negara penghasil kopi terbesar di dunia

9+ Negara Penghasil Kopi Terbesar

Negara penghasil kopi terbesar di dunia- Tidak semua negara bisa menghasilkan kopi lhoo, karena banyak fakor, seperti suhu, iklim dan juga cuaca.

Tanaman kopi sangat sensitiv dengan banyak hal, salah satunya dengan cuaca, karena itu bisa memepengaruhi rasa dan juga kekhasan dari kopi tersebut.

Idealnya menanam kopi berada di lingkungan yang tropis dan terletak diantara 20° garis LU/LS. 

Untuk area yang memenuhi kriteria tersebut ada di Amerika Serikat, Amerika Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara sampai dengan Afrika.

Ada banyak negara penghasil kopi, tapi disini kita akan membahas 10 negara penghasil kopi terbesar.

Hmmm,menurut kalian mana aja ?

Brazil

Negara penghasil kopi terbesar

Negara terbesar penghasil kopi selanjutnya adalah Brazil, negara ini telah mendominasi pasar ekspor sejak tahun 1830, hingga sekrang pecapaian ekspor Brazil mencapai 30%.

Sejaka awal abad ke-18, Brazil telah dinobatkan sebagai pusat penghasil kopi terbesar hingga saat ini.

Mayoritas perkebunan kopi berlokasi di Minas Gerais, Sao Paulo, dan Parana. Tiga negara bagian ini kira-kira memiliki suhu ideal untuk produksi tanaman kopi.

Bagaimana tidak dengan jumlah produksi kopi 3.300.000 ton brazil menduduki posisi pertaman dalam negara penghasil kopi terbanyak.

Pada tahun ini Brasil memproduksi 2,9 juta ton. Produksinya turun dibanding tahun sebelumnya sebesar 3 juta ton.

Baca Juga : Sejarah Kopi

Vietnam

Negara terbesar penghasil kopi

Meskipun termasuk negara baru yang menggeluti dunia perdaganagn kopi global, Vietnam mampu menggeserkan negara-negara yang sudah lama memulai.

Tanaman kopi yang pertama tumbuh di negara ini dibawa oleh bangsa Prancis pada abad ke-19an. Setelah berakhirnya perang pada tahun 1975, Vietnam mulai memperkembangkan produksi kopi.

Kopi yang menjadi “jagoan” dari negara Vietnam adalah kopi Robusta. Kopi Robusta mengandung dua kali kafein kopi biasa, sehingga rasa yang dihasilkan lebih pahit dan pekat. Bisa dibilang, Vietnam adalah produsen kopi Robusta nomor satu di dunia.

Untuk produksi kopi dari negara Vietnam sendiri adalah  1.530.000 ton.

Baca Juga : Apaan tuh Barista ?

Kolombia

Negara terbesar penghasil kopi

Selain dikenal sebagi dunia yang penuh dengan negara yang penuh konflik, negara ini juga menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar.

Kopi telah dikembangkan di Kolombia sejak tahun 1790. Namun sangat disayangkan, negara ini baru bisa mengekspor komoditas tersebut  pada tahun 1835. Sehingga sejak saat itu, kopi menjadi komoditas penting sekaligus penggerak ekonomi Kolombia.

Dengan jumlah produksi mencapai 864.000 ton tahun 2007, dna ternyata yang mendominasi adalah kopi jenis Arabisa, Kolombia di nobatkan menjadi negara ke dua untuk produksi kopi jenis arabisa setelah Brazil.

Pada tahun ini Kolombia memproduksi 840 ribu ton biji kopi, naik tipis dari tahun sebelumnya 799 ribu ton.

Indonesia

negara penghasil kopi terbesar di dunia

Kita perlu berbangga dengan negara kita, meskipun tidak setenar Brazil atau pun Vietnam, nergara kita sering kali disebut sebagai negara yang cocok untuk menanam kopi.

Sejarah awal  bahwa kopi pertama kali masuk ke Indonesia adalah pada tahun 1696. Pada saat itu, Belanda atas nama VOC membawanya dan membudidayakannya di Indonesia dengan Sistem Tanam Paksa.

Setelah itu pada tahun 1700-an, VOC melihat bahwa adanya peluang yang besar untuk membudidayakan kopi di Indonesia, Belanda pun memonopoli pasar kopi dunia dan Pulau Jawa menjadi salah satu pusat produksinya.

Daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia ada banyak lho.Diantaranya di Sumatra, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Cita rasa kopi pun berbeda dan masing-masing punya keunikannya masing-masing. Salah satu kopi asal Indonesia yang paling jadi favorit di seluruh dunia adalah kopi luwak.

Dan ternyata kopi luwak adalah salah satu jenis kopi unggulan Indonesia lho, sejak dulu hingga kini, kopi luwak banyak diburu para petani kopi, karena dipercaya berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami di dalam sistem pencernaan luwak.

Baca Juga : 9+Macam Minuman Kopi

Ethiopia

negara penghasil kopi terbesar di dunia

Ethiopia terkenal akan jenis kopi Arabikanya yang menjadi produk yang cukup penting di negara ini.

Ada sejarah panjang dari kopi yang dihasilkan di Ethiopia. Meskipun dihasilkan di benua Afrika, kopi ini dipopulerkan pedagang bangsa Arab. Kemudian dari pedagang Arab membawa ke benua Eropa dan tersebar ke seluruh pelosok dunia oleh bangsa Eropa.

Pada tahun ini Etiopia memproduksi 402 ribu ton biji kopi, menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 397,5 ribu ton.

Honduras

Negera penghasil kopi terbesar didunia

Honduras memiliki udara yang sejuk dan alam yang baik untuk tumbuh tanaman kopi. Negara ini sempat mengalami kekurangan dalam hal infrastruktur untuk menunjang produksi kopinya.

Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, pertanian Honduras ikut berkembang.

Dengan ketinggian area di atas 3,000 kaki, Honduras memiliki udara yang sejuk untuk pertumbuhan tanaman kopi.

Jenis kopi yang banyak dibudidayakan di Honduras adalah kopi jenis Arabika. Bedanya, kopi Arabika alami yang tumbuh di Honduras memiliki karakter rasa ringan, sedikit asam, dan sangat seimbang untuk dicampur menjadi coffee blends.

Pada tahun ini Honduras memproduksi 324 ribu ton biji kopi, sama dengan tahun sebelumnya.

India

negara penghasil kopi terbesar di dunia

Ada sejarah dibalik negara yang menjadi pusat perdaganagn kopi di dunia ini. Pada awal masuknya kopi ke India pada tahun 1695 dibawa oleh peziarah yang baru pulang berhaji dari Mekah dan Madinah. Tanaman ini dikembangkan di Chickmaglur, daerah pegunungan di Mysor.

Pada tahun 1840, Bangsa Inggris mulai membuka perkebunan kopi mereka di India. hingga saat ini, sekitar 92 persen dari pusat penjualan kopi di India terletak di 3 provinsi yaitu Kerala, Tamilnadu dan Karnataka.

Kopi pertama yang masuk ke Indonesia adalah arabika yang dibawa oleh Belanda dari Malabar, India. Meskipun juga membudidayakan arabika, jenis kopi utama yang diproduksi di India adalah robusta.

Pada tahun ini India memproduksi 350 ribu ton biji kopi, meningkat tipis dari tahun sebelumnya 326,4 ribu ton.

Mexico

negara penghasil kopi terbesar di dunia

Negara yang pertama kali diperkenalkan kopi di Meksiko pada akhir abad ke-18, di sebuah negara bernama Veracruz. Pada akhir abad ke-19, kopi mulai disebarkan ke Chiapas dan wilayah itu pun menjadi wilayah utama budidaya kopi di Meksiko. Pada awal tahun 1980-an, perkebunan kopi menyebar dengan cepat ke beberapa negara bagian di Meksiko.

Uganda

negara penghasil kopi terbesar di dunia

Pada awalnya, kopi bisa menyebar ke Uganda karena diperkenalkan oleh orang-orang Ethiopia.

Dari sini, kopi memiliki peranan penting dalam ekonomi Uganda. Sebagian besar penduduknya pun bekerja di industri biji kopi yang bisa menjadi minuman yang digemari masyarakat dunia ini.

Di Uganda lebih banyak memproduksi robista di bandingkan dengan arabika.

Pada tahun ini Uganda memproduksi 240 ribu ton biji kopi, meningkat drastis dari tahun sebelumnya sebanyak 226,4 ribu ton.

Guatemala

negara penghasil kopi terbesar di dunia

Selanjutnya, negara penghasil kopi terbesar adalah Guatemala, iklim yang cocok untuk tanaman kopi menjadikan tanaman kopi berkembang pesat disana.

Keadaan yang sesuai untuk produksi kopi di Guatemala pada suhu 16-32 °C dengan ketinggian tanah 500-700 meter di atas permukaan laut.

Kopi ini mulai berkembang di Guatemala pada tahun 1850-an, budidaya ini sangat cepat menjadi sorotan ekspor Guatemala. Lebih dari 50 persen kopi yang di produksi di ekspor keluar negri.

Sayangnya pada tahun 2013 tanaman di Guatema terserang penyakit, dan sekitar 70-90 persen tanaman kopi rusak dan juga hancur.

Dan pada tahun ini negara Guatemala memproduksi 198,6 ribu ton biji kopi. Dan jumlah ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *