelas espresso, sedangkan latte macchiato dibuat dengan tambahan satu gelas susu.

Dalam bahasa Italia arti kata Macchiato adalah “Ditandai dengan bercak” karena minuman ini memiliki tanda yaitu sedikit busa diatasnya yang berasal dari susu.Dan perbandingan minuman kopi jenis ini 1:4.

Cortado

cartado
pinterest.com

Jenis minuman ini berasal dari Spanyol yang artinya adalah “memotong”, minuman jenis ini dibuat menggunakan kopi dan juga susu hangat. Untuk perbandingannya sendiri 1:1 atau 1:2. 

Kopi jenis ini juga tidak memliki busa dan seperti minuman kopi khas italia lainnya. Di Italia sendiri cortado mirip dengan macchiato karena memiliki komposisi yang mirip.

Affogato

affogato
pinterest.com

Minuman ini termasuk unik nihh karena minuman kopi jenis ini perpaduan dari espresso yang kuat dan pahit di padukan dengan es krim. Dengan perbandinga ⅖ espresso dan ⅗ es krim.

Frappe 

Frappe
pinterest.com

Jenis minuman ini adalah espresso yang biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Minuman ini berasal dari Yunani yang berlapis buih, minuman ini terbuat dari kopi instan, gula dan juga es.

Cold Brew

cold brew coffee
pinterest.com

Pada miuman ini terdapat perbedaan yaitu dalam proses pembuatannya tidak ada yang menggukan air panas dan tidak melakukan pemanasan terhadap kopi.

Sehinga menghasilkan minuman kopi yang cenderung tidak terlalu pahit dan juga tidak terlalu asam.

Hidup itu seperti secangkir kopi dimana manis dan pahit ada dalam satu kenikmatan

Yuanyang 

yuanyang
pinterest.com

Minuaman ini memiliki keunikan karena terbuat tidak hanya menggunakan bahan dasar kopi, melainkan menggunakan kopi hitam, teh hitam dan juga susu kental manis.

Minuman ini memilki perbaningan yang sama, minuman ini berasal dari Hongkong dan China.

Oleng 

Oleng
kumparan.com

Minuman kopi ini berasal dari negara gajah putih, yaitu Thailand. Kopi ini memiliki perpaduan yang unik yaitu, jagung, kacang kedelai dan juga wijen.

Ciri dari minuman ini adalah berwarna lebih terang dari pada minuman kopi yang lain dan juga transparan.

Kopi Melya

kopi melya
pinterest.com

Mungkin minnuman ini bisa menjadi refrensi untuk kamu yang bosan dengan varian kopi yang selalu dicampur dengan susu.

Minuman kopi ini perpaduan antara kopi hitam, cokelat dan juga madu, yang pastinya rasanya lebih manis dan juga gurih.

Irish Coffee

Irish coffee
pinterest.com

Nahh kopi ini cocok banget untuk pecinta wiski. Kopi ini sering disebut juga kopi Irlandia. 

Minuman kopi ini memilih wiski sebagai topping yang melengkapinya, jangan lupa sediakan dessert cake atau waffer untuk pelengkap menkmati minuman kopi jenis ini yaa.

Oke sekarang udah fahamkan ciri khas dari beberapa kopi? Jangan sampai salah pesan lagi ya 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *